Ini Dia Hal-Hal Yang Membuat Ilmu Psikologi Semakin Diminati

Ini Dia Hal-Hal Yang Membuat Ilmu Psikologi Semakin Diminati

April 4, 2017 Off By admin

Ini Dia Hal-Hal Yang Membuat Ilmu Psikologi Semakin DiminatiIlmu Psikologi Semakin Diminati – Saat ini, ilmu psikologi menjadi semakin diminati, terlihat dari banyaknya antusiasme masyarakat mengenai ilmu psikologi, dan juga semakin banyaknya jumlah program studi psikologi yang dibuka di berbagai Universitas. Hal ini tentu saja berbeda jauh dengan masa-masa awal psikologi mulai dikenal di Indonesia. Nah, sebenarnya ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi faktor yang membuat ilmu psikologi semakin diminati. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat ilmu psikologi menjadi semakin diminati :

  1. Masa studi yang lebih singkat

Ini Dia Hal-Hal Yang Membuat Ilmu Psikologi Semakin Diminati

Meskipun tidak sesingkat beberapa program studi lain, namun dibandingkan dengan kurikulum lama, masa studi ilmu psikologi saat ini jauh lebih singkat. Pada kurikulum lama, seseorang harus menempuh pendidikan ilmu psikologi selama minimal 5-6 tahun lamanya. Sekarang, cukup dengan 4-4.5 tahun saja sudah bisa mendapatkan gelar Sarjana Psikologi

  1. Permasalahan yang semakin kompleks

Tak dapat dipungkiri, perkembangan jaman juga pastinya akan ikut mempengaruhi manusia. Begitupun dengan permasalahan yang dialami oleh manusia. Saat ini sudah terdapat banyak sekali masalah-masalah yang jauh lebih kompleks. Coba saja anda bandingkan dulu dan sekarang, lebih banyak mana terjadi kasus-kasus yang kompleks, seperti Narkoba, KDRT, Pelecehan seksual, gangguan mental, dan sebagainya? Hal inilah yang membuat ilmu psikologi menjadi semakin berkembang dan berkembang, sehingga semakin banyak peminat.

  1. Terbukanya wawasan masyarakat akan kesehatan mental

Ini Dia Hal-Hal Yang Membuat Ilmu Psikologi Semakin Diminati

Psikologi. Dulu, banyak orang menyangsikan psikolog, ilmu psikologi, dan juga psikiater. Mereka selalu beranggapan bahwa kalau masuk ke dalam ruang lingkup tersebut, pasti dianggap “gila”. Saat ini, pemahaman dan wawasan masyarakat sudah mulai berubah. Masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya ilmu psikologi dan juga ilmu mengenai kesehatan mental, baik pada masa anak-anak, hingga lansia.

  1. Fleksibilitas

Bisa dibilang, psikologi adalah ilmu yang sangat fleksibel dan dinamis. Artinya, ilmu psikologi akan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan situasi saat ini. Saat ini, hampir seluruh penelitian psikologi sudah bisa diaplikasikan, atau minimal mampu menjelaskan fenomena-fenomena yang ada di dalam masyarakat. Bahkan, psikologi pun sudah mampu berbaur dengan teknologi. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang menjadi lebih mengenal psikologi, dan sedikit banyak tertarik dengan ilmu psikologi.

  1. Rasa ingin tahu yang besar

Rasa ingin tahu yang besar juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan ilmu psikologi menjadi semakin diminati. Banyak orang yang penasaran, apa sih psikologi itu? Atau penasaran dengan alat-alat tes psikologi, sehingga banyak yang pastinya ingin tahu mengenai psikologi. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang membuat ilmu psikologi menjadi semakin banyak diminati.

  1. Jiwa sosial yang tinggi

Ini Dia Hal-Hal Yang Membuat Ilmu Psikologi Semakin Diminati

Alasan mengapa Ilmu Psikologi Semakin Diminati yang terakhir adalah ilmu psikologi memiliki hubungan dengan jiwa sosial. Ilmu psikologi sangat dekat dengan jiwa sosial, terutama di bidang yang berhubungan dengan masalah klinis, dan sosial. Banyak orang dengan jiwa sosial yang tinggi tergerak untuk masuk ke dalam dunia psikologi, dengan tujuan sosial yang kuat.

Itulah beberapa hal yang membuat ilmu psikologi menjadi semakin diminati saat ini. Jadi, bagaimana? Apakah anda sudah semakin berminat dengan ilmu psikologi saat ini? By: Eduardus Pambudi