Inilah Akibatnya Apabila Terlalu Keras Mendidik AnakTerlalu Keras Mendidik Anak .Banyak orangtua yang pastinya ingin agar anaknya bisa menjadi anak yang sukses dan juga berguna bagi siapapun. Siapa sih yang tega melihat masa depan anaknya menjadi suram dan juga tidak jelas? Untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi, maka pendidikan terhadap anak pun wajib digalakkan dengan tepat. Namun demikian, banyak orangtua yang masih belum paham dengan kondisi ini, dan malahan terlalu keras mendidik anak. Padahal, mendidik anak terlalu keras, bisa menimbulkan dampak yang kurang baik loh bagi anak – anak anda. Anda sebagai orangtua ataupun pengasuh pun harus paham batas maksimal anak – anak, sehingga anda tidak terlalu keras dalam mendidik anak.

 

Ini Akibatnya Apabila Terlalu Keras Mendidik Anak

 

Apa dampak dari terlalu keras mendidik anak?

Dampak dari mendidik anak terlalu keras bisa dilihat dari dua sisi, yaitu sisi positif dan juga sisi negatifnya. Pertama – tama, berikut ini adalah beberapa dampak positif bagi anak apabila anda terlalu keras mendidik anak :

  1. Anak menjadi lebih mandiri

Pendidikan yang keras dapat membantu anak menjadi lebih mandiri. Anak bisa berusaha untuk mencapai segala sesuatu dengan usaha sendiri. Selain itu, anak – anak juga akan tidak terlalu tergantung dengan orangtua ataupun pengasuhnya karena sudah diberi pendidikan yang keras.

  1. Mental anak menjadi lebih kuat

Pendidikan yang keras sebenarnya merupakan pendidikan yang tepat untuk membentuk mental anak. Namun demikian, tetap harus melihat batasan batasan yang dimiliki oleh si anak. Hal ini akan membuat si anak terbiasa dengan perlakuan yang “keras” sehingga akan membantu membentuk mental serta kepribadian yang lebih kuat, dan juga tangguh.

  1. Anak – anak memiliki kemauan yang keras, sehingga dapat berusaha lebih keras untuk mencapai sesuatu

Pendidikan yang keras dapat membantu anak mencapai tujuannya, karena anak – anak dibiasakan untuk bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu. Hal ini akan membuat si anak menjadi individu yang pantang menyerah dan juga memiliki kemauan yang kuat.

Namun demikian, ada juga dampak negatif dari terlalu keras mendidik anak. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa dampak negatif akibat terlalu keras mendidik anak :

  1. Konsep diri si anak akan menjadi buruk

Konsep diri merupakan salah satu hal penting yang harus dimilik individu. Konsep diri atau self concept adalah persepsi atau pemahaman individu mengenai dirinya sendiri. Pendiikan yang terlalu keras dan berlebihan bisa menyebabkan konsep diri si anak menjadi rendah dan memburuk, sehingga bisa menyebabkan si anak merasa bahwa dirinya selalu salah, jelek, dan juga tidak berguna di lingkungannya.

  1. Muncul luka batin pada anak

Luka batin bisa muncul dari situasi apapun, dan dari siapapun, tidak terkecuali dari orangtua, pengasuh, dan juga orang terdekat anak. Ketika anda mendidik anak terlalu keras, hal ini bisa menyebabkan si anak memiliki luka batin yang dipendam. Luka batin yang terpendam ini bisa menyebabkan adanya pengalaman traumatis pada anak yang membuat si anak bisa mengalami berbagai macam masalah dan juga gangguan dari sisi psikologisnya.

  1. Anak akan melampiaskan perlakuan terhadap dirinya ke orang lain, atau sebaliknya

Ketika anda mendidik anak terlalu keras, maka sang anak tidak akan bisa melawan anda. Namun demikian, hal ini malahan akan menyebabkan si anak melampiaskan perlakuannya ini ke orang lain, atau sebaliknya, si anak akan terus – terusan menjadi korban. Misalnya, anda mendidik dengan menggunakan permainan fisik, seperti memukul, si anak bisa saja menjadi seorang pembully di lingkunganya.

Nah, itu adalah beberapa akibat atau dampak yang bisa muncul ketika anda terlalu keras mendidik anak. Semoga informasi ringan ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima Kasih.

 

By : Muhamad Fadhol Tamimy