Hubungan Cinta Antar Umat ManusiaHubungan Cinta Antar Umat Manusia. Cinta adalah bentuk perasaan yang munculnya selalu memiliki aneka macam rasa. Ia terkadang terasa manis, asin, bahkan pahit nan menyakitkan. Rasa tersebut muncul disbabkan oleh beragam kondisi maupun keadaan yang menjadi pencetus hadirnya. Ketika tak sengaja bertemu di perpustakaan, saling lirik, lalu memutuskan berinteraksi sejenak, hingga muncul cinta.

Atau kisah mengenaskan manakala harus mengejar selama bertahun-tahun bahkan hampir putus asa namun cinta tak hadir pula. Disatu kesempatan yang lain ada pula yang baru saja saling lirik, cinta pun muncul dan bersemi diantara hati calon sejoli. Perasaan cinta tersebut memang penuh misteri di setiap kemunculannya.

Rasa cinta di dalam ilmu psikologi menjelaskan bahwa, cinta merupakan salah satu bentuk konsekuensi terpenting antar pribadi. Pada umumnya cinta ini melibatkan kedua orang yang berbeda jenis kelaminya, pria dan juga wanita.

Sesuatu dapat dikatakan sebagai cinta jika telah memenuhi ke empat elemen syarat, diantaranya adalah pengertian, kepercayaan, kerja sama dan juga pernyataan kasih sayang.

  1. Pengertian

Orang dapat dikatakan saling mencintai apabila keduanya bersedia untuk memberikan pengertian. Saling memberikan pengertian disini mengandung beberapa pengertian yang luas, yaitu mengerti pada hal yang disenangi ataupun yang tidak disenangi. Terkadang aspek pengertian ini membutuhkan pengorbanan di antara keduanya.

  1. Kepercayaan

Kepercayaan adalah salah satu bentuk perwujudan dari cinta. Kedua belah pihak haruslah menjaga agar apa yang telah dilakukan maupun dikatakan membuat pasangan tersebut saling percaya diantara keduanya. Kepercayaan ini perlu untuk ditumbuhkan dengan jalan perilaku yang sesuai antara perkataan dengan perbuatan. Dan hal itu membutuhkan kekontinuan (kekonsistenan).

  1. Kerja Sama

Cinta membutuhkan kerjasama untuk menjaganya. Mereka yang saling mencintai tidak akan menunjukan hubungan yang lama, apabila tidak memiliki sifat saling kerjasama di antara keduanya. Tumbuhkanlah kerjasama ini dengan melakukan hal-hal sederhana, dari hal sederhana tersebut secara perlahan akan membesar dan memunculkan sifat konsisten.

  1. Pernyataan Kasih Sayang

Tak hanya perbuatan saja, namun cinta ini harus di sempurnakan dengan ucapan. Ungkapkanlah meskipun pasangan anda sudah mengetahui, bahwa anda mencintainya. Pernyataan kasih sayang adalah salah satu bumbu perekat hubungan dan semakin memekarkan kasih sayang di antara keduanya.

Hubungan Cinta Antar Umat Manusia terkadang tak selalu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Adakalanya ia baru hadir di saat kita berada pada titip nadir penyesalan. Muhamad Fadhol Tamimy