Ini Dia Beberapa Gangguan Psikologis Yang Umum Terjadi Pada RemajaRemaja merupakan salah satu fase kehidupan yang rentan dan umum mengalami gangguan psikologis, mulai dari ringan hingga berat. sebagai masa atau fase transisi dari anak-anak menuju dewasa, maka akan banyak sekali muncul gejolak dan perubahan yang harus dihadapi pada masa remaja. Nah, berikut ini adalah beberapa gangguan psikologis yang umum muncul pada masa-masa remaja :

Gangguan Psikologis Remaja

  1. Juvenile Delinquency

Bahasa mudahnya adalah kenakalan remaja. Kenakalan remaja merupakan gangguan psikologis yang umum muncul pada masa remaja. Gangguan psikologis berupa kenakalan remaja ini biasanya memiliki karakteristik yang mengarah kepada gangguan kepribadian antisosial, ataupun conduct disorder. Pokoknya, masalah kenakalan remaja seperti tawuran, mencuri, berbohong, membolos, dan perbuatan melawan hukum atau aturan lainnya adalah masalah yang umum terjadi pada masa-masa remaja. Jadi, wajar saja sebenarnya seorang remaja melakukan hal ini, karena memang umum terjadi

Yang harus dilakukan adalah mendidik remaja dengan lebih baik, supaya tindakan kenakalan remaja yang muncul bisa diminamilisir dan juga tidak menimbulkan kerugian yang besar bagi banyak pihak.

  1. Gangguan Makan

Remaja baik laki-laki maupun perempuan sama-sama memiliki role model ideal mereka. Bisa dari artis, orangtua, atau orang lain yang populer. Kebanyakan, role model yang dikagumi memiliki bentuk tubuh yang ideal. Hal ini membuat banyak remaja ingin memiliki bentuk tubuh yang lebih baik, dan merasa tidak puas dengan kondisi fisik mereka saat ini.

Inilah yang kemudian memunculkan gangguan makan. Bulimia dan anoreksia adalah gangguan makan yang umum dan sering sekali muncul pada remaja. Mereka berusaha mati-matian untuk mendapatkan tubuh ideal, atau minimal mendapatkan bentuk tubuh yang menurut mereka kurus dan menarik.

  1. Gangguan Kecemasan

Remaja juga memiliki resiko yang cukup tinggi mengalami gangguan psikologis berupa kecemasan. Salah satunya adalah gangguan kecemasan berupa fobia. Beberapa kondisi remaja membuat diri mereka merasa takut dan cemas ketika dihadapkan pada suatu hal ataupun situasi tertentu.

Masalah phobia dan gangguan kecemasan ini baiknya harus diselesaikan agar tidak mengganggu masa depan mereka. Remaja yang mungkin mengalami phobia seperti social phobia, mungkin akan kesulitan mendapatkan pekerjaan, begitu juga dengan gangguan kecemasan yang lainnya.

  1. Kebingungan Identitas

Masa remaja adalah masa pencarian identitas. Namun, banyak juga remaja yang gagal memenuhi tuntutan tugas perkembangan ini, dan mengalami gangguan psikologis berupa kebingungan identitas. Mereka akan bingung, sebenarnya siapa aku ini? Apa yang harus aku lakukan untuk menatap masa depanku? Atau bingung akan keinginan dan tujuan hidup yang akan dicapai. Remaja yang belum memiliki cita-cita bisa jadi mengalami gangguan psikologis berupa kebingungan identitas.

Nah, itu adalah 4 gangguan psikologis yang umum dan sering terjadi pada masa remaja. Namun demikian, bukan berarti masalah dan gangguan psikologis lainnya tidak akan muncul pada masa remaja. Gangguan psikologis lainnya juga mungkin saja dapat muncul pada masa remaja, semua tergantung bagaimana remaja tersebut memaknai dan menjalankan hidup mereka sendiri. Karena ada atau tidaknya gangguan psikologis, semuanya bisa dipengaruhi oleh bagaimana para remaja ini menjalani hidup mereka. By: Muhamad Fadhol Tamimy