Hal Seputar Parenting. Benarkah menjadi orang tua adalah hal yang mudah? Tentu saja iya jika Anda melihat para orang tua yang sedang makan siang bersama dengan anak-anaknya sangat menyenangkan, melihat orang tua yang menjemput anak-anaknya dari sekolah atau mungkin Anda melihat para orang tua sedang piknik dengan anak-anaknya di sebuah taman dan makan sandwich di suatu hari Minggu yang cerah. Terlihat sangat menyenangkan dan terkesan mudah ya menjadi orang tua?

Hal Seputar Parenting

Tapi benarkah demikian? Mungkin banyak orang tua di luar sana yang sebenarnya sangat lelah dan mungkin mengalami stres ketika menghadapi anak-anaknya. Mereka pusing ketika harus mempersiapkan anak-anaknya untuk berangkat ke sekolah setiap pagi, harus menyiapkan anak-anak untuk ujian semester, dan mungkin Anda tidak tahu bahwa sebelum mereka pergi makan siang atau piknik, anak-anak mereka sedang dalam keadaan marah atau tidak mood .

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua untuk bisa menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak? Berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Kenali Anak Anda

Hal Seputar Parenting Bagaimana Menjadi Orang Tua Yang Baik

Kenali anak Anda baik-baik. kenali seluruh pribadinya, dan kenali mereka secara fisik dan psikologi mereka dengan sangat baik. Sebagai orang tua, Anda harus benar-benar paham apa yang anak-anak Anda suka dan tidak suka, apa yang mereka minati dan tidak mereka minati.

Anda juga perlu mengenali sifat-sifat mereka dan sumber-sumber yang bisa memancing emosi mereka. Orang tua harus super peka dengan setiap kondisi anak-anak. Anda tidak diizinkan untuk memaksakan apa yang mereka tidak suka untuk disukai atau melarang anak Anda melakukan apa yang mereka tidak suka. Dengan mengenali anak-anak, Anda akan mampu membuat mereka merasa merdeka atas diri mereka sendiri.

  1. Waktu yang Berkualitas

Hal Seputar Parenting Bagaimana Menjadi Orang Tua Yang Baik

Buatlah jadwal yang dapat Anda pertanggungjawabkan oleh diri Anda sendiri. Buatlah waktu yang berkualitas untuk bersama mereka. Anda bisa memberikan waktu Anda untuk sekadar bicara sebelum mereka tidur atau melakukan hal-hal yang mereka suka di akhir pekan seperti pergi ke kebun binatang atau berenang.

Lakukan hal tersebut dengan rutin agar anak-anak mendapatkan waktu yang berkualitas dengan Anda. Hadirkan diri Anda untuk mereka dengan berkualitas. Di titik ini Anda diharuskan benar-benar menjadi teman untuk mereka yang setia mendengarkan dan menjaga mereka dengan baik.

  1. Dukung

Hal Seputar Parenting Bagaimana Menjadi Orang Tua Yang Baik

Dukung hal positif yang telah mereka lakukan atau mungkin masih akan mereka lakukan. Dukungan dari Anda akan membuat mereka percaya bahwa mereka bisa melakukan sesuatu yang besar dan baik untuk mereka. Jika mereka melakukan kesalahan seperti mendapat nilai jelek, jangan pernah mundur atau memarahi anak-anak Anda. Tetaplah dukung mereka untuk terus belajar. Dengan begitu, anak-anak akan belajar bahwa melakukan kesalahan tidak apa-apa dan mereka akan belajar untuk memperbaiki diri.

Di luar semua hal di atas, yang menjadi fokus utama dari menjadi orang tua adalah tidak memaksakan apa yang mereka tidak suka dan buatlah mereka bahagia dengan memerdekakan diri mereka dengan segala hal positif yang mereka pilih. By Tri Indarti | Baca juga artikel selanjutnya Informasi Seputar Parenting Bagaimana Memberikan Dampak Positif Pada Anak