Ini Dia Beberapa Hal Yang Bisa Menyebabkan Anda Sulit Lolos Tes Masuk KerjaTes masuk kerja atau seleksi dan rekrutmen calon karyawan mungkin merupakan sebuah proses yang menegangkan, karena tidak selalu lolos untuk diterima menjadi seorang karyawan. Banyak orang, mungkin termasuk anda seringkali tidak lolos dalam proses tes masuk kerja, padahal anda merasa sudah melakukan proses interview kerja dan juga mengerjakan tes masuk kerja dengan baik dan optimal. Lalu apa saja hal yang menyebabkan anda sulit lolos tes masuk kerja? Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab anda sulit untuk lolos tes kerja :

  1. Mengerjakan tes yang kurang optimal

Anda mungkin merasa bahwa anda sudah mengerjakan psikotes masuk kerja dengan baik, optimal, atau bahkan sudah memahami bagaimana cara menjawab tes seleksi masuk kerja. Namun demikian, ternyata, hasilnya berkata lain. Ada kemungkinan hasil tes yang anda kerjakan tidak optimal, sehingga hal ini menjadi salah satu pertimbangan dari bagian HRD untuk tidak meloloskan anda ke tahap berikutnya.

  1. Job spec yang tidak sesuai dengan keahlian anda

Salah satu hal yang seringkali menjadi penyebab anda sulit lolos tes masuk kerja adalah karena job spec yang tidak sesuai dengan kemampuan dan keahlian anda. pekerjaan tersebut membutuhkan pengalaman minimal 2 tahun, sedangkan anda belum pernah bekerja, atau baru bekerja selama 6 bulan saja. Hal ini jelas sekali akan menjadi penghambat anda dalam diterima sebagai karyawan di suatu perusahaan.

  1. Kalah saing dengan kandidat lain

Hal lainnya yang menjadi penyebab anda sering gagal dan tidak lolos wawancara kerja dan tes masuk kerja adalah karena kalah bersaing. Kompetensi yang anda miliki mungkin saja jauh atau kurang apabila dibandingkan dengan kandidat lainnya. Tentu saja suatu perusahaan ingin seorang kandidat atau calon karyawan yang memiliki kemampuan terbaik bukan? Karena itu, mulai saat ini anda harus mampu untuk mengasah kompetensi anda sebaik mungkin agar tidak kalah bersaing dengan kandidat lainnya.

  1. Anda kurang berpikir positif

Terkadang, pikiran bisa mempengaruhi apa yang akan anda peroleh di masa yang akan datang. Ketika proses rekrutmen dan wawancara kerja berlangsung, anda mungkin sering merasa minder, ataupun merasa bahwa anda takut tidak diterima. Pikiran-pikiran seperti ini terkadang memiliki peran yang besar, dan malah menyebabkan anda benar-benar tidak diterima di perusahaan tersebut. Karena itu, penting sekali untuk terus dan selalu berpikir positif saat mengikuti proses seleksi dan rekrutmen, supaya anda bisa mendapatkan hasil yang positif.

  1. Standar gaji yang terlalu tinggi

Beberapa orang mungkin mematok standar gaji yang terlalu tinggi. dan bukan tidak mungkin anda juga menetapkan standar gaji yang terlalu tinggi. standar gaji yang terlalu tinggi, apalagi pada seorang fresh graduate, akan sangat menghambat proses penerimaan kerja. Karena itu dalam proses wawancara kerja, bijaklah dalam menetapkan harapan gaji yang akan anda peroleh. Jangan terlalu besar, karena anda memang adalah seorang fresh graduate yang belum berpengalaman.

Nah, itu adalah 5 hal yang mungkin menjadi penyebab anda seringkali tidak lolos dalam tes masuk kerja. 5 hal tersebut memang tidak bersifat mutlak, artinya bukan berarti anda pasti tidak akan lolos kerja karena 5 hal tersebut, namun demikian, kelima hal tersebut memiliki peran yang cukup besar dalam menyebabkan anda menjadi sering tidak lolos tes masuk kerja. Psikologi Mania