Ini Dia 7 Cara Mempertahankan hubungan Agar Tetap LanggengCara Mempertahankan hubungan  – menjalin hubungan yang baik tentu saja merupakan harapan semua orang bukan? Tentu tidak ada yang menginginkan agar hubungannya dengan pasangan rusak dan harus berakhir begitu saja. Karena hubungan yang telah di jalin merupakan sebuah perjuangan, baik itu waktu, kesempatan, dan juga tak jarang mengorbankan tenaga hingga dana. Penting untuk mencari cara mempertahankan hubungan dengan baik, manakala hubungan yang dilalui tersebut mengalami dilema dan badai yang menerjang.

Karena itu dibutuhkan banyak hal untuk menjaga hubungan agar tetap baik dan lancar. Ada banyak sekali tips dan cara mempertahankan hubungan di media – media khususnya internet. Selain itu juga hal-hal penting yang harus dibutuhkan agar hubungan anda dengan pasangan berjalan dengan baik, lancar, dan mampu bertahan dengan lama. Misalnya saja keterbukaan diri terhadap pasangan, kuatnya rasa cinta, dan masih banyak lagi.

7 Cara Mempertahankan hubungan

Susan Whitbourne, dalam psychologytiday.com mengatakan bahwa ada 7 kunci utama dalam relasi dengan pasangan anda. 7 kunci utama ini di yakini sebagai Cara Mempertahankan hubungan yang mana cara tersebut akan dapat membantu anda dalam menjalin hubungan yang kondusif, romantis baik, dengan pasangan anda. Berikut ini adalah 7 kunci menjalin hubungan yang baik dengan pasangan, yang dikemukakan oleh Whitbourne:

  1. Komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik mencakup bagaimana anda mampu untuk mendengarkan pasangan anda, saling bertukar pikiran, dan menghindari agar tidak terlalu kritis dengan pasangan anda.

Dengan membina komunikasi maka potensi skat – skat kekakuan dalam mengutarakan kekecewaan, harapan dapat tersampaikan dengan baik. Dengan penyampaian hal – hal tersebut harapannya tidak ada lagi kekecewaan yang mengendap dalam sebuah sikap hubungan rumah tangga.

Beberapa hal yang menjadi penyebab perceraian, salah satunya adalah disebabkan oleh kurang baiknya komunikasi yang terjadi di antara kedua belah pihak pasangan. Mereka lebih memilih diam dan menunggu siapa yang membuka komunikasi terlebih dahulu. Padahal jika mampu sedikit saja meredakan emosi di antara kedua belah pihak dan bersedia membuka komunikasi, maka kebahagiaan dalam menjalin hubugan pun akan di dapatkan.

Mempertahankan hubungan dengan membuka komunikasi pun dapat pula di aplikasikan dalam sistem pemerintahan maupun keorganisasian di seluruh instansi swasta, kemasyarakatan, hingga kemahasiswaan. Tentu bukan rahasia lagi bukan, jika hubungan antara masyarakat saat ini dengan negara memperlihatkan beberapa kecendrungan yang tidak sehat, hal tersebut patut di duga oleh kegagalan dalam membuka komunikasi. Kemirisan dalam berkomunikasi ini pun juga tercermin dalam pola komunikasi pemerintah dengan media yang dituduh sarang radikal yang sebenarnya media-media yang di blokir adalah beberapa media yang kritis penyampai komunikasi rakyat, hingga akhirnya beberapa jembatan komunikasi yang di usung tersebut disalah artikan oleh pemerintah hingga akhrinya terjadi pemblokiran dengan tuduhan radikal.

  1. Resolusi konflik

Cara Mempertahankan hubungan yang kedua adalah melakukan resolusi konflik bersama. Resolusi konflik terfokus pada bagaimana anda dan pasangan anda tetap fokus pada topik dan menghindari untuk saling mengungkit masa lalu, serta kemauan untuk meminta maaf, dan juga memaafkan. Saling memaafkan sama artinya dengan sebuah sikap saling mengikhlaskan dan mencari jalan temu bersama, mencari penyelesaian konflik secara bersama demi kemajuan cinta kasih di antara pasangan.

