Ini Dia Tahapan Perkembangan Kognitif Manusia Menurut Ilmu PsikologiTahap perkembangan kognitif manusia. Dalam perkembangannya, manusia tidak lepas dari berbagai macam tahapan perkembangan yang harus dilalui, mulai dari tahapan fisik, perkembangan mental, hingga tahap perkembangan kognitif. Salah satu tokoh psikologi yang mengemukakan mengenai tahapan perkembangan kognitif manusia adalah Jean Piaget.

Piaget mengungkapkan ada 4 periode atau tahapan perkembangan kognitif manusia, mulai dari masa kelahiran dan bayi hingga dewasa. Nah, berikut ini adalah beberapa tahap perkembangan kognitif manusia meunurut Piaget :

baca juga yuk kenali 8 tahap perkembangan manusia

Tahap Perkembangan Kognitif Manusia

  1. Tahapan Sensori Motor

Tahapan sensori motor ini merupakan tahapan yang dilalui oleh seseorang pada usia 0 hingga 2 tahun. Tahapan ini meliputi perkembangan dari kemampuan sensoris seseorang pada awal kelahiran hingga 2 tahun.

Pada tahapan ini, gerak refleks adalah salah satu hal penting yang dipelajari oleh manusia. Dari refleks yang mulai muncul, dan berkembang, maka terbentuklah kebiasaan – kebiasaan. Pada tahapan ini, manusia sudah mulai mengembangkan tahapan awal dari kreativitas, dan juga mulai sedikit memahami mengenai makna – makna yang ada di sekitarnya.

  1. Tahapan Pra Operasional

Tahapan pra operasional merupakan tahapan berikutnya yang harus dilalui di dalam fase kehidupan manusia. Tahapan ini akan berlangsung pada saat usia 2 hingga 7 tahun, yaitu tepatnya ketika masa kanak – kanak, dimana biasanya anak – anak sudah masuk ke dalam lingkungan sosial. Pada tahapan ini, anak – anak mulai bisa menggunakan operasi mental yang jarang, dan kurang memadai.

Pada tahapan ini, pemikiran anak – anak masih bersifat egosentris, yang artinya cenderung berpikir dengan menggunakan sudut pandang sendiri, tanpa bisa memahami sudut pandang atau kondisi dan situasi dari orang lain yang ada di sekitarnya. Kebanyakan anak pada tahapan ini memiliki pikiran yang cenderung imajinatif, salah satunya adalah memiliki sahabat imajinasi atau bayangan.

  1. Tahapan Operasional Konkrit

Tahapan perkembangan kognitif manusia berikutnya adalah tahapan operasional konkrit. Tahapan ini berlangsung mulai dari usia 7 tahun hingga kurang lebih 11 tahun, atau ketika anak – anak sudah mulai memasuki masa – masa remaja.

Dalam tahapan ini, anak – anak sudah mampu untuk melakukan pengurutan dan juga klasifikasi terhadap objek atau situasi tertentu. Misalnya mengurutkan benda yang kecil ke besar, melihat dan mengidentifikasi klasifikasi dari suatu objek, dan sudah mulai bisa atau mampu untuk mempertimbangkan aspek – aspek tertentu dalam menghadapi suatu masalah atau objek tertentu.

Sifat egosentrisme pada tahapan ini akan menghilang secara perlahan, dan mulai mampu untuk melihat suatu masalah atau kejadian dari sudut pandang orang lain.

  1. Tahapan Operasional Formal

Tahapan perkembangan kognitif manusia yang terakhir berada pada tahapan ini. Tahapan operasional formal ini terjadi pada usia remaja hingga usia dewasa.

Pada tahapan ini, pola pikir seseorang sudah berkembang lebih baik, dimana seseorang sudah mampu untuk berpikir secara abstrak dan mampu berpikir menggunakan logika dengan baik.

Tidak hanya pengetahuan umum, pemahaman mengenai nilai dan juga norma akan berkembang dan mulai banyak diterapkan pada saat seseorang masuk pada tahap operasional formal ini.

Nah, itu adalah 4 tahapan perkembangan kognitif manusia menurut tokoh psikologi bernama Jean Piaget.

By: Muhamad Fadhol Tamimy