Ini Dia Hambatan Berpikir Kreatif Yang Sering MunculBerpikir kreatif adalah salah satu kunci yang bisa menjadi andalan anda dalam memecahkan suatu masalah ataupun persoalan, apapun persoalannya. Namun demikian, terkadang muncul banyak hambatan berpikir kreatif, yang tentu saja akan membuat proses berpikir kreatif anda menjadi sulit berkembang, mentok, dan akhirnya anda akan sulit mencari pemecahan masalah dan persoalan yang anda hadapi.

Masalah dan Hambatan Dalam Berpikir Kreatif

Hambatan dalam berpikir kreatif ini bisa muncul kapanpun dimanapun. Dan hambatan dalam berpikir kreatif ini bisa menjadi hal yang menyusahkan diri anda sendiri. Yuk simak, apa saja yang menjadi hambatan berpikir kreatif yang seringkali muncul dan membuat anda sulit untuk memecahkan masalah dan persoalan anda (Munandar, 1987):

  1. Hambatan yang dibuat sendiri

Ternyata, hambatan berpikir kreatif bisa saja muncul dari diri anda sendiri loh. Hambatan yang dibuat sendiri ini bisa jadi disebabkan oleh diri kita yang kurang fleksibel dan terlalu kaku dalam menghadapi persoalan.

Karena kurang fleksibel, dan terlalu kaku dalam menghadapi persoalan, maka hal ini akan membuat anda menjadi sulit untuk berpikir kreatif, padahal salah satu hal yang mmembantu meningkatkan kreativitas adalah seseorang harus fleksibel .

  1. Hambatan untuk tidak berusaha menantang kenyataan

Hambatan ini muncul pada orang yang terlalu pasrah dan terlalu menerima kenyataan, tanpa memiliki niat atau keinginan untuk merubah kenyataan yang ada. Misalnya saja, anda mengalami musibah, yasudah, anda menerimanya begitu saja, tanpa ada keinginan untuk berusaha merubah hal tersebut.

  1. Hambatan dalam mencari satu jawaban saja

Hambatan berpikir kreatif lainnya adalah ketika anda memiliki pola pikir bahwa hanya ada satu jawaban saja yang tepat untuk satu masalah atau persoalan. Hal ini akan menghambat berpikir kreatif, karena kreativitas mempercayai ada banyak pilihan solusi untuk satu masalah.

Selain itu, biasanya anda juga cenderung terokupasi atau terfokus pada satu jawaban yang umum digunakan, tanpa berpikir bahwa masih ada jawaban lainnya yang bisa anda cari untuk menyelesaikan persoalan anda.

  1. Hambatan karena adanya kelaziman

Mirip seperti hambatan sebelumnya, hambatan berpikir kreatif yang satu ini disebabkan karena anda terlalu terpaku pada kelaziman, atau hal yang umum. Anda hanya berpikir bahwa untuk memecahkan masalah, maka gunakanlah pemecahan masalah yang umum dan lazim digunakan oleh orang banyak.

Anda yang mengalami hambatan berpikir kreatif karena kelaziman ini akan merasa aneh apabila anda menggunakan pemecahan masalah atau persoalan yang berbeda dengan orang lain secara umum.

  1. Hambatan karena memberikan penilaian terlalu cepat

Hambatan berpikir kreatif yang satu ini mungkin banyak muncul dan sering terjadi pada anda. Anda seringkali berpikir terlalu cepat dalam menghadapi suatu masalah atau persoalan. Misalnya saja, “Ah, gak mungkin lah bisa dilakukan” atau “Gak ada gunanya juga melakukan hal tersebut”.

Ini adalah hambatan berpikir kreatif yang mungkin sering anda alami, dan juga banyak dialami oleh banyak orang. Padahal, untuk bisa berpikir kreatif, anda harus bisa optimis dan terbuka akan banyak pilihan.

Nah, itu adalah beberapa hal yang menjadi hambatan berpikir kreatif, yang bisa membuat anda menyelesaikan masalah atau persoalan secara tidak optimal. Bagaimana? Kira-kira hambatan berpikir kreatif seperti apa yang saat ini sering anda alami? By: Eduardus Pambudi