Id, Ego dan Super Ego, 3 Struktur Yang Membentuk ManusiaSTRUKTUR YANG MEMBENTUK MANUSIA . Sigmund Freud merupakan salah satu tokoh psikologi yang mengenalkan banyak sekali teori – teori hebat dalam dunia psikologi. Salah satu teori terkenal yang dikemukakan oleh Freud adalah teori mengenai struktur ego, yang membentuk manusia. Ada 3 struktur yang membentuk manusia, baik kepribadian sifat, perilaku, dan lain sebagainya. Yuk berkenalan dengan 3 struktur yang membentuk manusia ini.

Id, Ego dan Superego, 3 Struktur Yang Membentuk Manusia

Pertama: Id

ID merupakan struktur pertama yang dikemukakan oleh Freud. Id merupakan struktur yang membentuk adanya kebutuhan dasar pada tiap – tiap manusia. Kebutuhan untuk makan, minum, hidup sejahtera, kebutuhan se__ks__ual, dan juga kebutuhan – kebutuhan utama lainnya dari manusia dibentuk oleh struktur Id ini.

Id seringkali mendominasi manusia, berupa impuls – impuls atau dorongan tertentu, yang menyebabkan seseorang melakukan segala sesuatu untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Misalnya ketika lapar, seseorang yang dikuasai oleh struktur Id ini akan melakukan segala cara untuk bisa makan, mulai dari meminta makanan hingga merampok untuk membeli makanan.

Kedua: Ego

Struktur kedua yang membentuk manusia adalah Ego. Ego merupakan struktur yang bekerja untuk memenuhi Id, namun dengan cara – cara tertentu. Ketika seseorang mulai merasakan lapar dan membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, maka Ego akan bekerja supaya kebutuhan ini bisa dipenuhi.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ketika Id atau dorongan dalam diri seseorang terlalu kuat, maka Ego akan mengikuti kemauan Id, sehingga bisa menyebabkan seseorang melakukan berbagai macam tindakan, baik itu tindakan yang benar maupun salah untuk memenuhi kebutuhannya. Ibarat sebuah mobil, ego hanyalah sebagai mesin, yang bekerja dengan dikendalikan oleh pengemudinya. Sedangkan pengendalinya adalah Id dan juga SuperEgo

Ketiga: Superego, si penengah

Superego tampil sebagai penengah dan juga pengontrol, supaya ego tidak dikendalikan penuh oleh Id. Superego berhubungan dengan norma dan juga moral serta aturan – aturan yang berlaku di masyarakat. Misalnya, ketika seseorang ingin mencuri makanan, maka superego akan menahannya, dan mengatakan bahwa hal tersebut tidak baik untuk dilakukan.

Dalam film kartun, anda pernah melihat konflik pada tokoh utama, dan menampilkan setan dan juga malaikat bukan? Nah, setan ada tokoh kartun bisa diibaratkan sebagai Id, yang kebutuhannya harus segera dipenuhi, sedangkan malaikat bisa menjadi representasi dari Superego, yang menjadi penengah dan memberikan nasihat terkait kebutuhan yang harus dipenuhi. Idealnya, seseorang haruslah memiliki struktur yang seimbang antara Id dan Superego. Namun demikian, memang hal ini cukup sulit, karena banyak orang yang memiliki impuls yang kuat dan tinggi, sehingga superego yang ditanamkan di dalam dirinya tidak mampu menahan Id yang atau dorongan yang meluap – luap. Hal inilah yang bisa menyebabkan munculnya tindakan – tindakan kejahatan yang melawan norma dan juga nilai – nilai yang berlaku di dalam masyarakat.

Nah, itulah 3 struktur penting yang membentuk manusia, baik kepribadian, perilaku, sikap, dan sebagainya menurut Sigmund Freud.

By : Eduardus Pambudi