Hal Inilah Yang Paling Menyenangkan Ketika Anda Bermain Facebook

Anda bermain facebook? Siapa tak kenal dengan Facebook? Ya Facebook merupakan sebuah wadah komunikasi yang sangat besar dan juga luas, dan menjadi salah satu media sosial terpopuler di dunia, termasuk di Indonesia.

Akses ke dalam media sosial ini sangatlah tinggi, yang menunjukkan minat penggunannya dalam bermain Facebook sangatlah tinggi. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh para user dan juga pengguna dari Facebook, antara lain adalah :

  • Mencari informasi pertemanan baru
  • Mencari dan mengunjungi profile page teman secara khusus
  • Memberikan undangan kepada teman
  • Berdiskusi di dalam group
  • Saling menyapa dan juga mengobrol menggunakan fitur chat dan juga wall
  • Menuangkan keluh kesah
  • Dan masih banyak lagi

Itulah sedikit banyaknya hal ataupun aktivitas yang bisa di lakukan sebagai seorang pengguna Facebook. Namun demikian, penelitian yang telah dilakukan oleh Kavin Wise, Saleem Alhabash, dan juga Hyojung Park, dalam jurnal berjudul Emotional Responses During Social Information Seeking on Facebook mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang dianggap menyenangkan oleh pengguna Facebook saat berinteraksi dan bermain facebook tersebut.

Baca juga artikel sebelumnya yang berjudul bermain facebook ternyata bisa membuat anda bahagia

Apa Sajakah Hal yang Menyenangkan Di Facebook?

Ternyata, melakukan social searching atau secara khusus mencari nama teman di dalam Facebook, dan “kepo” informasi orang lain adalah salah satunya. Dengan melihat – lihat postingan dari teman, seperti wall, status, foto, album, even, grup, dan sebagainya tersebut menjadi suatu hal yang paling menyenangkan yang dapat dilakukan oleh pengguna Facebook.

Dalam penelitian ini para partisipan di amati dengan menggunakan beberapa alat ukur yang dapat digunakan secara elektronis untuk menilai kesenangan tersebut, yaitu dengan menggunakan Facial EMG. EMG sendiri adalah sebuah alat khusus yang bisa digunakan untuk mendeteksi ekspresi wajah.

Dengan menggunakan alat ini, maka akan terlihat perbedaan dari ekspresi wajah pada peserta atau partisipan dalam penelitian ini ketika bermain Facebook.

Data yang dihasilkan oleh Facial EMG tersebut menunjukkan bahwa ketika seseorang bermain Facebook, terdapat perbedaan berupa perubahan ekspresi wajah yang lebih menyenangkan pada saat mereka sedang melakukan aktivitas social searching dengan menggunakan Facebook. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan social searching, adalah hal yang menyenangkan saat bermain Facebook bagi para pengguna atau usernya.

Bagi anda yang mungkin juga sering melakukan aktivitas social searching ini, atau dalam bahasa gaulnya adalah “kepo” dengan cara mencari nama teman anda di kolom pencarian, maka hal tersebut tidaklah salah.

Hasil penelitian telah membuktikan, bahwa kegiatan social searching adalah aktivitas yang menyenangkan saat bermain Facebook. Hal ini cukup bisa diandalkan realibilitasnya, karena sudah menggunakan alat ukur yang berbasis elektronik, dan dapat menjadi salah satu patokan alat ukur yang objektif dalam sebuah penelitian.

Nah, jadi, tak selalu berhubungan dengan depresi atau tingkat stress ya guys, bagi mereka yang gemar bermain sosial media, asal di penggunaannya tak berlebihan.

By: Eduardus Pambudi