Ini Dia Hal yang Mempengaruhi Kepuasan Seseorang Terhadap Bentuk TubuhnyaPernahkah anda berpikir, apa saja hal yang mempengaruhi kepuasan seseorang terhadap bentuk tubuhnya? Kira-kira, hal apa saja sih yang membuat anda bisa merasa puas, ataupun merasa tidak puas dengan bentuk tubuh anda? Ternyata, ada banyak hal yang mempengaruhi kepuasan seseorang terhadap bentuk tubuhnya loh. Berikut ini adalah hal-hal yang mempengaruhi kepuasan seseorang terhadap bentuk tubuhnya:

  1. Orang tua

Ternyata, orangtua bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan seseorang terhadap bentuk tubuhnya sendiri loh. Pandangan orangtua mengenai body image tertentu bisa menyebabkan seseorang merasa puas atau tidak puas dengan kondisi tubuhnya sendiri.

Misalnya saja orangtua anda mengatakan bahwa tubuh anda jelek karena terlalu gemuk. Maka hal ini secara tidak langsung akan membuat anda memiliki body image yang buruk, karena dipengaruhi oleh penilaian orangtua.

  1. Teman sebaya

Selain orangtua, teman sebaya adalah orang terdekat anda yang bisa mempengaruhi kepuasan anda terhadap bentuk tubuh anda sendiri. Seringkali diejek oleh teman sebaya, seringkali dibandingkan dengan teman sebaya akan mempengaruhi penilaian anda terhadap diri anda sendiri.

Melihat teman sebaya yang tinggi dan tegap, akan membuat body image anda yang tidak terlalu tinggi dan juga gemuk menjadi negatif. Anda, ataupun teman sebaya anda cenderung akan membandingkan kondisi tersebut, dan akan mempengaruhi penilaian anda terhadap tubuh anda sendiri.

  1. Media massa

Media massa memiliki pengaruh yang besar terhadap banyak aspek kehidupan kita. Termasuk di dalamnya adalah mengenai body image dan penilaian terhadap tubuh anda sendiri. Secara tidak langsung, media massa seringkali mengembar-gemborkan bentuk tubuh yang ideal, melalui iklan, film, aktris, dan sebagainya.

Hal ini tentu saja akan mempengaruhi pandangan dan juga penilaian anda terhadap tubuh anda sendiri bukan? Anda akan membandingkan tubuh anda dengan tubuh “ideal” yang ditampilkan di dalam media massa.

  1. Tahap perkembangan

Tahap perkembangan merupakan hal yang mempengaruhi kepuasan seseorang terhadap tubuhnya sendiri. Hal ini umumnya terjadi pada masa remaja. Pada masa remaja, banyak terjadi perubahan fisik yang signifikan. Perubahan fisik ini akan menimbulkan masalah kepuasan dan juga masalah body image yang cukup signifikan. Hal ini juga menjelaskan, mengapa pada masa remaja, banyak remaja yang mengalami gangguan makan, yang disebabkan oleh adanya body image yang negatif.

  1. Tren di dalam masyarakat

Hampir mirip dengan media massa, tren di dalam masyarakat cenderung mempertontonkan bentuk tubuh yang ideal. Hal ini akan membuat kepuasan anda terhadap bentuk tubuh anda akan dipengaruhi sosok “ideal” yang muncul sebagai tren di kalangan masyarakat luas.

Itu adalah beberapa hal yang mempengaruhi kepuasan seseorang terhadap bentuk tubuhnya. Beberapa orang mungkin bisa mendapatkan kepuasan yang positif (body image positif). Namun demikian, tidak jarang banyak orang yang sangat tidak puas dengan bentuk tubuhnya (body image negatif) ketika dihadapkan pada 5 situasi atau hal yang mempengaruhi kepuasan seseorang terhadap bentuk tubuhnya di atas. Yang terpenting adalah, bagaimana anda bisa mensyukuri apa yang sudah anda peroleh dari segi fisik anda, sehingga anda tidak perlu menunjukkan rasa tidak puas akan bentuk tubuh anda sendiri. By: Eduardus Pambudi