Ini Dia Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Bagi Para Mahasiswa Baru

Tahun ajaran baru sebentar lagi akan dimulai, dan bagi kamu yang baru saja lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas, tentunya akan mengikuti kuliah perdana dan menyandang status sebagai mahasiswa baru bukan? Banyak hal yang dapat di lakukan dan harus kamu kerjakan, apabila kamu menyandang sebagai mahasiswa baru. Nah, simak yuk hal – hal berikut ini yang bisa kamu lakukan bagi para mahasiswa baru

Cari Teman Sebanyak – Banyaknya

Hal pertama yang pastinya harus kamu lakukan adalah mencari teman sebanyak – banyaknya. Ya, teman adalah salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan sebagai mahasiswa baru. Dengan adanya teman – teman baru, maka kamu tidak akan merasa kebingungan dengan lingkungan baru. Apalagi, sebagai mahasiswa baru biasanya masih sering bingung harus kemana pada saat istirahat, atau bingung mencari kelas. Nah, dengan mencari teman sebanyak  banyaknya, kamu bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru kamu, dan siapa tahu bisa mendapatkan teman dan sahabat yang memang mengerti kamu dan menjadi teman akrab kamu. Apalagi kamu mendapatkan prospek calon teman hidupm mu nanti, kan ketiban rejekii eciyeeee

Jangan Langsung Pulang Setelah Kuliah Selesai

Hal ini biasanya banyak dilakukan oleh mahasiswa baru, yaitu langsung pulang ketika selesai kuliah. Padahal, sebenarnya apabila kamu langsung pulang setelah kuliah, sangat merugikan loh. Banyak hal baru yang tidak akan kamu temukan ketika kamu langsung pulang setelah kuliah, apalagi kamu masih menyandang status mahasiswa baru. Jangan lewatkan kesempatan kamu bersosialisasi dengan teman baru,  juga lingkungan kampus kamu. Jadi, jangan langsung pulang begitu saja ya setelah pulang kuliah.

Eksplorasi Lingkungan Kampus Baru Kamu

Selain bersosialisasi dengan lingkungan baru, seperti teman baru, dan mungkin karyawan di kampus baru, kamu juga bisa mengeksplorasi lingkungan kampus kamu loh. Bagi kamu yang menyandang status sebagai mahasiswa baru, mengeksplorasi lingkungan kampus memiliki banyak sekali manfaat yang penting. Kamu akan lebih mengenal lingkungan kampus kamu sebagai mahasiswa baru. Kamu akan tahu letak ruangan yang akan digunakan untuk kelas kamu, dan kamu juga akan tahu tempat – tempat menarik yang ada di lingkungan sekitar kampus kamu. Hal ini akan membuat adaptasi kamu dengan kampus baru kamu akan menjadi semakin baik, sehingga kamu akan merasa betah dan juga kerasaan berada di lingkungan kampus baru kamu. Pokoknya, tidak ada lagi yang namanya istilah mahasiswa baru kuper deh.

Itu adalah beberapa hal yang wajib dan memang sepertinya harus kamu lakukan bagi kamu semua yang menyandang status sebagai mahasiswa baru. Mengapa hal – hal tersebut penting? Karena semua hal tersebut memiliki kaitan yang erat dengan adaptasi sosial. Kamu akan menjadi lebih nyaman dan juga lebih kerasaan di lingkungan baru apabila kamu berhasil membangun adaptasi yang baik dengan lingkungan baru kamu, termasuk di antaranya adalah di lingkungan kampus baru.

 

by: Eduardus Pambudi