Inilah Anggapan Orang Jika Kamu Kuliah Di Jurusan Psikologi

Saat menjadi mahasiswa dan memutuskan untuk memilih jurusan psikologi tentu menjadi pilihan unik yang anda sendiri yang mengetahuinya. Mulai dari kebanggaan, harapan untuk dapat menguasai ilmu psikologi, di puji banyak orang, mencari wanita cantik/ lelaki ganteng, hingga prospek lapangan kerja di bidang psikologi.

Mereka yang menjadi mahasiswa psikologi, saat belajar pun akan selalu di suguhi dengan beberapa teori kepribadian, perkembangan, klinis dan lain sebagainya yang mana bahasannya selalu menyangkut dengan kejiwaan seorang manusia. Teori psikoanalisa, kepribadian, DSM, Psikodiagnostik, psikometri dan lain-lain.

Akibatnya mereka yang sedang menempuh jurusan psikologi tersebut, seringkali di anggap sakti untuk meramal kepribadian dari seseorang. Selain itu masih banyak lagi anggapan-anggapan yang terkadang lucu untuk diketahui, mengenai mereka para mahasiswa psikologi. Berikut ini adalah anggapan orang jika kamu kuliah di jurusan psikologi.

Anggapan Untuk Mahasiswa Jurusan Psikologi

  1. Mampu Meramal Kepribadian

Menjadi mahasiswa psikologi seringkali dipandang orang lain sebagai peramal kepribadian modern masa kini. Mereka akan selalu di anggap memiliki kemampuan magis nan magic saat dihadapkan pada tantangan untuk meramal setiap kepribadian dari seseorang atau justru lawan bicaranya itu sendiri.

Akibatnya mereka yang mengetahui identitas background pendidikan seseorang dari jurusan psikologi akhirnya berharap dapat mengambil keuntungan agar dapat mengetahui diri mereka sendiri dengan cara mempertanyakannya kepribadian. Belum lagi jika ada orang yang tiba-tiba menjaga jarak karena ketakutan, apabila Anda yang dari latar belakang mahasiswa psikologi menebak dengan tepat jika ia berbohong

  1. Kalem

inilah hal yang akan anda alami jika kurang tidur

Anggapan kalem ini terkadang juga melekat pada mereka mahasiswa psikologi. Hal ini dikarenakan sebagian dari dosen psikologi selalu menganjurkan untuk berbusana yang baik dan terkadang cendrung formal dengan celana maupun rok kain yang harus dikenakan.

Bahkan anjuran ini akan menjadi sebuah kewajiban, manakala hal tersebut dalam kondisi mata pelajaran tertentu ataupun praktikum.

Memang tak di wajibkan, namun mereka yang telah mengidentikkan diri dengan mahasiswa psikologi akan merasa bahwa, pakaian merupakan sebuah tampilan yang mencerminkan ia sebagai seorang psikolog professional. Oleh sebab itulah sebagian besar dari mahasiswa psikologi di anggap kalem baik itu dari segi penampilan maupun perbuatan.

Yang terakhir dari anggapan kale mini adalah, mahasiswa dari jurusan psikologi jarang melakukan demonstrasi ataupun ikut serta dalam arus kontestasi pemilihan raya mahasiswa di tingkat Universitas. Mereka lebih senang untuk menjadi komentator, hingga tiba-tiba para pengamat kepribadian calon pasangan dari presiden BEM dari fakultas lain.

  1. Patner Yang Tepat Untuk Mendengarkan Keluhan

Inilah Anggapan Orang Jika Kamu Kuliah Di Jurusan Psikologi

Datang kepada mahasiswa psikologi saat hendak curhat. Berarti anda telah memilih orang yang tepat. Hal ini dikarenakan, mereka yang menjadi mahasiswa psikologi telah terbiasa untuk diajarakan dalam hal beradaptasi dengan kondisi stressor di lingkungan, sehingga apa yang diajarakan dikelas mampu untuk di praktekan secara langsung.

Kemampuan untuk mendengarkan curhatan dari teman-temannya, terkadang menjadikan sebagian dari mahasiswa psikologi popular di kalangan mahasiswa jurusan lain dalam satu komunitas ataupun organisasi. Kerap kali mereka yang mampu membawa diri dan mengidentikan diri sebagai mahasiswa psikologi akhirnya memiliki banyak kenalan hingga disukai oleh kawan-kawannya.

Maka jangan heran jika mahasiswa pria atau mahasiswi wanita banyak disukai, hingg seringkali di “modusin” agar mau menjadi teman dekat, pacar, hingga pasangan hidup.

