Inilah Hal – Hal Penting Yang Menjadi Penyebab Gangguan BipolarPenyebab Gangguan Bipolar. Bipolar merupakan sebuah gangguan mood, dimana mereka yang mengalami gangguan bipolar ini memiliki perubahan mood yang luar biasa ekstrem, seperti layaknya roller coaster. Episode manik yang penuh semangat, gairah dan juga energik, mendadak akan berubah menjadi episode depresif, yang membuat mereka yang mengalami bipolar ini mengurung diri di kamar, dan bahkan ingin bunuh diri. Lalu, sebenarnya, apa sih yang menyebabkan munculnya gangguan bipolar ini pada mereka yag mengalaminya. Paling tidak, ada dua faktor utama yang menyebabkan munculnya gangguan bipolar ini, yaitu masalah psikososial dan juga masalah biologis.

Faktor Psikososial Dan Sosiokultural Yang Menjadikan Munculnya Penyebab Gangguan Bipolar

Faktor pertama yang menyebabkan kemunculan gangguan bipolar ini adalah karena adanya faktor psikososial dan juga sosiokultural. Faktor – faktor seperti misalnya tekanan dari struktur sosial tertentu, bisa menjadi penyebab kemunculan dari gangguan bipolar ini. Selain itu, masalah – masalah sosial yang dihadapi sehari – hari juga berperan penting dalam menyebabkan kemunculan gangguan bipolar pada mereka yang mengalaminya.

Masalah psikologis dan juga masalah sosial ini biasanya terjadi pada waktu tertentu, dan menimbulkan suatu luka batin ataupun masalah pikiran yang dipendam terlalu dalam, sehingga dapat termanifestasi menjadi sebuah gangguan, salah satunya adalah gangguan bipolar.

Faktor Biologis Yang Menyebabkan Munculnya Gangguan Bipolar

Selain faktor psikologis, sosial, dan juga budaya, faktor biologis menjadi salah satu faktor kuat yang menyebabkan kemunculan gangguan bipolar ini. Ada beberapa point yang menjelaskan faktor biologis, sebagai salah satu pemicu kemunculan dari gangguan bipolar :

  1. Masalah genetik

Masalah genetik atau genetika adalah salah satu faktor biologis yang bisa menyebabkan kemunculan dari gangguan bipolar ini. Gangguan mood ternyata bisa muncul karena faktor keturunan. Apabila ada kenalan anda yang mengalami gangguan bipolar ini, mungkin saja ada anggota keluarganya yang juga mengalami masalah yang sama. Sudah banyak sekali penelitian yang mampu membuktikan bahwa faktor genetik adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan kemunculan masalah atau gangguan bipolar ini.

  1. Masalah neurotransmitter

Masalah neurotransmitter juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan munculnya gangguan bipolar. Adanya suatu abnormalitas dalam sistem neurotransmitter di dalam sistem syaraf tubuh dan juga berhubungan dengan beberapa area dari otak, akan menyebabkan terjadinya gangguan, salah satunya adalah kemunculan gangguan bipolar ini, di samping bisa juga memunculkan gangguan – gangguan lainnya di dalam tubuh manusia.

Faktor – faktor yang menyebabkan kemunculan gangguan bipolar ini biasanya cukup sulit untuk ditemukan, karena banyak dari mereka yang mengalami bipolar ini malah tidak menyadari bahwa mereka mengalami gangguan bipolar. Selain itu, kurangnya pengetahuan dari orang terdekat juga terkadang menyebabkan gangguan bipolar ini agak sulit terdeteksi. Biasanya, banyak yang menyangka bahwa mereka yang mengalami bipolar ini adalah orang gila, alias skizofrenia, atau orang yang mengalami kepribadian ganda. Padahal, bipolar sama sekali tidak ada kaitannya dengan masalah atau gangguan kepribadian, apalagi gangguan skizofrenia.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kemunculan dari gangguan bipolar.

By Eduardus Pambudi