Ini Dia Rahasia Agar Anda Dapat Lolos Tes Psikotes Dengan Mudah

Ini Dia Rahasia Agar Anda Dapat Lolos Tes Psikotes Dengan Mudah

March 3, 2017 Off By admin

Ini Dia Rahasia Agar Anda Dapat Lolos Tes Psikotes Dengan MudahTes Psikotes – Apakah anda hendak melamar kerja ? Atau melamar beasiswa ? Jenis pekerjaan seperti apa yang akan anda dapatkan ? Apakah anda melalui berbagai jenis seleksi ? Seperti apa sajakah seleksi yang diberikan oleh pihak perusahaan ? Apakah bagian HRD atau Human Capital menyebut – nyebut nama tes psikotes dalam rangkaian seleksinya ?

Biasanya tes psikologi ini banyak dipakai dalam pemilihan atau seleksi. Baik seleksi karyawan, seleksi pegawai, seleksi masuk ke sekolah, seleksi masuk ke perguruan tinggi, seleksi beasiswa, seleksi sekolah akademi seperti militer dan kepolisian dan seleksi instansi professional lainnya. Mengapa harus dilakukan tes psikologi atau psikotes ?

Banyak kasus yang menyebutkan, bahwa secara intelegensi atau kognitif ia memenuhi syarat. Secara fisik dan ketahanan tubuh ia lolos. Namun secara psikologi yang diseleksi menggunakan psikotes tidak. Mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Sesulit apakah soal psikotes ini ? Dan mengapa banyak sekali orang yang akhirnya harus gugur dalam menjalani tes psikologi ini ?

Dalam artikel kali ini akan kita bahas tentang apa itu psikotes, dan tips yang dapat anda coba agar anda dapat lulus psikotes, cobalah cara berikut ini yang dapat membantu anda lolos melewati tes psikologi berikut ini

Mengapa psikotes atau tes psikologi ?

Tes psikologi atau juga dikenal dengan psikotes merupakan salah satu bentuk seleksi yang dilakukan oleh pihak yang berkepentingan. Misal dari yayasan, perusahaan, sekolah, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk mengukur beberapa aspek individu yang dinilai secara psikis.

Pemberian psikotes ini bisa dilakukan pada anak –anak sampai orang dewasa. Bentuknya berupa tes tertulis, evaluasi verbal, atau proyektif yang bisa digunakan untuk mengukur fungsi kemampuan kognitif dan emosional dari calon yang direkrut.

Tentu saja tes ini berbeda dengan tes potensi akademik atau TPA. Secara mendalam, psikotes ini mengarah pada seleksi kepribadian seseorang. Jadi tidak dilihat siapa yang pintar. Karena banyak kasus, seseorang dengan inteligensi biasa namun lolos psikotes justru malah bisa diterima dari calon yang memiliki inteligensi sangat tinggi.

Bagaimana bentuk tes psikotes itu ?

Tentu saja para HRD atau human capital memiliki berbagai cara untuk menyeleksi karyawan yang masuk. Bukan hanya diukur dengan satu alat psikotes saja. Namun berbagai alat untuk melihat keakuratan yang ada. Seperti apa sajakah tes psikologi atau tes psikotes itu ?

Ada banyak jenis tes yang digunakan saat tes psikotes. Beberapa diantaranya tes wartegg, tes pauli, tes kraeplin, dan lain sebagainya. Tentu saja sudah banyak rumor yang beredar mengenai tes – tes tersebut. Tentang bagaimana cara pengerjaannya, tentang bagaimana cara agar hasilnya lebih baik, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana cara agar anda bisa lolos ? Persiapkan hal berikut ini :

  1. Sebelum mengerjakan, baca doa dahulu

Sangat disarankan anda untuk berdoa ketika memulai tes. Berdoalah menurut keyakinan anda agar tesnya bisa dimudahkan oleh Yang Maha Esa.

  1. Siapkan alat tulis lengkap dan cadangannya

Penting untuk menyiapkan alat tulis lengkap. Seperti bolpoin 2, pensil, penghapus, tipe x, dan penggaris. Sangat disarankan untuk membawa bolpoin dan pensil cadangan.

  1. Agar bisa me – manage waktu, bawalah jam

Beberapa orang merasa bahwa jam menjadi alat yang wajib digunakan saat mau ujian tes. Sebab anda akan diminta mengerjakan dalam tenggang waktu tertentu. Agar bisa di – manage dengan baik, bawalah jam.

  1. Perhatikan instruksi dengan serius

Perlu anda garis bawahi, bahwa instruksi adalah hal yang paling diminta oleh pihak HRD. Maka yang perlu anda lakukan adalah konsentrasi dan memperhatikan seperti apa instruksi yang diberikan. Jangan sampai salah langkah. Karena setiap tes, bahkan setiap nomer memiliki instruksi yang berbeda – beda.

  1. Kerjakan dengan tenang

Paling penting saat anda mengerjakan tes adalah tetap tenang. Meskipun anda diburu waktu, sebisanya mengatur detak jantung agar stabil. Semakin anda bisa mengontrol emosi, semakin tenang otak anda mengerjakan.

6. Perbaiki Diri

Karena sifatnya psikotes adalah tes yang mengukur diri sendiri, maka sebaiknya anda mengerjakan sendiri dengan sebaik-baiknya. Perbaikilah diri dan konsistenlah dalam bersikap, karena saat anda telah konsisten dalam bersikap, maka jawaban anda dalam psikotes akan otomatis/ anda tau apa yang harus anda jawab.

7. Jangan Lupa Sarapan

Sebelum berangkat untuk mengikuti tes psikotes, maka sebaiknya anda sarapan dahulu. Karena mengerjakan psikotes membutuhkan tenaga yang prima dan fit, dengan tingkat konsentrasi tinggi. Jika anda tidak sarapan, maka kondisi anda tentu tidak baik.

8. Istirahat Yang Cukup

Usahakan malam sebelum andamengikuti serangkaian tes psikotes, hindari kebiasaan begadang/ tidur larut malam. Karena istirahat yang cukup adalah upaya kita agar dapat berkonsentrasi dengan baik saat mengerjakan tes psikotes itu sendiri. By : Izzatur Rosyida