Hati-hati Kekurangan Vitamin Ini Meningkatkan Resiko Terkena SchizophreniaResiko Terkena Schizophrenia. Penelitian sebelumnya telah mengaitkan kekurangan vitamin D dengan peningkatan penuaan tulang, risiko yang lebih tinggi dari rasa sakit kronis di kalangan laki-laki dan bahkan meningkatkan kemungkinan kematian dari semua penyebab. Sekarang, sebuah studi baru menunjukkan bahwa orang dengan kekurangan vitamin D berisiko lebih tinggi untuk menderita skizofrenia: gangguan kepribadian yang ditandai dengan halusinasi, delusi, pikiran disfungsional dan gerakan tubuh gelisah.

Para peneliti dari studi terbaru ini, termasuk Ahmad Esmaillzadeh, PhD, dari Isfahan University of Medical Sciences di Isfahan di Iran, berangkat untuk menyelidiki apakah ada hubungan antara kekurangan vitamin D dan skizofrenia.

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang ditemukan dalam makanan tertentu, seperti ikan berminyak. Namun, sumber utama tubuh vitamin D adalah dari matahari.

Menurut tim, skizofrenia lebih umum terdapat di tempat beriklim dingin dengan lintang tinggi. Sejak kadar vitamin D terutama dipengaruhi oleh paparan sinar matahari, inilah dasar penelitian mereka.

Para peneliti menemukan bahwa, dibandingkan dengan peserta yang sehat, individu dengan skizofrenia memiliki tingkat yang jauh lebih rendah dari vitamin D dalam darah mereka.Sekitar 65% dari pasien dengan skizofrenia memiliki kekurangan vitamin D, menurut para peneliti. Subyek dengan defisiensi vitamin D 2.16 kali lebih mungkin untuk memiliki skizofrenia.

Sementara kebanyakan vitamin lain dapat bersumber penuh dari diet seimbang, tapi mendapatkan vitamin D jauh lebih sulit. Berikut adalah lima cara lain untuk meningkatkan tingkat Anda.

  1. Sinar matahari – Jemur lengan Anda di luar ruangan selama 20-25 menit dapat meningkatkan kadar vitamin D Anda – bahkan pada hari berawan.
  2. Ikan yang berminyak — Meskipun sulit untuk mendapatkan dosis harian vitamin D dari makanan saja, ikan berminyak seperti salmon, tuna dan mackerel merupakan sumber. 3-ons salmon dapat menyediakan sekitar 80% dari kebutuhan harian Anda.
  3. Makanan yang Tambahan Vitamin D – Carilah makanan yang ditambahkan dengan vitamin D yang dijual bebas. Baca kmposisinya dan dapatkan vitaminnya.
  4. Telur — terutama kuning telur, bersama dengan memiliki banyak manfaat gizi lainnya, merupakan sumber vitamin D. Satu butir telur mengandung 1mcg vitamin D, sekitar sepersepuluh dari dosis yang dianjurkan.
  5. Hati sapi – Mungkin menu ini kurang populer bagi anak-anak. Cobalah encari menu yang mereka suka dan sisipkan hati sapi di dalamnya. Menu ini kaya protein dan zat besi, dan yang pasti mengandung sekitar 1.2mcg vitamin D. By: Mierza Miranti