Info Pendidikan Psikologi dan Seputar Gangguan PhilophobiaNama : Ilalang
E-mail : ilalxxx@gxxl.com
Judul : Info tentang Philophobia & info pendidikan
Isi Konsultasi : Assalamu\’alaikum Selamat sore Nama saya ilalang. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan: 1. penjelasan tentang Philophobia? ( setahu saya tentang phobia jatuh cinta ) tentang ciri2, penanganan, akar permasalahnnya biasanya apa, apa ada komunitas atau health center untuk para penderitanya? buku referensi/artikel mungkin

2. Ada teman saya yg sudah lulus kuliah D3 jurusan manajemen kira-kira bisa tidak untuk melanjutkan ke S1 tapi jurusan Psikologi, karena ternyata minatnya di sana? Maaf merepotkan. Sebelumnya terima kasih. ^_^

 

Jawaban: untuk philophobia Philophobia adalah salah satu bentuk dari phobia spesifik, yang artinya rasa takut atau phobia yang dialami oleh seseorang itu terspesifikasi bentuknya. Misalnya saja takut atau phobia terhadap ular, binatang melata, air, wanita, dan juga tentu saja takut terhadap cinta dan takut untuk jatuh cinta.

Yap, Philophobia merupakan salah satu bentuk phobia spesifik dimana mereka yang mengalami hal ini merasa takut untuk merasakan dan melihat segala hal yang berhubungan dengan cinta. Seperti takut untuk jatuh cinta, takut untuk menjalin hubungan dekat dengan orang lain, dan takut akan segala hal yang berhubungan dengan cinta.

Biasanya, mereka yang mengalami phobia terhadap cinta ini, banyak menghindari hal-hal dan juga aktivitas yang menunjukkan rasa cinta, seperti misalnya pacaran, memeluk, mencium, menggandeng tangan, merangkul, dan hal lainnya yang berhubungan dengan ungkapan dan luapan perasaan cinta, baik pada keluarga, lawan jenis, pasangan, dan sebagainya.

Mereka yang mengalami Philophobia memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk tidak menikah dan tidak memiliki keturunan, atau apabila mereka menikah, mereka biasanya jarang berkomunikasi dengan pasangannya.

Untuk lebih lengkapnya bisa di baca artikel psikoma yang berjudul Gangguan Philophobia, Sebuah Gangguan Yang Membuat Anda Takut Untuk Jatuh Cinta

Untuk penjurusan psikologi dari D3 akan lebih baik baik untuk mendaftar ulang psikologi starata 1, karena di sebagian besar universitas psikologi, tidak bisa melanjutkan dari D3 non psikologi ke jurusan psikologi, terkecuali dari strata satu yang non Psikologi, ingin mengambil jurusan Magister psikologi. Semoga menjadi bahan pertimbangan.

Psikologi Mania