Ini Dia Hal Yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin Yang Baik Dalam Kepemimpinan Sebuah OrganisasiPemimpin yang baik – Kepemimpinan di dalam suatu organisasi atau perusahaan tentu saja membutuhkan pemimpin atau leader yang baik, dan mampu mengatur bawahannya agar mencapai tujuan organisasi. Apapun gaya kepemimpinan yang dianut, ataupun budaya organisasi yang diterapkan, apabila pemimpin tidak mampu mengemban tugasnya dengan baik, maka hal ini akan membuat tujuan organisasi tidak tercapai.

Pemimpin Yang Baik

Lalu, sebenarnya dalam kepemimpinan, seperti apa sih pemimpin atau leader yang baik? Berikut ini adalah hal-hal yang harus dimiliki oleh pemimpin yang baik di dalam sebuah kepemimpinan organisasi:

  1. Kemampuan pengambilan keputusan

Pemimpin atau leader yang baik dalam sebuah kepemimpinan organisasi haruslah memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan baik. Pengambilan keputusan berkaitan dengan bagaimana seorang pemimpin mampu berpikir kreatif untuk memecahkan suatu masalah, sehingga dapat membuat kelangsungan hidup dari organisasi tetap terjaga

  1. Kemampuan untuk memotivasi

Motivasi adalah hal yang penting yang harus diturunkan kepada anak buah. Ketika anak buah sedang tidak optimal dalam pekerjanya, atau sedang menunjukkan performansi yang rendah, maka pemimpin atau leader haruslah mampu untuk memotivasi bawahannya tersebut.

Entah dengan cara apapun, pemimpin harus mampu melihat hal-hal apa saja yang efektif supaya bawahannya bisa termotivasi secara optimal dan akhirnya bisa kembali bekerja seperti biasa.

  1. Kemampuan komunikasi

Salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah kemampuan untuk berkomunikasi. Pemimpin yang baik wajib untuk berkomunikasi dengan baik dengan bawahannya ataupun rekan kerjanya. Tanpa adanya komunikasi yang baik, maka suatu organisasi tidak akan bisa berjalan dengan optimal. Komunikasi diperlukan untuk saling mengutarakan pendapat, ide, gagasan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan suatu organisasi. Pemimpin yang memiliki kemampuan komunikasi yang kurang baik, akan sulit beradaptasi dengan bawahannya, meskipun secara performansi baik. Hal ini tentu saja akan mengganggu keberlangsungan suatu organisasi karena pendapat dan pemikiran yang ada tidak mampu tersampaikan dengan baik.

  1. Kemampuan mengendalikan bawahan

Sebagai pemimpin, pastinya memiliki bawahan. Pemimpin yang baik haruslah mampu untuk mengendalikan bawahannya. Mengatur dan me-manage bawahannya dengan baik. Hal ini sangat penting, agar bawahannya dapat bekerja sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pemimpin. Ketika pemimpin tidak mampu untuk mengendalikan bawahannya, maka dapat dipastikan suatu organisasi tidak akan bisa berjalan dengan baik.

  1. Tanggung jawab

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bertanggung jawab. Pemimpin harus sanggup bertanggung jawab atas pekerjaan dan tugasnya, serta bertanggung jawab akan bawahannya juga. Pemimpin yang lepas tangan dan tidak mau bertanggung jawab tidak akan membuat suatu organisasi menjadi lebih baik, malahan akan memperburuk situasi.

  1. Kemampuan mengendalikan emosi

Pemimpin yang baik harus bisa tetap tenang dalam segala situasi. Pemimpin yang baik harus sanggup mengendalikan emosinya sendiri, terutama emosi negatif seperti kemarahan, kekesalan, kecewa dan sebagainya. Jangan sampai emosi negatif terlalu mengontrol dirinya, sehingga menyebabkan pekerjaan dan tugasnya sebagai seorang pemimpin menjadi kacau.

Nah, itu adalah 6 hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Meskipun tidak bersifat mutlak, namun apabila seorang pemimpin mampu menunjukkan dan memiliki ke-6 hal tersebut, maka pemimpin tersebut memiliki suatu nilai tambah yang baik. By: Eduardus Pambudi

Categories: Sosial

admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia