Hal Yang Dapat Menghambat Perkembangan dan Juga Potensi DiriManusia adalah makhluk yang sudah seharusnya berkembang dari masa ke masa. Kebanyakan orang menargetkan sebuah perubahan dan perkembangan untuk pergi dan terlepas dari situasi tertentu, misalnya kondisi sosial dan ekonomi, pekerjaan yang membosankan, kehidupan pernikahan yang biasa saja, dan sebagainya. Namun demikian, tidak jarang banyak orang yang stuck, dan tidak berkembang, alias hidup begitu-begitu saja. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali hal yang dapat menghambat perkembangan diri anda. Dikutip dari sebagian artikel yang ditulis dalam psychologytoday.com, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menghambat perkembangan anda :

Hal yang dapat menghambat perkembangan

  1. Masalah finansial

Salah satu hal yang bisa membuat anda tidak mampu berkembang dan juga stuck di dalam kondisi anda sekarang adalah karena adanya masalah finansial. Masalah finansial diketahui menjadi salah satu masalah terbesar dalam diri manusia, karena sudah bukan rahasia umum, bahwa kita hidup membutuhkan uang dan juga kemampuan finansial yang mencukupi. Dengan begitu, maka hampir dipastikan bahwa mereka yang memiliki masalah finansial akan lebih sulit untuk mengembangkan diri mereka, dan cenderung stuck pada kondisi yang itu itu saja. Contoh paling mudah adalah dari segi pendidikan. Masalah finansial dapat menghambat seseorang untuk belajar lebih tinggi lagi. Banyak masyarakat yang tidak mampu menempuh pendidikan dengan baik akibat keterbatasan dan juga masalah finansial.

  1. Takut akan perubahan

Banyak orang yang ingin mengalami perubahan, namun malah merasa takut akan perubahan itu sendiri. Takut akan perubahan adalah salah satu hal yang dapat menghambat perkembangan anda, baik secara sadar maupun secara tidak sadar. Banyak orang, mungkin termasuk anda akan merasa takut dengan perubahan, atau setidaknya merasa takut untuk melakukan kesalahan dalam proses perubahannya. Hal inilah yang kemudian dapat menjadi hal yang dapat menghambat perkembangan anda.

  1. Kurangnya persiapan dan kebutuhan

Dalam menyongsong perubahan, anda harus tahu apa apa saja yang harus anda miliki dan anda butuhkan untuk mencapai perubahan tersebut. Misalnya untuk menjadi seorang diplomat, maka anda harus memiliki pendidikan dan pengalaman di bidang hubungan internasional. Atau apabila anda ingin menjadi seorang pengusaha, maka anda harus memiliki modal yang cukup untuk membuka usaha anda. Hal ini adalah salah satu hal yang dapat menghambat perkembangan anda, terutama apabila anda kurang persiapan dalam menyongsong perubahan yang akan anda hadapi seperti misalnya kekurangan modal, kurang tingkat pendidikan, dan sebagainya. Kurangnya informasi akan situasi yang dialami juga dapat menjadi salah satu hal yang dapat menghambat perkembangan seseorang.

Nah, itu adalah beberapa hal yang dapat menghambat perkembangan seseorang. Semoga dengan adanya artikel ini, anda bisa menyadari hal-hal apa saja yang bisa menghambat anda dalam berkembang menjadi lebih baik. Tetap semangat dan jangan lupa untuk selalu berbagi. Psikologi Mania

 


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia