Informasi Seputar Parenting Bagaimana Memberikan Dampak Positif Pada AnakInformasi Seputar Parenting. Membicarakan peran orang tua dalam sebuah kehidupan memang tidak akan pernah ada habisnya. Membicarakan apa yang harus menjadi tanggung jawab mereka kepada anak-anak mereka, membicarakan apa yang harus mereka siapkan untuk masa depan mereka, dan tentu saja bagaimana mereka menyiapkan anak-anak dengan pribadi yang merdeka dan bertanggung jawab atas diri mereka masing-masing.

Informasi Seputar Parenting

Belum lagi jika membicarakan tentang keluh kesah dan kesulitan-kesulitan para orang tua baru maupun lama. Keluh kesah mereka tentang masalah-masalah yang mereka hadapai ketika anak-anak marah atau sedang uncontrol. Tak jarang mereka akhirnya menjadi emosi dan melampiaskannya pada anak-anak dan menyesali apa yang sudah dilakukan pada akhirnya. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menjadi orang tua yang mampu memberi dampak positif bagi anak-anak Anda.

  1. Diskusi dan Negosiasi

Ajarkan anak duduk bersama untuk membuat rencana-rencana yang akan Anda lakukan atau akan Anda kerjakan bersama keluarga yang melibatkan mereka. Ajak mereka untuk terlibat dengan pembicaraan berupa diskusi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan dan jangan lupa berikan ruang bagi anak-anak Anda untuk bernegosiasi tentang hal mana yang mereka inginkan dan tidak inginkan.

Jangan biarkan mereka merasa terpaksa untuk melakukan kegiatan yang mereka tidak suka dan jangan biarkan mereka marah kepada Anda hanya karena Anda tidak pernah mendengar pendapat dan tidak pernah berdiskusi dengan mereka.

  1. Menanam Nilai Kehidupan

Tanamkan pada anak-anak tentang nilai-nilai kehidupan yang harus mereka miliki seperti saling mengasihi, saling memaafkan, dan tidak membeda-bedakan. Hal ini penting agar mereka memahami apa yang harus mereka lakukan dalam kehidupan dewasa mereka kelak. Ajarkan nilai-nilai kehidupan pada mereka sesaat sebelum mereka tidur. Dengan begitu, pikiran mereka akan menerima infomasi lebih cepat dan tepat. Ajarkan dengan suara yang lemah lembut sehingga apa yang Anda sampaikan dapat mereka simpan dalam memori mereka dengan baik.

  1. Menjadi Contoh

Anak-anak adalah makhluk pencontoh yang paling unggul, dalam lima atau sepuluh menit mereka dapat menirukan apa yang pernah orang tua lakukan dan ucapkan. Oleh karena itu, selalu berhati-hati ketika bicara atau melakukan sesuatu di hadapan mereka.

Oleh kerena mereka adalah peniru yang unggul, maka Anda diharuskan memberikan contoh nyata di hadapan mereka seperti berkata “tolong”, meminta maaf, berterima kasih, menegur seseorang atau memberikan apa yang Anda miliki untuk orang lain. Contoh nyata akan lebih mudah tersimpan dalam pola pikiran mereka dan akan tersimpan dengan taktis. Hal ini akan sangat membantu pertumbuhan psikologi mereka menjadi pribadi yang positif.

Benar adanya jika anak-anak adalah ibarat kertas putih yang akan kita tentukan tulisan dan warnanya. Oleh karena itu, mari menjadi orang tua yang positif agar anak-anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang positif. By Tri Indarti | Baca Juga artikel sebelumnya Hal Seputar Parenting Bagaimana Menjadi Orang Tua Yang Baik