Dalam kehidupan, rasa percaya diri merupakan sebuah modal yang penting di miliki guna mencapai kesuksesan dalam hal apapun. Baik itu dari segi karir, pendidikan, maupun membina hubungan bersama orang yang di cintai. Banyak sekali alasan mengapa percaya diri sangat penting, yang mana dengan percaya diri anda akan merasakan beberapa hal yang tak terduga. Salah satunya adalah nilai daripada diri anda sendiri self value.

Untuk itu berikut ini akan kita rampung 10 alasan mengapa percaya diri sangat penting bagi kehidupan kita. Dengan memahami 10 alasan ini, sekiranya menjadikan cambuk bagi diri kita untuk berubah menjadi pribadi orang yang lebih percaya diri.

10 Alasan Mengapa Percaya Diri Sangat Penting

1. Kebebasan Menjalani Hidup

Inilah 10 Alasan Mengapa Percaya Diri Sangat Penting

Kadangkala kita tak cukup hanya dengan menyukai segala sesuatu saja. Oleh karena tak adanya keterampilan hanya akan membuang-buang waktu dari apa yang telah kita sukai. Namun akan berbeda hal, jika kita membumbui apa yang kita sukai tersebut menjadi sebuah hobi dan kita ahli di dalamnya, hingga akhirnya kepercayaan diri kita menguatkan.

Jika kepercayaan diri telah dimiliki, maka kita akan lebih mampu dalam menjalankan kebebasan hidup, dengan kemampuan menentukan pilihan hidup itu sendiri.

2. Kebebasan Dari Rasa Takut

Inilah 10 Alasan Mengapa Percaya Diri Sangat PentingKetidakmampuan dalam diri tersebut menyebabkan munculnya sebuah rasa takut. Takut akan menjalankan segala sesuatu, tak berani menghadapi orang banyak, hingga pada akhirnya seorang tersebut terkekang di dalam kehidupan yang tidak menyenangkan.

Kepercayaan diri inilah yang akan membebaskan diri Anda dari keterkekangan rasa takut yang anda ciptakan sendiri. Jadilah orang yang bebas dari rasa takut, karena ketika anda berhasil melawannya, maka kualitas hidup pun akan meningkat. Dengan meningkatnya rasa percaya diri anda, tentunya hidup anda akan lebih bermakna dan dapat bermanfaat bagi orang banyak.

3. Menjalani Hidupmu Sendiri

Inilah 10 Alasan Mengapa Percaya Diri Sangat Penting

Ketakutan akan gagal, hingga ragu dengan masa depan yang akan di jalani, justru akan membuat anda mengalami kebimbangan dengan keputusan yang telah anda rencanakan sendiri. Hingga pada akhirnya anda mencari pertimbangan orang lain yang mana kadangkala tak sesuai keinginan Anda.

Percaya diri akan membimbing Anda dalam menjalani hidup sesuai dengan keinginan, bukan lagi dikarenakan adanya opini atau keinginan orang lain.

4. Menghemat Waktu Dan Tenaga

Inilah 10 Alasan Mengapa Percaya Diri Sangat Penting

Alasan mengapa percaya diri sangat penting selanjutnya adalah dapat menghemat waktu dan juga tenaga. Keterampilan yang kita miliki akan membuat diri kita lebih efisien di dalam mengerjakan Sesutu hal. Ragu-ragu dan juga tak percaya dirilah yang membuat kita mengulang-ulang sesuatu pekerjaan yang sebenarnya telah selesai kita kerjakan. Sangat melelahkan bukan? Jika harus mengulang-ulang pekerjaan.

5. Mencintai Diri Sendiri

Inilah 10 Alasan Mengapa Percaya Diri Sangat Penting

Ketika kita percaya diri, maka kita pun akan mencintai diri sendiri. Oleh karenanya kita tak malu dengan apa yang telah tuhan ciptakan untuk diri kita. Semakin seorang mencintai dirinya, maka ia pun akan terlihat menarik. Cintailah diri anda sendiri walaupun orang lain tak mencintai diri Anda. Karena dengan mencintai diri Anda sendiri, maka Anda telah memperlihatkan syukur anda atas penciptaan Yang Maha Kuasa.

6. Dekat Dengan Yang Maha Kuasa

Inilah 10 Alasan Mengapa Percaya Diri Sangat Penting

Alasan mengapa percaya diri sangat penting selanjutnya adalah membuat anda lebih denkat dengan-Nya. Melepas rasa ragu ragu akan membuat anda siap untuk melihat siapa Anda sebenarnya.

Kegagalan dan juga kecemasan memanglah akan datang bagi seseorang yang tengah berusaha. Namun ketika tak ada keraguan dan juga kekhawatiran, Anda akan mengingat keberadaan Sang Pencipta dan mendorong anda lebih giat beribadah menyembah-Nya.

7. Memiliki Kehidupan Sosial Yang Baik

Inilah 10 Alasan Mengapa Percaya Diri Sangat Penting

Rasa percaya diri yang anda miliki akan membuat hubungan sosialisasi anda terhadap lingkungan lebih baik. Hal tersebut dikarenakan Anda berani walaupun hanya berkumpul untuk melakukan kegiatan saja.

8. Bersikap Lebih Optimis

Inilah 10 Alasan Mengapa Percaya Diri Sangat Penting

Setiap manusia tentu akan menghadapi beragam masalah di dalam kehidupannya, entah itu urusan pribadi maupun orang lain. Percaya diri yang tinggi akan membuat anda menjadi lebih optimis daam setiap hal, seingga akan memudahkan anda dalam menyelesaikan sebuah masalah tersebut.

9. Mampu berpikir realistis

Inilah 10 Alasan Mengapa Percaya Diri Sangat Penting

Memiliki rasa percaya diri akan mampu membuat Anda lebih berpikir realistis dalam sebuah pilihan. Setelah anda menimbang kemampuan dan juga peluang yang ada barulah Anda akan dapat membuat pilihan yang tepat.

10. Meraih Kesuksesan

Inilah 10 Alasan Mengapa Percaya Diri Sangat Penting

Seperti kata pembuka di atas, alasan mengapa percaya diri sangat penting salah satunya adalah membantu anda dalam meraih kesuksesan. Jika anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka hal itu akan membuat diri anda selalu terdorong untuk melakukan hal yang positif. Termasuk juga tambahan energy dan gairah dalam merealisasikan apa yang anda cita-citakan.

Itulah beberapa hal yang sepatutnya dapat menjadi bahan renungan, mengapa diri ini perlu memunculkan percaya diri yang tinggi. Semoga apa yang kita lalui akan selalu diiringi dengan kepercayaan diri yang tinggi. By: Muhamad Fadhol Tamimy


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia

1 Comment

Comments are closed.