Ini Dia Hal-Hal Yang Dapat Mempengaruhi Kebahagiaan SeseorangHal Yang Dapat Mempengaruhi Kebahagiaan Seseorang. Siapa yang tidak ingin memperoleh dan merasakan kebahagiaan di dalam hidup? Kebahagiaan yang berkaitan erat dengan penilaian subjektif terhadap well being (subjective well being) ini ternyata memiliki banyak faktor yang mempengaruhi loh.

Penasaran dengan hal-hal yang dapat mempengaruhi kebahagiaan? Seligman (2005) mengatakan ada banyak faktor atau hal yang dapat mempengaruhi kebahagiaan seseorang.  Berikut ini adalah beberapa faktor dan hal apa saja yang bisa mempengaruhi kebahagiaan seseorang : baca juga apa itu kebahagiaan? Pandangan Ilmu Psikologi Mengenai Kebahagiaan

Hal Yang Dapat Mempengaruhi Kebahagiaan Seseorang

  1. Faktor lingkungan

Ternyata, kebahagiaan juga bisa muncul karena faktor lingkungan. Faktor lingkungan kebanyakan sulit untuk diatur dan dikendalikan oleh diri kita sendiri. Ada beberapa faktor atau hal yang dapat mempengaruhi kebahagiaan seseorang yang berasal dari lingkungan sekitar, yaitu :

  • Uang dan harta

Banyak yang mengatakan bahwa harta dan uang bisa menjadi salah satu tolak ukur kebahagiaan seseorang. Mungkin ada benarnya, karena Seligman juga memasukkan hal ini dalam hal yang dapat mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Namun faktanya, harta tidak terlalu berdampak pada kebahagiaan seseorang, terbukti dari penelitiannya di negara maju dan makmur, dimana banyak orang menjadi cenderung tidak puas, bahkan dengan harta yang melimpah.

  • Pernikahan

Dampak lebih besar pada kebahagiaan muncul dari pernikahan. Penelitian mengatakan bahwa individu yang menikah cenderung lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang tidak atau belum menikah. Bagaimana menurut anda?

  • Kehidupan dan status sosial

Kehidupan sosial yang baik akan memberikan kebahagiaan bagi seseorang. misalnya mereka rajin terjun dalam berbagai kegiatan sosial, dipandang sebagai orang yang baik secara sosial, serta memiliki jiwa sosial yang tinggi.

  • Emosi positif

Tentu saja mereka yang banyak memunculkan emosi positif akan lebih bahagia dibandingkan mereka yang banyak diselubungi oleh emosi negatif bukan?

  • Usia

Salah satu penelitian lain yang diungkapkan, mengatakan bahwa kepuasan hidup akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini menunjukkan bahwa ada kecenderungan usia yang lebih tua akan memunculkan kebahagiaan yang lebih dibandingkan mereka yang berusia lebih muda.

  • Agama dan Spiritualitas

Hubungan antara manusia dan pencipta yang sangat kuat akan memunculkan kebahagiaan yang tinggi. Jadi, wajar saja bagi mereka yang memiliki spiritualitas tinggi, akan memperoleh kebahagiaannya sendiri.

  • Kesehatan

Kesehatan yang dapat meningkatkan kebahagiaan adalah kesehatan secara subjektif, yaitu bagaimana seseorang mempersepsikan kesehatan dirinya. Jadi, faktor kesehatan ini bukanlah status medis yang diukur melalui tes kesehatan, melainkan bagaimana seseorang mempersepsikan kesehatannya sendiri secara subjektif.

  1. Faktor yang berada di bawah pengendalian diri seseorang

Faktor atau hal yang dapat mempengaruhi kebahagiaan seseorang berikutnya adalah yang bisa dikendalikan oleh seseorang. Faktor ini mengacu pada kepuasan, pilihan hidup, dan juga emosi seseorang yang akan mempengaruhi kebahagiaannya. Ada tiga hal penting yang bisa dijelaskan dalam hal ini, yaitu :

  • Kepuasan terhadap masa lalu
  • Optimisme terhadap masa depan
  • Kebahagiaan pada masa kini

Ketiga hal tersebut adalah hal yang bisa dikendalikan oleh diri sendiri. Misalnya seperti kepuasan masa lalu. Anda akan selalu dapat atau bisa mencari cara bagaimana caranya mensyukuri masa lalu, supaya anda bisa merasa puas. Begitu pula dengan masa depan. Anda bisa memilih hal-hal apa yang menjadi tujuan anda di masa depan.

Untuk masa kini, anda juga bisa meningkatkan emosi positif anda pada kejadian saat ini, sehingga membantu anda meraih kebahagiaan pada saat ini.

Tiga faktor itulah yang sering dijadikan banyak kata-kata mutiara, yang mengatakan bahwa andalah orang yang berperan besar dalam kebahagiaan anda sendiri. Seburuk apapun lingkungan dan orang lain memperlakukan anda, namun apabila anda selalu mampu menghadapinya dengan baik, maka kebahagiaan akan menghampiri anda.

Itulah beberapa hal yang dapat mempengaruhi kebahagiaan seseorang. bagaimana? Apakah anda sudah memutuskan akan menjadi orang yang bahagia hari ini? Eduardus Pambudi