Hindari Hal-Hal ini Untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik Lagi (Bagian Kedua)

Hindari Hal-Hal ini Untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik Lagi (Bagian Kedua)

November 15, 2016 Off By admin

Hindari Hal-Hal ini Untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik Lagi (Bagian Kedua)Artikel psikologi tentang kesehatan mental kali ini akan membantu anda supaya bisa menjadi orang yang memilik mental yang sehat dan lebih optimal. Seperti diketahui, kesehatan tidak hanya mencakup kesehatan fisik saja, namun juga harus diimbangi dengan aspek sehatnya mental yang optimal.

Tentu akan sangat percuma apabila anda sehat secara fisik, namun anda memiliki mental yang kurang baik, seperti misalnya mudah mengalami stress, atau bahkan mengalami berbagai macam gangguan psikologis ringan hingga berat. Karena itu, ada beberapa hal yang harus anda hindari agar mental anda tetap sehat dan lebih optimal. Berikut ini adalah lanjutan hal yang harus anda hindari untuk mencapai mental yang sehat dan lebih optimal:

Agar Memiliki Kesehatan Mental Yang Baik Hindari Hal Berikut

  1. Malas

Siapa yang tidak pernah merasa malas? Malas adalah hal yang harus dihindari supaya mental anda sehat dan bisa lebih optimal lagi. Bukan berarti anda harus benar-benar menjadi orang yang terlalu rajin. Menjadi orang malas boleh-boleh saja, namun ada batasnya. Jangan sampai rasa malas ini malah akan membuat anda merasa kesulitan dalam menghadapi permasalahan, dan mendominasi diri anda. Hal ini akan menyebabkan kesehatan mental anda terganggu.

  1. Terlalu ambisius

Keinginan mencapai ambisi adalah hal yang sangat penting. Anda harus memiliki keinginan untuk mencapai ambisi supaya hidup anda menjadi lebih berharga dan anda bisa merasa puas dengan pencapaian anda. Namun demikian, jangan sampai ambisi yang anda buat, terlalu tinggi, sehingga membuat anda menjadi orang yang terlalu ambisius. Terlalu ambisius akan membuat anda tidak mampu berpikir jernih, dan tentu saja anda tidak akan bisa mendapatkan mental yang sehat dan lebih optimal apabila anda terlalu ambisius.

  1. Overthinking

Overthinking merupakan hal lainnya yang harus anda hindari supaya anda bisa mengoptimalkan kesehatan mental anda. Overthinking banyak mengarah kepada pikiran-pikiran negatif, seperti salah satunya adalah pesimisme. Overthinking juga dapat menimbulkan rasa cemas yang besar. Ketika anda terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu, anda akan lebih mudah merasa cemas, takut, bahkan mungkin merasa paranoid. Sangat jelas bahwa kecemasan berlebihan, bahkan hingga paranoid adalah salah satu bentuk kondisi kesehatan mental yang kurang baik. Karena itu, anda bisa menghilangkan atau paling tidak menghindari overthinking supaya anda bisa mencapai kondisi kesehatan mental yang lebih optimal.

  1. Terlalu percaya diri

Sebagai manusia, tentunya kita juga harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Namun, rasa percaya diri yang tinggi ini bisa menjadi bumerang bagi anda apabila anda tidak mampu mengontrolnya. Rasa percaya diri yang berlebihan akan menyebabkan anda menjadi orang yang sombong, dan tidak mampu memperhitungkan resiko yang akan muncul. Hal ini bisa menjadi masalah dan membuat kesehatan mental anda terganggu. Maka dari itu, optimalkan kesehatan mental anda dengan cara menghindari sikap terlalu percaya tinggi, atau percaya diri yang berlebihan.

Nah, itu adalah hal-hal yang harus anda hindari apabila anda menginginkan kesehatan mental yang optimal. Ingat, kesehatan mental anda sama seperti kesehatan fisik anda, hanya bisa diperoleh apabila anda berhasil me-manage tubuh dan mental anda dengan baik. Selamat mencoba, dan semoga kesehatan mental anda selalu optimal. By: Eduardus Pambudi | Sebelumnya