Ini Dia Buku Rahasia Yang Akan Membawa Anda Menguasai Ilmu Psikologi KlinisIlmu Psikologi Klinis – Cabang ilmu psikologi di bagi menjadi banyak jenisnya, mulai dari psikologi sosial, perkembangan, industri, pendidikan, dan klinis. Antara satu bidang dan bidang lainnya sebenarnya masih memiliki keterkaitan karena sifatnya ilmu psikologi adalah membahas tentang manusia dan segala pernak-perniknya.

Terkadang banyak sekali orang yang ingin menguasai ilmu psikologi merasa mampu menguasai ilmu psikologi hanya dari membaca di internet. Padahal banyak sekali yang dipaparkan justru menyesatkan para pembacanya. Banyak sekali tulisan yang dibuat bukan dari ahlinya atau orang yang “hanya pintar menulis” namun kurang begitu tau esensi yang dikandungnya. Banyak pula tulisan yang justru mengandung pseudoscience, yaitu ilmu yang bukan ilmiah namun dianggap ilmiah. Salah satu yang paling popular adalah kepribadian lewat golongan darah, membaca kepribadian lewat garis tangan dan lain sebagainya.

Untuk itu perlu sekali belajar pada sumber yang lebih terpercaya, salah satunya adalah buku panduan yang memang ditulis oleh para ahli psikologi. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas buku-buku panduan yang dapat menjadi sumber referensi jika anda ingin menguasai ilmu psikologi bidang klinis.

7 Buku Psikologi Yang Akan Membawamu Menguasai Ilmu Psikologi Klinis

  1. Psikologi Umum 1 Dan 2

Buku psikologi umum ini adalah buku pakem yang memang harus anda miliki dan pelajari. Karena di dalam buku ini ibaratnya adalah sebagai pondasi penguat keilmuan psikologi anda. Buku ini membahas beberapa pembahasan kunci dan dasar keilmuan psikologi. Sangat di anjurkan anda untuk memiliki ke 2 buku seri wajib psikologi umum ini, sebagai panduan untuk memahami permasalahan psikologi yang ada di sekitar kita

  1. Buku Psikologi Perkembangan

Buku kedua yang harus anda miliki agar dapat menguasai ilmu psikologi klinis yaitu adalah buku psikologi perkembangan. Buku psikologi perkembangan ini, di butuhkan dalam memahami penanganan psikologi. Hal ini di butuhkan karena setiap manusia yang bertumbuh kembang akan selalu berubah kondisi psikologisnya. Mulai dari kematangan emosi, dan juga tugas-tugas perkembangan.

  1. Biopsikologi

Buku biopsikologi adalah dasar dari keberfungsian organ tubuh dalam kaitannya dengan kondisi psikologis yang ada. Oleh sebab itu memahami gangguan psikologis terkadang tak sebatas disandarkan pada aspek masa lalu, lingkungan, dan kondisi jiwanya saat ini. Melainkan hal-hal yang bersifat fisik khususnya otak juga mempengaruhi seseorang mengalami gangguan secara psikologis.

  1. Psikologi Abnormal

Buku psikologi abnormal adalah buku yang membahas mengenai beberapa fenomena perilaku atau kondisi yang tergolong abnormal. Buku psikologi abnormal ini memiliki dua jilid, yaitu jilid satu dan juga jilid dua. Memahami beberapa ilmu yang di bahas dalam buku psikologi abnormal ini akan membantu anda untuk dapat mendeteksi gejala-gejala dari klien yang datang terhadap anda nantinya pada saat anda menjadi professional psikolog.

  1. Psikologi Kognitif

Buku ini sebenarnya buku yang dapat dimanfaatkan pula, jika anda menginginkan untuk mengambil spesialisasi di bidang pendidikan. Karena aspek-aspek dari kognitif juga mempengaruhi seorang anak dapat menerima atau kesulitan dalam proses pembelajaran. Pentingnya seorang psikolog bidang klinis menguasai ilmu psikologi kognitif ini berkesinambungan pula dengan penguasaan pada buku biopsikologi.

  1. Psikologi Kepribadian

Psikologi Kepribadian

Bisa di bilang psikologi kepribadian adalah senjata dasar para mahasiswa psikologi strata satu. Psikologi kepribadian ini juga menjadi salah satu fondasi dasar dalam jurusan psikologi. Karena memang ciri khas dari ilmu psikologi yang dikenal oleh orang pada umumnya adalah ilmu membaca kepribadian.

  1. Handbook Of Psychological Assessment

Nah ini dia rahasia pamungkas dari menguasai ilmu psikologi klinis. Bagi anda yang memang ingin menjadi seorang psikolog, buku ini adalah buku yang “super wajib” untuk di kuasai. Hal ini karena berkaitan dengan teknik-teknik atau pendahuluan anda nantinya dalam menangani seorang klien yang ingin berobat kepada anda. By: Muhamad Fadhol Tamimy


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia