Ini Dia Faktor Yang Mempengaruhi Daya Tarik SeseorangPernahkah anda merasa tertarik dengan orang lain? Pasti pernah, dan sering sekali bukan? Banyak yang mengatakan bahwa kita tertarik dengan orang lain karena banyak hal, salah satunya adalah karena orang tersebut memang menarik, menurut diri kita. Nah, dari berbagai pendapat tokoh, ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi daya tarik seseorang. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi daya tarik seseorang :

Faktor Yang Mempengaruhi Daya Tarik Seseorang

 

  1. Karakter Pribadi

Hal pertama yang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi daya tarik seseorang adalah karena adanya karakter pribadi. Karakter pribadi ini bisa terbagi menjadi dua bentuk, yaitu yang sifatnya fisik, seperti bentuk tubuh, wajah, rambut, dan juga sifatnya non fisik, seperti misalnya kepribadian, inteligensi, dan minat. Nah, ada 4 hal penting dari karakter pribadi yang bisa menjadi faktor yang mempengaruhi daya tarik seseorang, yaitu :

  • Ketulusan, dimana merupakan salah satu sifat yang paling dihargai oleh orang banyak, bisa menjadi salah satu alasan anda menyukai seseorang.
  • Kehangatan personal, dimana menjadi salah satu karakteristik pokok yang sangat mempengaruhi kesan utama kita terhadap orang lain. Kehangatan personal ini juga dapat menjadi salah satu first impression, yang menentukan apakah anda tertarik atau tidak dengan orang tersebut.
  • Kompetensi, dimana pada umumnya, anda akan cenderung lebih tertarik pada mereka yang memiliki keterampilan lebih, kemampuan khusus, mampu bersosialisasi, dan juga cenderung cerdas.
  • Daya tarik fisik, merupakan hal umum dan banyak menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi daya tarik seseorang.
  1. Kesamaan

Faktor yang mempengaruhi daya tarik berikutnya adalah faktor kesamaan. Anda akan menjadi lebih tertarik dengan orang lain apabila anda memiliki kesamaan dengan orang tersebut. Kesamaan ini bisa dilihat dari perspektif apapun, mulai dari kesamaan status sosial ekonomi, kesamaan ciri fisik, kesamaan hobi, kesamaan trait kepribadian dan sikap, dan berbagai macam kesamaan lainnya yang bisa ditemukan antara anda dan orang tersebut. Sears (1992) mengatakan bahwa kecenderungan adanya kesamaan ini dikenal juga dengan istilah matching principle, dimana orang-orang cenderung memilih pasangan yang memiliki kesesuaian satu sama lain.

  1. Keakraban

Anda akan menjadi lebih tertarik kepada seseorang karena anda memang akrab dengan orang tersebut. Seringnya kita berinteraksi dengan orang lain hingga menjadi sangat dekat dan akrab, secara tidak langsung akan membuat kita menjadi tertarik dengan orang tersebut.  Jadi, ketertarikan dengan orang lain ini awalnya berasal dari bagaimana anda bisa dekat dan akrab dengan orang lain.

  1. Kedekatan

Kedekatan yang dimaksud disini adalah kedekatan secara fisik, misalnya seperti tempat tinggal yang berdekatan. Banyak penelitian mengatakan bahwa ketertarikan, yang berlanjut hingga pernikahan dan hubungan yang lebih serius terjalin di antara mereka yang memiliki tempat tinggal yang berdekatan. Sears (1992) mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa kedekatan bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi daya tarik seseorang, yaitu :

  • Kedekatan meningkatkan keakraban
  • Kedekatan seringkali berkaitan dengan faktor kesamaan
  • Kedekatan membuat anda menjadi lebih mudah untuk terus bersama orang tersebut, sehingga memunculkan daya tarik sendiri

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi daya tarik seseorang. Apakah kamu memiliki daya tarik? Silahkan untuk di renungkan sendiri. By: Eduardus Pambudi