Faktor Yang Dapat Menghambat KreativitasFaktor Yang Dapat Menghambat Kreativitas. Kreativitas merupakan salah satu hal yang mungkin harus dimiliki oleh semua orang, karena kreativitas bisa membantu seseorang dalam memecahkan beragam problema masalah, membuat suatu produk yang berguna, dan juga bermanfaat untuk banyak hal.

Namun demikian, ternyata ada beberapa faktor yang bisa menghambat munculnya kreativitas di dalam diri seseorang. Faktor-faktor tersebut secara tidak sadar hadir dan juga muncul pada masing-masing individu dan akhirnya menyebabkan terhambatnya proses kreatif yang ada di dalam diri individu.

Apa saja sih yang menjadi faktor penghambat kreativitas dalam diri individu?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menghambat kreativitas :

  1. Tidak berani dalam menanggung resiko

Setiap hal yang dilakukan oleh siapapun pastilah memiliki dampak dan juga resiko yang harus dihadapi. Berani berbuat, berani menanggung resiko.

Nah, ketidakberanian seseorang dalam menanggung resiko bisa menjadi salah satu hal yang dapat menghambat kreativitas. Biasanya hal ini menyebabkan seseorang menjadi ragu dalam melakukan sesuatu, dan akan membuat pikiran-pikiran kreatif yang dimilikinya menjadi terhambat.

  1. Konformitas dengan lingkungannya

Konformitas, atau yang bisa disebut juga ikut-ikutan dengan kelompoknya adalah penghambat kreativitas seseorang. Pada saat anda atau orang lain hanya mampu untuk fokus dan juga mengikuti perilaku dan juga situasi kelompok tertentu, maka disanalah anda tidak mampu untuk berpikir kreatif.

Pikiran anda hanya terpaku pada kelompok anda saja, dan cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh kelompok anda, tanpa sanggup untuk memikirkan sesuatu hal yang kreatif.

  1. Kurang berani dalam mengeksplorasi

Eksplorasi adalah salah satu hal penting lainnya yang harus anda miliki untuk menjadi individu yang kreatif. Ketika anda tidak berani untuk lebih mengeksplorasi lebih dalam dari dunia anda, maka hal ini akan menjadi faktor yang menghambat kreativitas anda.

  1. Rigid, Kaku, dan Perfeksionis

Rigid, kaku, dan juga perfeksionis adalah satu buah paket kepribadian yang sangat menghambat kreativitas seseorang. mereka yang rigid dan juga kaku hanya akan terpaku pada terhadap aturan-aturan yang berlaku, tanpa memiliki keinginan untuk berpikir out of the box.

Padahal, kemampuan berpikir out of the box adalah salah satu syarat dimana seseorang bisa berpikir kreatif. Karena itu, mereka yang perfeksionis, dan cenderung rigid atau kaku merupakan individu yang cenderung sulit untuk mengembangkan kreativitas diri mereka sendiri.

  1. Stereotip peran dan jenis kelamin

Perempuan harusnya hanya berada di rumah, lulusan perguruan tinggi harusnya masuk kerja kantoran.

Dua hal tersebut merupakan stereotip peran dan juga jenis kelamin. Terkadang, stereotip seperti ini sangat menghambat perkembangan individu. Misalnya, ketika ada ibu rumah tangga yang ingin membuat usaha sendiri, namun terbentur dengan stereotip bahwa seorang ibu harusnya hanya tinggal di rumah, maka hal ini akan sangat menghambat kreativitas seseorang. Oleh sebab itu maka, stereotip memang harus banyak dipangkas guna membentuk dan mengembangkan kreativitas seseorang menjadi lebih baik lagi.

Nah, itu adalah beberapa faktor yang dapat menghambat kreativitas seseorang. Apakah anda bisa merasakan, faktor mana saja yang bisa menyebabkan anda tidak kreatif, atau kurang bisa mengembangkan kreativitas anda?

By: Muhamad Fadhol Tamimy