Hari Kesehatan Mental Sedunia. Seberapa Care Anda dengan Kesehatan Mental Anda? Hari kesehatan mental sedunia diperingati pada tanggal 10 Oktober setiap tahunnya. Hari kesehatan mental sedunia ini diperingati dalam rangka meningkatkan awareness dan juga kesadaran warga dunia terhadap kesehatan mental dirinya sendiri dan juga orang lain. Hal ini juga sekaligus menegaskan bahwa yang namanya kesehatan, bukan hanya berasal dari segi fisiknya saja, namun juga dari segi mental pun juga harus sehat.

Apa Saja yang Termasuk Ke dalam Masalah Kesehatan Mental?

Lalu di hari kesehatan mental sedunia yang diperingati kemarin, hal apa saja yang bisa ditarik dari masalah kesehatan mental? Yang utama adalah hal-hal apa saja yang masuk ke dalam masalah kesehatan mental.

Masalah kesehatan mental sendiri secara umum bisa didefinisikan atau diartikan sebagai suatu kondisi dimana mental seseorang tidak mampu berfungsi secara optimal. Hal ini akan mengganggu berbagai macam aspek kehidupan manusia.

Jangan memikirkan bahwa yang namanya masalah kesehatan mental hanya bersumber pada kondisi gangguan psikologis yang berat. seperti misalnya skizofren, bipolar, kepribadian ganda, depresi, dan lain sebagainya. Bahkan masalah-masalah kecil yang mengganggu aktivitas sehari-hari anda pun bisa dikategorikan sebagai sebuah masalah kesehatan mental.

Stress misalnya, bisa dikatakan sebagai salah satu masalah kesehatan mental ringan. Orang dengan kesehatan mental yang baik, akan lebih sulit terkena stress. Sebaliknya, mereka yang kesehatan mentalnya kurang baik, maka lebih rentan dan juga lebih muda mengalami stress. Baca juga cara mendeteksi kesehatan mental seseorang

Bagaimana Meningkatkan Kesadaran Mengenai Masalah Kesehatan Mental?

Lalu, bagaimana cara yang efektif supaya semakin banyak orang yang memahami dan menyadari tentang masalah kesehatan mental yang muncul di antara mereka, atau bahkan di dalam diri mereka sendiri?

Cara yang paling efektif supaya banyak masyarakat yang menyadari masalah kesehatan mental adalah memberikan sebuah edukasi. Edukasi ini nantinya harus berisi mengenai apa itu kesehatan mental, bagaimana kesehatan mental yang baik, dan menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan mental. Ini merupakan salah satu cara yang bisa diterapkan secara klasikal, alias banyak orang dalam sekali pertemuan.

Dilihat dari sisi individual, masing-masing individu juga bisa menerapkan caranya masing-masing untuk lebih memahami tentang masalah kesehatan mental. Salah satu caranya adalah memahami simptom atau gejala dari suatu masalah kesehatan mental, dan melihat apa yang menjadi penyebab munculnya simptom tersebut. Dengan menyadari dan mengetahui simptom/gejala yang muncul, dan penyebab dari munculnya gejala tersebut, maka anda nantinya akan menjadi lebih aware dan sadar dengan masalah kesehatan mental yang muncul.

Contohnya saja adalah stress. Stress bisa menjadi sebuah masalah kesehatan mental yang berat dan kronis ketika anda tidak mampu melihat penyebab kemunculan stress anda. Karena itu anda pun harus melatih diri anda sendiri untuk lebih peka dengan apapun itu yang kemungkinan bisa menjadi penyebab munculnya stress pada diri anda.

Marilah dalam rangka hari kesehatan mental sedunia ini, kita bisa menjadi orang yang lebih peka, aware dan juga mampu untuk meningkatkan kesadaran masing-masing mengenai pentingnya kesehatan mental, baik di dalam diri sendiri maupun orang lain. By: Eduardus Pambudi