Ini Dia Sistem Yang Mempengaruhi Tahap Perkembangan ManusiaTahap Perkembangan manusia adalah salah satu hal yang menarik untuk dipelajari di dalam dunia Psikologi. Ada banyak sekali teori- teori yang mempelajari dan membahas mengenai perkembangan seseorang, mulai dari urutan-urutan perkembangan seseorang, hingga bagaimana lingkungan sosial dan juga sistem mampu membentuk dan mempengaruhi perkembangan mereka, mulai dari lahir hingga tua nanti.

Salah satu tokoh yang membahas mengenai masalah ini adalah Brofenbrenner, yang mengemukakan teori mengenai teori bioekologikal, yang mengungkapkan mengenai lingkungan sosial yang mempengaruhi perkembangan manusia. Baca juga artikel sebelumnya Yuk Kenali 8 Tahap Perkembangan Manusia.

Ada lima tahapan atau struktur dari lingkungan sosial yang mempengaruhi perkembangan seseorang. Berikut ini adalah lima tahapan atau struktur tersebut :

Sistem Yang Mempengaruhi Tahap Perkembangan Manusia

  1. Microsystem / Mikrosistem

Microsystem merupakan tahapan paling awal dari lingkungan sosial dan sistem yang mempengaruhi perkembangan seseorang.

Microsystem merupakan sebuah sistem atau lingkungan sosial terkecil, yang merupakan tempat dimana pertama kali manusia tinggal. Microsystem meliputi lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal, sekolah, rekan kerja, teman sepermainan, dan sebagainya. Seluruh interaksi dalam microsystem ini adalah interaksi sosial yang paling intens dan juga paling dekat dengan manusia.

  1. Mesosystem

Mesosystem merupakan lingkungan berikutnya atau struktur berikutnya yang mempengaruhi perkembangan seseorang.

Mesosystem merupakan suatu keterkaitan antar microsystem seseorang.  Misalnya keterkaitan antara masalah keluarga dengan masalah pertemanan. Contohnya, perceraian dengan pasangan karena adanya teman yang menjadi orang ketiga. Ini adalah contoh dari mesosystem, yang akan mempengaruhi perkembangan seseorang.

  1. Exosystem

Exosystem merupakan suatu tahapan atau struktur dimana adanya suatu sistem tertentu yang mempengaruhi atau memiliki keterkaitan dengan microsystem seseorang, dan memberikan dampak tidak langsung terhadap perkembangannya.

Misalnya saja, kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, yang berhubungan dengan lingkungan pekerjaan (microsystem), yang secara tidak langsung menyebabkan terjadinya perubahan pada hidup seseorang.

  1. Macrosystem

Macrosystem merupakan sebuah keterkaitan antara suatu pola – pola budaya tertentu, ataupun suatu ideologi atau sistem politik dan ekonomi tertentu terhadap microsystem. Misalnya saja, kebudayaan di wilayah tertentu, yang berhubungan dengan hukum adat, akan mempengaruhi perkembangan seseorang, karena microsystem nya sudah dipengaruhi oleh hukum adat tertentu, yang pastinya berbeda antara adat yang satu dengan adat yang lainnya.

  1. Chronosystem

Chronosystem merupakan sebuah sistem paling luas yang bisa mempengaruhi perkembangan seseorang. Chronosystem berhubungan dengan siklus tertentu, ataupun berhubungan dengan bagaimana waktu dapat merubah microsystem seseorang. Misalnya, kondisi kehidupan keluarga seseorang (microsystem) yang berubah, dari tahun ke tahun, yang akan mempengaruhi perkembangan seseorang.

Kelima sistem tersebut bisa anda temui, bahkan di dalam kehidupan anda sendiri. Dan, mungkin anda baru menyadari bahwa kelima sistem tersebut memang bisa memberikan dampak dan juga pengaruh yang cukup besar bagi kehidupan dan juga perkembangan anda.

Beberapa dari sistem tersebut mungkin memang tidak anda sadari, dan tidak memberikan efek atau dampak langsung yang bisa mempengaruhi perkembangan anda, ataupun mempengaruhi perilaku, ataupun sikap yang anda miliki. By: Muhamad Fadhol Tamimy

Memahami perkembangan manusia tak cukup dengan mengamati dari hari kehari perkembangannya. Namun hal tersebut membutuhkan pemahaman dan panduan khusus. Terutama dari aspek psikologi perkembangannya. Untuk itu cara terbaik adalah dengan memiliki buku PSIKOLOGI PERKEMBANGAN yang dapat anda miliki. Ayo segera lakukan pemesanan sebelum anda terlambat, karena persediaan sangat terbatas! PSIKOMA SHOP