  1. Memahami pasangan

Cara Mempertahankan hubungan yang selanjutnya adalah dengan memahami pasangan. Sebagai pasangan, anda harus memahami pasangan anda, misalnya hal yang disukai oleh pasangan anda, mengetahui hobby, dan juga perhatian dengan pasangan anda. misalnya, selalu ingat ulang tahun pasangan anda.

Pasangan akan lebih tersanjung jikalau anda berinisiatif untuk mencari hal-hal yang di sukai ataupun tidak di sukai tanpa menanyakan padanya. Melainkan anda peka pada beberapa perubahan yang terjadi, atau menanyakan hal tersebut langsung pada kedua orang tua pasangan, ataupun sahabat dekat dari pasangan anda.

  1. Life skills

Cara Mempertahankan hubungan yang ke empat adalah life skils. Life skills dalam mempertahankan dan menjalin hubungan yang baik dengan pasangan mencakup bagaimana anda dan pasangan anda mampu me-manage hidup anda dengan baik. Seperti misalnya mengatur keuangan, tetap sehat dan kuat secara fisik, maupun mental..

  1. Self-management

Self management lebih berfokus kepada memahami diri anda sendiri, namun tetap bertujuan supaya hubungan anda dan pasangan anda tetap berjalan dengan baik. Self-management termasuk dari memahami kekuatan dan kelemahan diri anda , mengidentifikasi dan mencapai goal anda, dan memahami bagaimana cara mengatasi kelemahan yang anda miliki.

  1. Keintiman

Keintiman juga sangat penting dalam menjalin hubungan yang baik dengan pasangan anda. saling perhatian dan fokus pada kepuasan masing-masing pasangan, selalu terlihat menarik di hadapan pasangan anda, dan juga menjaga agar hubungan seksual tetap terjaga (bagi yang sudah menikah).

Hindari berfokus pada penggunaan gadget saat anda sedang bersama pasangan anda, karena hal tersebut mengurangi keintiman yang kalian berdua rasakan. Hal tersebut juga memicu konflik, manakala yang seharusnya menjadi quality time berdua, namun anda justru sibuk beraktivitas chat dengan teman anda di luar sana. Selain menjengkelkan pasangan, hal tersebut sangat tidak etis. Terlebih anda justru fokus bermain game di waktu quality time anda berdua.

  1. Manajemen stress

Dan yang terakhir dalam Cara Mempertahankan hubungan adalah dengan melakukan manajemen stress. Ternyata, manajemen stress juga sangat penting dilakukan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pasangan anda. Ketika anda mampu untuk melakukan manajemen stress dengan baik, maka hal ini akan sangat efektif untuk membantu menjalin hubungan yang baik dengan pasangan anda.

Di tengah kehidupan yang serba menuntut seseorang melakukan banyak hal, tentu hal-hal sepele dapat memcu stress anda dan pasangan anda. Hingga stress yang anda berdua rasakan dapat berpotensi mengundang konflik. Namun jika anda dapat melakukan manajemen stress dengan baik maka anda akan berhasil dalam melewati keadaan menekan yang tengah di rasakan.

Itulah Ke-7 kunci utama dalam menjalin hubungan yang baik dengan pasangan anda tersebut dan penelitian ini telah tercantum di dalam ELCI, atau Epstein Love Competence Inventory. Dari hasil penelitian dan pengembangan dari ELCI, yang dilakukan pada sejumlah 2000 pasangan dewasa, yang mana hal tersebut diketahui bahwa ada dua hal yang sangat penting, yang harus ada untuk menjalin hubungan yang baik dengan pasangan anda. kedua hal itu adalah komunikasi dan juga saling memahami di antara kedua pasangan.

Jadi, apakah anda sudah berhasil menjaga hubungan dengan pasangan anda, dan menjalin hubungan baik dengan pasangan anda?  Ingat tak hanya pasangan, dengan menerapkan ke tujuh cara ini anda pun dapat memperbaiki hubungan di manapun anda berada, dan tak terbatas oleh ruang dan waktu. Kalau belum, mungkin anda bisa mengembangkan ke-7 kunci menjalin hubungan yang baik dengan pasangan yang sudah dibahas tersebut. selamat mencoba. by: Eduardus Pambudi di edit Muhamad fadhol Tamimy


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia