Ini Dia Beberapa Mata Kuliah Jurusan Psikologi (Bagian Kedua)Setelah mengetahui sedikit mengenai mata kuliah jurusan psikologi yang diposting pada post sebelumya seperti dalam artikel ” Kuliah Jurusan Psikologi. Apa Yang Akan Dipelajari Disini?” , berikut ini akan kami lanjutkan mengenai mata kuliah jurusan psikologi yang akan dipelajari apabila anda memutuskan untuk masuk ke dalam kuliah jurusan psikologi.

  1. Psikologi Abnormal

Psikologi abnormal memiliki kaitan yang erat dengan fenomena psikologi klinis. Mata kuliah jurusan psikologi ini mempelajari tentang berbagai macam gangguan klinis pada manusia, dan membicarakan tentang kondisi abnormal yang terjadi pada manusia.

  1. Kode Etik Psikologi

Tentu saja psikologi juga memiliki kode etik sendiri, layaknya bidang profesi lain seperti dokter, hakim, pengacara, dan lain sebagainya. Dalam mata kuliah ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh lulusan psikologi ataupun praktisi psikologi, mulai dari malpraktek, hingga kerahasiaan klien.

  1. Statistik

Jangan kira masuk ke dalam fakultas psikologi, kita tidak akan bertemu dengan rumus dan angka-angka. Statistik adalah satu-satunya mata kuliah yang berhubungan dengan angka di dalam kuliah jurusan psikologi. Statistik ini nantinya dikembangkan juga ke dalam mata kuliah psikometri, pengembangan alat ukur, dan juga metode penelitian kuantitatif.

  1. Filsafat

Bisa dibilang, filsafat adalah dasar dari semua ilmu. Karena itu hampir semua jurusan kuliah memiliki mata kuliah yang satu ini. Di dalam mata kuliah filsafat ini kita akan belajar mengenai berbagai pandangan para filsuf tentang ilmu pengetahuan, pengembangan ilmu pengetahuan, dan belajar untuk berpikir lebih kritis, sesuai dengan ciri khas dari ilmu filsafat itu sendiri.

  1. Metode Penelitian

Mata kuliah ini terdiri dari dua macam, yaitu metode penelitian kuantitatif dan juga metode penelitian kualitatif. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus dilalui sebagai bekal penulisan ilmiah seperti skripsi, thesis, disertasi, dan penelitian umum lainnya.

  1. Psikologi Anak Khusus

Merupakan mata kuliah jurusan psikologi yang mempelajari tentang kondisi anak berkebutuhan khusus. Dalam mata kuliah ini kita akan dikenalkan dengan apa itu anak berkebutuhan khusus, jenis gangguan dan masalah pada anak berkebutuhan khusus hingga bagaimana menghadapi anak berkebutuhan khusus ini.

  1. Observasi dan Wawancara

Observasi dan wawancara merupakan mata kuliah yang diadakan untuk meningkatkan kompetensi sebagai seorang sarjana psikologi. Observasi dan wawancara adalah “senjata” utama dari ilmu psikologi, dimana banyak teori yang dikembangkan dari hasil observasi dan wawancara. Asesmen psikologi pun menggunakan teknik observasi dan wawancara untuk melihat kondisi psikologis seseorang.

  1. Psikologi Eksperimen

Eksperimen merupakan suatu metode penelitian kuantitatif yang juga banyak digunakan dalam pengembangan ilmu psikologi. Psikologi eksperimen mempelajari tentang bagaimana membuat desain atau rancangan penelitian eksperimen yang baik guna mendapatkan hasil yang optimal dan sesuai dengan harapan. Mata kuliah jurusan psikologi ini cukup membantu bagi anda yang ingin melakukan eksperimen, misalnya mengaplikasikan intervensi psikologis kepada kelompok tertentu.

Nah, itu adalah lanjutan dari mata kuliah jurusan psikologi yang nantinya akan anda temui. Jadi, siapkan diri anda untuk menghadapi mata kuliah tersebut, dan selamat belajar psikologi. By: Muhamad Fadhol Tamimy


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia