Ini Dia Hal-Hal yang Dapat Mempengaruhi Kreativitas

Ini Dia Hal-Hal yang Dapat Mempengaruhi Kreativitas

October 8, 2016 Off By admin

Ini Dia Hal-Hal yang Dapat Mempengaruhi KreativitasKreativitas merupakan salah satu hal yang banyak diperbincangkan, dan banyak dibutuhkan, terutama dalam memecahkan masalah dan juga dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, mungkin masih banyak orang yang memiliki kreativitas yang kurang. penting sekali untuk mengetahui Hal yang Dapat Mempengaruhi Kreativitas.

Nah, sebetulnya, apa sih hal-hal yang dapat mempengaruhi kreativitas? Sebenarnya, kreativitas itu sudah ada di dalam diri masing-masing individu, hanya saja terdapat beberapa aspek dari kreativitas yang mungkin kurang dari individu tersebut, sehingga membuat kreativitas setiap orang berbeda-beda. Baca juga artikel sebelumnya Memahami Lebih Dalam Tentang Apa Itu Kreativitas?

Nah, hal-hal yang dapat mempengaruhi kreativitas itu apa saja sih? Berikut ini adalah beberapa aspek dari kreativitas, yang juga bisa menjadi hal yang dapat mempengaruhi kreativitas menurut Priyadharma (2001) :

Hal Yang Dapat Mempengaruhi Kreativitas

  1. Percaya diri

Hal yang dapat mempengaruhi kreativitas yang pertama adalah kepercayaan diri. Percaya diri merupakan suatu kondisi dimana seseorang merasa yakin dan percaya akan dirinya sendiri dalam melakukan suatu hal. Banyak tokoh mengatakan bahwa percaya diri adalah salah satu hal yang dibutuhkan untuk memunculkan kreativitas, dimana mereka yang memiliki percaya diri tinggi, maka akan memiliki kreativitas yang juga tinggi.

  1. Integritas

Apa itu integritas? Secara teoritis, integritas adalah watak seseorang yang selalu konsekuen dan konsisten dengan apa yang dikatakan, dianut seseorang sehingga orang tersebut mempunyai nilai tersendiri, paling tidak menjadi orang yang dapat dipercaya. Tokoh lain mengatakan bahwa integritas adalah suatu kesadaran terpadu yang mendalam atas proses yang pernah dialami.

Secara garis besar, integritas merupakan suatu keajegan dan kestabilan seseorang dalam memegang teguh keputusan, keadaan, aturan, dan sebagainya dan menerapkannya dalam kehidupan.

Nah, mereka yang memiliki integritas tinggi biasanya akan sangat kreatif, karena memang fokus permasalahan atau situasi yang dihadapi. Hal ini akan membuat mereka menjadi lebih kreatif dan fokus dalam menangani masalah atau situasi tersebut.

  1. Kasih Sayang

Kasih sayang merupakan suatu hal yang bisa memunculkan kreativitas. Mereka yang mendapatkan kasih sayang lebih akan selalu memunculkan emosi-emosi positif yang tentu saja akan sangat baik untuk memunculkan kreativitas. Karena itu, mereka yang cenderung mengalami kekurangan kasih sayang, akan sulit untuk menjadi individu yang lebih kreatif.

  1. Intuisi

Intuisi adalah insting, kata hati, suara hati, dan juga jati diri yang berhubungan dengan daya visualisasi yang kreatif. Mereka yang merupakan tipe orang dengan kepribadian yang intuitif, alias memiliki intuisi yang baik akan lebih kreatif dibandingkan dengan mereka yang lebih banyak mendengar perkataan orang lain. Dengan intuisi ini, seseorang akan menjadi lebih kreatif dengan mendengarkan kata hatinya sendiri, tanpa harus terpengaruh oleh perkataan orang lain.

Nah, itu adalah ke empat aspek dari kreativitas, yang bisa menjadi hal-hal yang dapat mempengaruhi kreativitas seseorang. Paling tidak, 4 hal tersebut adalah hal yang memang sudah ada di dalam diri anda semua, hanya saja, yang perlu anda lakukan adalah bagaimana supaya ke-4 hal tersebut bisa membantu anda menjadi individu yang lebih kreatif. By: Eduardus Pambudi