Ini Dia Ciri – Ciri Kepribadian Dan Sifat Dari Anak Pertama

Ciri kepribadian dan sifat dari anak pertama – Alfred Adler adalah seorang tokoh Individual Psychology yang banyak memberikan teori – teori mengenai berbagai macam kepribadian yang dimiliki oleh seseorang berdasarkan urutan  di dalam keluarga. Salah satu teorinya adalah mengenai bagaimana ciri – ciri sifat dan juga kepribadian yang dimiliki oleh anak pertama di dalam keluarga.

Ciri kepribadian dan sifat dari anak pertama

Penasaran dengan ciri – ciri kepribadian dan juga sifat anak pertama di dalam keluarga? Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri sifat dan juga kepribadiannya :

  1. Cenderung perhatian dan juga protektif terhadap orang lain

Ciri – ciri sifat dan kepribadian anak pertama menurut Adler adalah cenderung perhatian dan juga cenderung protektif terhadap orang lain. Anak pertama, menurut Adler cocok menjadi sosok yang benar – benar mampu untuk mengatur adik – adik dan juga keluarganya, serta menjadi salah satu sosok pelindung bagi adik – adiknya.

  1. Memiliki kemampuan mengatur yang baik

Kemudian, Adler juga menambahkan bahwa anak pertama di dalam keluarga memiliki ciri – ciri sifat dan kepribadian yang mampu mengatur sesuatu dengan baik. Anak pertama mampu untuk mengorganisir suatu kondisi, sehingga dapat berjalan dengan baik dan juga lancar. Sebagai seorang figur pemimpin, maka anak pertama sepertinya sangat cocok sekali.

  1. Merasa kuat dan memiliki power yang lebih

Kelemahan atau kekurangan dari anak pertama menurut Adler adalah cenderung merasa berkuasa, merasa kuat, dan juga merasa bahwa dia memiliki kekuatan atau power yang lebih. Hal ini membuat anak pertama menjadi sosok yang selalu ingin diberikan tanggung jawab yang besar dan juga diberikan kuasa ataupun kekuatan yang besar, sehingga bisa mengatur atau menggunakan kekuatannya tersebut untuk orang lain.

  1. Selalu merasa benar

Inilah ciri – ciri sifat dan kepribadian negatif dari anak pertama lainnya menurut Adler. Anak pertama, karena cenderung merasa berkuasa dan memiliki kekuatan, maka menurut Adler, anak pertama cenderung merasa bahwa dirinya selalu benar, dan orang lain adalah salah. Hal ini tentu saja cukup menyebalkan, karena terkesan menunjukkan sikap dan juga perilaku egois dan juga tidak mau mengalah, meskipun sebenarnya si anak pertama ini melakukan kesalahan dan kekeliruan.

 Baca juga kepribadian anak bungsu

  1. Cenderung kurang kooperatif

Anak pertama di dalam keluarga, menurut Adler adalah anak yang cenderung kurang kooperatif. Hal ini mungkin disebabkan juga karena rasa berkuasanya yang besar, dan juga selalu merasa benar, sehingga meyebabkann anak pertama ini cenderung kurang kooperatif dengan orang lain. Ini bisa menjadi menyebalkan, terutama ketika harus berhubungan dengan suatu komunitas ataupun organisasi tertentu.

  1. Kritis terhadap orang lain

Menurut Adler, anak pertama juga memiliki kecenderungan sebagai orang yang kritis terhadap orang lain. Seringkali anak pertama memberikan komentar – komentar terhadap situasi tertentu ataupun orang lain Hal ini membuat anak pertama seringkali terlihat sebagai orang yang bossy dan terkadang cukup menyebalkan.

Itu adalah beberapa ciri –ciri sifat dan juga kepribadian dari anak pertama menurut Adler. Perlu diketahui, ciri – ciri tersebut tidaklah bersifat mutlak, yang artinya belum tentu semua anak pertama pasti memiliki ciri – ciri tersebut. Apakah anda yang menjadi anak pertama memiliki salah satu ciri di atas? Atau malah semua ciri tersebut ada di dalam diri anda? Itulah beberapa Ciri kepribadian dan sifat dari anak pertama yang dapat kita ketahui. By: Eduardus pambudi

Baca juga Fakta Kepribadian anak tunggal fakta kepribadian anak kedua

Psikologi Kepribadian