Psikologi Industri dan Organisasi atau yang dikenal dengan singkatan PIO merupakan salah satu cabang dari ilmu psikologi yang cukup populer dan juga banyak peminat. Hal ini tentu saja dipengarhi ole kecenderungan masyarakat saat ini yangmerupakan masyarakat industry dan organisasi, dimana banyak kantor – kantor perusahaan yang berkembang pesat. PIO memiliki banyak sekali peranan, terlebih dalam bidang perusahaan, dan mencakup banyak wilayah pada sistem perusahaan, seperti :

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Psikologi Industri dan Organisasi

  1. Human Resources atau sumber daya manusia
  2. Kesejahteraan pegawai
  3. Stress Kerja
  4. Rekrutmen
  5. Kepemimpinan
  6. Kepuasan kerja
  7. Konflik kerja
  8. Kenaikan pangkat, mutasi, dan pemberhentian
  9. Pelatihan dan training
  10. Shift kerja
  11. Dan masih banyak lagi

ternyata, ruang lingkup dari PIO sendiri memang sangat banyak dan luas di dalam industry dan juga organisasi. Bahkan keselamatan kerja pun juga merupakan salah satu ranah atau ruang lingkup dari PIO.

Sekilas mengenai PIO

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Psikologi Industri dan OrganisasiApabila kita artikan, maka bisa dibilang bahwa PIO merupakan cabang atau bagian dari ilmu psikologi yang  mempelajari mengenai perilaku manusia dalam setting kerja. Perilaku yang dipelajari terdiri dari dua macam perilaku, yaitu :

  1. Perilaku yang tampak atau overt behavior
  2. Perilaku yang tidak Nampak atau covert behavior

Secara khusus, PIO mempelajari mengenai peranan dari perilaku manusia di dalam bidang industry atau setting kerja, baik sebagai tenaga kerja (karyawan, manajer, supervisor) mapun sebagai konsumen. Selain itu, PIO juga mempelajari konteks individual, yang merupakan perilaku indivual terhadap setting kerja, serta perilaku kelompok di dalam setting kerja dan organisasi.

PIO sendiri mulai berkembang ketika penelitian mengenai manajemen sains mulai berkembang. Hal ini kemudian membuat psikolgi mulai mask ke dalam dunia manajemen, dan kemudian bertemu dengan ilmu ergonomic, sehingga membuat PIO menjadi salah satu bidang ilmu psikologi yang kompleks.

Bagaimana PIO dapat berperan penting di dalam konteks perusahaan?

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Psikologi Industri dan OrganisasiHingga saat ini, PIO memang memilki peranan penting dalam konteks perusahaan. Seperti contoh ruang lingkup PIO yang sudah disebutkan sebelumnya, menunjukkan bahwa PIO dalam perusahaan dan juga organisasi memiliki peran penting. Berikut ini adalah beberapa contoh dari ruang lingkup PIO dan pengaruhnya terhadap organisasi dan jga perusahaan :

  1. Sumber daya manusia dan Human Resources

PIO membantu melakukan analisa terhadap sumber daya manusia dan juga human resources di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Kegiatan ini meliput berbagai macam bentuk, seperti :

  • Analisa jabatan, dan pembuatan job spec untuk menempati posisi atau jabatan tertentu
  • Penilaian kinerja karyawan
  • Pelatihan terhadap karyawan
  • Mutasi, Pemindahan, dan Pemutusan Hubungan Kerja
  • Pembuatan lowongan pekerjaan
  1. Rekrutment

Kita pasti sudah tdak asing lagi dengan rekrutmen. Setiap organisasi dan perusahaan yang membutuhkan karyawan dan anggota baru pasti akan mengadakan rekrutmen. Dalam hal rekrutmen ini, praktisi dari PIO dapat membantu :

  • Screening lamaran pekerjaan
  • Pengadministrasian tes psikolog / psikotes untuk calon karyawan
  • Melakukan wawancara dan observasi
  • Melakukan analisa dan interpretasi potensi dari calon karyawan
  • Memberikan rekomendasi kepada pihak user mengenai karyawan yang tepat
  1. Masalah Indivdual karyawan di dalam lingkungan kerja

Sebagai seorang karyawan atau anggota di dalam organisasi dan perusahaan, pastilah terdapat banyak hal yang mungkin dapat menghambat masing – masing individu untuk berkontribusi di dalam organisasi atau perusahaan. Dalam konteks ini, para praktisi PIO dapat berperan untuk melakukan asesmen dan juga intervensi terhadap individu yang mengalami masalah di dalam organisasi, seperti misalnya :

  • Mengalami stress kerja
  • Performa kerja yang menurun
  • Karyawan atau anggota organisasi yang kurang puas dalam bekerja
  • Keributan di dalam pekerjaan
  • Konflik antar pekerjaan dan keluarga
  • Dan masih banyak lagi
  1. Masalah teknis di dalam perusahaan dan organisasi

Selain melakukan proses – proses yagn berhubungan dengan individual di dalam kantor, PIO juga memiliki ruang lingkup yagn brkaitan dengan hal – hal yang sifatnya teknikal, misalnya :

  • Tata letak ruangan di dalam kantor
  • Kondisi ergonomis dari alat – alat kantor, seperti printer, kursi, meja, dan lainnya
  • Pembagian shift
  • Keselamatan kerja (K3)

Hal – hal tersebut adalah beberapa hal penting yang harus diketahui megnenai psikologi industry dan juga organisasi, terutama dari sisi prakteknya di lapangan. Namun, apabila anda bukan merupakan orang lapangan, ataupun praktisi, terdapat juga pilihan dalam Psikologi Industri dan Organisasi sebagai akademisi ataupun peneliti. Dalam hal ini, tugas utama dari akademisi dan peneliti ini adalah melakukan riset dan juga penelitian yagn menyangkut variabel – variabel atau kontinum dari psikologi industry dan organisasi, untuk kemudian dikembangkan menjadi paham dan juga untuk diaplikasikan ke dalam ruang lingkup PIO. by: Eduardus Pambudi