  1. Bijaksana

Inilah Anggapan Orang Jika Kamu Kuliah Di Jurusan Psikologi

Menjadi mahasiswa psikologi diajarkan untuk mencari beberapa referensi dalam teknik dasar psikoterapi, yang mana terkadang teknik tersebut menuntut mahasiswa untuk mampu menguasai kata-kata dan afirmasi positif.

Hal itulah yang membuat para mahasiswa psikologi dituntut untuk membaca beberapa buku-buku motivasi. Hingga akhirnya dalam setiap kesempatan berbicara ataupun berkomentar, para mahasiswa psikologi kadangkala mengeluarkan statement yang di anggap orang lain bijak.

  1. Mampu Menjaga Rahasia

Inilah Anggapan Orang Jika Kamu Kuliah Di Jurusan Psikologi

Jika tak mampu menjaga rahasia, maka dapat di pastikan bahwa ia bukanlah mahasiswa psikologi sejati. “ada juga kok mahasiswa psikologi yang masih saja ember, dengan rahasia orang lain” Jika anda menemukan mahasiswa psikologi yang begitu, maka berarti ia belumlah “sempurna” dalam pendidikan psikologinya. Anggap saja mereka adalah mahasiswa psikologi Abal-abal.

Karena pada nantinya mahasiswa psikologi akan berkecimpung untuk menangani beberapa permasalahan yang di miliki oleh orang lain terkait dengan psikologinya, maka sudah sepatutnyalah mereka mampu untuk menjaga kerahasiaan dari orang lain. Dalam mata kuliah Kode Etik Psikolg pun menjaga kerahasiaan dari klien pun sangat di junjung tinggi.

  1. Jiwa Sosial Tinggi

Memahami bahwa jurusan psikologi merupakan jurusan yang identik dengan pemecahan permasalahan seseorang, maka banyak dari mereka yang menjadi mahasiswa psikologi aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan sosial. Mulai dari menjadi relawan anak ABK, Hari kesehatan dunia, relawan korban bencana, pendampingan korban kekerasan, dan lain sebagainya.

Akhirnya dari kegiatan yang banyak dilakukan oleh mahasiswa psikologi membuat beberapa orang yang di luar jurusan psikologi familiar dengan para mahasiswa psikologi. Maka tak heran apabila mahasiswa jurusan psikologi seringkali diidentikkan dengan kepemilikan jiwa sosial yang tinggi.

  1. Jauh Dari Kesan Urakan

Inilah Anggapan Orang Jika Kamu Kuliah Di Jurusan Psikologi

Lihat saja dari segi penampilan, sangat jarang mahasiswa psikologi yang berpakaian ala gengser maupun urakan. Bahkan untuk urusan rambut saja, para mahasiswa psikologi di anjurkan untuk berpotongan rapi. Pun dengan gaya berbusana, karena mereka mempercayai bahwa, penampilan yang ditampilkan adalah bentuk dari ia di masa depannya.

  1. Calon Pegawai Rumah Sakit Jiwa

Inilah yang juga menjadi anggapan orang lain terhadap para mahasiswa jurusan psikologi. Anggapan di mana para mahasiswa psikologi setelah lulus akan bekerja di rumah sakit jiwa. Padahal psikologi tak melulu berkutat pada kesehatan jiwa seseorang. Masih banyak bidang yang dapat di masuki saat anda lulus nanti. Jadi jangan khawatir, karena anggapan tersebut adalah tidak selalu benar.

  1. Mampu Mengerjakan Tes Psikologi

Inilah Anggapan Orang Jika Kamu Kuliah Di Jurusan Psikologi

Inilah yang krusial dianggap orang lain. Seringkali mahasiswa lain selain mahasiswa psikologi meminta tips dan trik agar mudah dalam mengerjakan psikotes. Mungkin hal ini benar namun lebih banyak yang salahnya. Karena sebenarnya tes psikologi adalah sebuah gambaran diri, yang mana setiap satu orang dan orang lainnya adalah berbeda.

Jadi jika anda ingin tes psikologi Nasehat dari saya adalah Cukup anda jangan bergadang, sarapan sebelum tes, datang 15 menit sebelum waktu dimulai, berdoa, dan yang terakhir adalah perbaiki diri. Karena tes psikologi adalah representasi diri kalian.

Itulah beberapa hal yang dapat kita simak mengenai anggapan orang jika kamu kuliah di jurusan psikologi. Janga kapok untuk selalu belajar dan menentukan peran di dalam kehidupan, karena  Andalah yang menentukan bermanfaat atau merugikannya anda bagi diri anda dan lingkungan sekitar. By: Muhamad Fadhol Tamimy