Inilah Fakta Menarik Tentang Gambaran Kebahagiaan Remaja Saat Ini

Bahagia menjadi sebuah emosi yang di dambakan kehadirannya. Ia merupakan sebuah respon emosi positif yang dimiliki oleh setiap manusia. Menurut sudut pandang psikologi sendiri, kebahagiaan didefenisikan sebagai suatu keadaan secara subjektif oleh setiap manusia (Snyder & Lopez dalam Oetam & yuniarti, 2011).

Menurut pengertian tersebut dapat diartikan bahwa kebahagian merupakan segala sesuatu keadaan yang dirasakan oleh setiap orang yang sifatnya berbeda menurut pandangan satu orang dan ornag lainnya. Bisa jadi satu orang menganggap apa yang ia rasakan merupakan kebahagiaan yang sesungguhnya, namun bisa jadi hal tersebut berbeda dengan yang lainnya.

Kebahagiaan selalu memberikan fakta menarik penyebab munculnnya. Berikut ini akan kita bahas tentang fakta menarik tentang gambaran sumber kebahagiaan yang dilansir dari jurnal berjudul Orientasi Kebahagiaan Siswa SMA, Tinjauan Psikologis Indigenous Pada Siswa Laki-laki Dan Perempuan yang telah diterbitkan dalam jurnal Humanitas, Vol.VIII No.2 Agustus 2011.

Dari penelitian yang dilakukan pada sejumlah sampel remaja SMA sebanyak 459 orang tersebut dilakukan dengan menggunakan instrument dari metode indigenous psychology. Para responden di ajukan beberapa pertanyaan untuk mengungkapkan peristiwa yang membuat para remaja merasa bahagia

Data hasil jawaban para responden tersebut kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan tabulasi silang yaitu memasukan data kuantitatif dalam SPSS. Setelah data di masukan terlihat data dalam bentuk grafik menunjukkan bahwa, secara keseluruhan peristiwa yang membuat paling bahagia adalah peristiwa yang berhubungan dengan keluarga sebesar 31,6%, selanjutnya diikuti oleh prestasi sebesar 28,8%. Selanjutnya diikuti oleh Mencintai dan dicintai, Spiritualitas, Teman, waktu luang, Uang, dan Lain-lain

Gambaran Sumber Kebahagiaan Remaja

  1. Keluarga

Inilah Fakta Menarik Tentang Gambaran Kebahagiaan Remaja Saat Ini

Sumber kategori kebahagiaan ini termasuk dalam beberapa kategori. Kategori besar keluarga terdiri dari kategori-kategori kecil yang meliputi kategori dicintai orangtua, kebersamaan dengan keluarga, bertemu ibu dan ayah, liburan dengan keluarga, membahagiakan keluarga, membahagiakan orang tua, membanggakan orangtua, membantu keluarga, memiliki keluarga harmonis dan bahagia, memiliki orangtua yang baik, memiliki adik, serta selamat dari musibah.

  1. Prestasi

Inilah Fakta Menarik Tentang Gambaran Kebahagiaan Remaja Saat Ini

Kategori prestasi meliputi kategori berguna bagi orang lain, berprestasi, cita-cita tercapai, diterima di sekolah yang diinginkan, juara, keinginan tercapai, menemukan sesuatu, mengalahkan orang lain, nilai bagus dan sukses. Ketika hal tersebut salah satunya tercapai maka kebahagiaan pun akan kian tumbuh.

 

Next