Hasil Penelitian: Biarkan Bayi Menangis Agar Tidur Lebih BaikSalah satu tantangan terbesar yang dihadapi banyak orang tua baru adalah kurang tidurkarena harus menenangkan bayi sepanjang malam.  Menurut hasil penelitian sebuah studi baru, orang tua tidak perlu melakukan itu. Membiarkan bayi menangis sendiri hingga tertidur dapat menyebabkan istirahat malam yang lebih baik bagi semua orang.

Profesor Michael G., Ph.D. dan rekan, peneliti di Jurusan Psikologi Universitas Flinders, Australia, baru-baru ini menerbitkan temuan mereka dalam jurnal Pediatrics. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa mengabaikan tangisan anak dapat memberikan tidur yang lebih baik untuk bayi dan orang tua. Penelitian ini menunjukkan bahwa membiarkan bayi menangis sampai mereka tertidur dapat membuat anak dan orang tua tidur lebih lama.

Hasil penelitian ini mungkin mengejutkan bagi orang tua, yang mungkin telah terbiasa bangun malam untuk menanggapi tangisan bayi mereka. Michael menyebutkan bahwa memang wajar bagi orang tua untuk khawatir ketika bayi mereka menangis sebelum tidur. Tapi, hasil yang kami dapatkan adalah kurang tidur dapat menyebabkan penderitaan keluarga, termasuk ibu yang depresi. Para peneliti berharap bahwa hasil ini akan menambah unsur lain seperti bagaimana orang tua menanggapi dan bagaimana mereka mengelola diri sendiri dan perilaku tidur bayi mereka.

Proses dan Hasil Penelitian

Dalam meneliti, digunakan metode Ferber, yang melibatkan mengabaikan tangisan anak. Kemudian mereka hanya diperiksa pada waktu tertentu dengan interval meningkat. Idenya adalah untuk mengajarkan anak untuk menerima bahwa tidak ada yang akan datang untuk membantu mereka ketika mereka menangis, yang akan mengurangi tangisan  dan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Orang tua dari 14 bayi secara bertahap menunda waktu tidur anak setiap malam. Idenya adalah bahwa ini akan membuat anak lebih lelah dan lebih mungkin untuk jatuh tertidur. Orang tua dari 14 bayi yang tersisa bertindak sebagai kontrol dan tidak menggunakan salah satu intervensi apapun untuk menghadapi perilaku tidur.

Bayi yang Dibiarkan Menangis Lebih Lama Tidur

Para peneliti menemukan bayi dari orang tua yang dibiarkan, tertidur rata-rata 13 menit lebih cepat setiap malam dibandingkan dengan kelompok kontrol, dan mereka bangun lebih jarang pada malam hari.

Tidak ada perbedaan signifikan dalam kadar kortisol – “hormon stres” – dari sampel air liur bayi. Tidak ditemukan pula perbedaan yang signifikan antara kelompok dalam hal stres dan perasaan orang tua.Penelitian mereka menunjukkan metode ini tidak berbahaya.

Profesor Michael dan rekan mengatakan temuan mereka menunjukkan bahwa membiarkan bayi menangis bermanfaat untuk bayi dan orang tua mereka, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil tersebut. By: Mirza Miranti