Hal Yang Bisa Dilakukan Supaya Tidak Stress Sebelum Ujian

Ujian, seperti ujian nasional, ujian akhir, ataupun ujian skripsi hampir selalu menjadi momok yang mengerikan bagi banyak mahasiswa ataupun pelajar. Ujian memang merupakan salah satu hal menyeramkan, karena Ujian merupakan salah satu syarat kelulusan, baik dalam satu mata kuliah, kelulusan dari universitas, dan sekolah, serta sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan akademik seseorang. Karena itu, sudah menjadi hal yang biasa dan juga umum terjadi apabila banyak orang yang mengalami stress dan tertekan sebelum menjalani ujian. Misalnya saja sering merasa panik, cemas, pusing, dan sebagainya. Nah, supaya anda tidak mengalami hal – hal seperti ini sebelum ujian, maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan supaya tidak stress sebelum ujian:

Hal Yang Bisa Dilakukan Supaya Tidak Stress Sebelum Ujian

  1. Mendengarkan musik

Musik merupakan salah satu instrumen psikologis yang sangat efektif dalam menurunkan stress dan kecemasan. Banyak sekali terapi – terapi psikologis yang memanfaatkan instrumen musik ini. Nah, bagi anda yang merasakan stress sebelum ujian, maka bisa mencoba untuk memanfaatkan musik yang anda sukai untuk menurunkan kecemasan dan juga mengurangi stress yang anda rasakan. Musik –musik klasik dan jazz adalah dua jenis musik yang bisa membantu menurunkan stress. Namun demikian, anda bisa juga melakukannya dengan genre musik kesukaan anda. Alunan musik akan membantu anda merasa lebih rileks, dan tentu saja bisa menurunkan kecemasan dan juga stress sebelum ujian.

  1. Karaoke

Alternatif lain dari mendengarkan musik adalah karaoke. Karaoke juga akan efektif dalam membantu menurunkan kecemasan dan juga stress sebelum ujian. Anda biasanya akan mengeluarkan suara yang kencang ketika berkaraoke. Hal inilah yang membuat stress dan juga kecemasan yang anda rasakan akan ikut keluar bersamaan dengan kerasnya anda dalam bernyanyi. Jadi, cobalah untuk karaoke dulu sebelum anda mengikuti ujian.

  1. Meditasi

Meditasi kedengarannya merupakan sebuah metode yang berat dan juga mungkin cukup sulit. Namun demikian, ternyata meditasi sangatlah mudah dan juga simple untuk dilakukan, apalagi untuk menurunkan kecemasan dan juga mengurangi stress sebelum ujian. Anda bisa melakukan meditasi secara rutin, paling tidak 10 menit dalam satu hari. Teknik pernapasan dalam meditasi akan membantu anda menjadi lebih rileks, dan membantu mengeluarkan emosi dan pikiran negatif yang anda miliki, sehingga efektif untuk melepaskan rasa cemas dan juga stress yang anda alami sebelum melakukan ujian.

  1. Berjalan – jalan

Tidak semua orang menyukai meditasi dan juga musik. Ada orang yang lebih cocok dengan sesuatu yang bergerak. Jadi, cara dia dalam melepaskan stress adalah menggerakkan tubuh. Berjalan – jalan bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan kecemasan yang baik dan efektif, apalagi apabila anda adalah tipe orang yang kinestetiknya tinggi, alias senang bergerak, berjalan, pokoknya menggerakkan bagian tubuh anda. Bagi anda yang senang melihat pemandangan, berjalan – jalan ini juga bisa menjadi pilihan efektif. Melihat pemandangan yang anda sukai akan memberikan efek yang luar biasa dalam mengurangi stress dan juga menurunkan kecemasan anda sebelum ujian.

  1. Yoga

Anda menyukai gerakan badan, namun malas berjalan – jalan? Cobalah melakukan yoga. Yoga menjadi salah satu metode yang juga sangat efektif untuk membantu mengurangi stress dan juga mengurangi kecemasan sebelum ujian. Cobalah mempelajari sedikit mengenai gerakan – gerakan yoga, sehingga anda bisa mencoba untuk melepaskan stress anda dengan menggunakan metode yoga ini.

Nah, itu adalah 5 cara yang bisa anda coba lakukan untuk mengurangi stress dan juga kecemasan yang muncul pada diri anda ketika anda akan menghadapi ujian. Selamat mencoba.

By: Eduardus Pambudi