Ini Dia Hal-Hal Yang Menjadi Bidang Ilmu Psikologi Industri dan OrganisasiPsikologi industri adalah salah satu bidang ilmu psikologi yang mempelajari tentang perilaku manusia di dalam industri dan organisasi. Sesuai dengan pengertian psikologi, yaitu sebagai ilmu yang mempelajari manusia, psikologi adalah ilmu yang berlaku dimanapun selama ada manusia di dalamnya. Karena itulah, bidang industri dan organisasi juga sangat membutuhkan adanya penerapan ilmu psikologi.

Bidang Ilmu Psikologi Industri dan Organisasi

Bidang ilmu psikologi industri sangatlah luas dan juga memiliki banyak sekali penerapan. Berikut ini adalah beberapa penerapan dari bidang ilmu psikologi industri dan organisasi yang harus anda ketahui:

  1. Rekrutmen

Rekrutmen adalah salah satu bagian dari psikologi industri yang paling umum dan sudah akrab di telinga pekerja kantoran ataupun mereka yang berhubungan dengan organisasi. Kebanyakan rekrutmen melibatkan tes psikologi dan juga wawancara yang menggunakan dasar-dasar wawancara secara psikologis.

Meskipun tes psikologi hanya sebagai alat bantu, namun demikian alat test menjadi salah satu elemen yang sangat penting dalam proses rekrutmen. Pemberian tes psikologi dinilai singkat dan juga efisien dalam melihat kondisi calon karyawan secara umum, dan beberapa mampu mengungkap kondisi secara khusus, seperti misalnya gaya kepemimpinan, ketahanan terhadap stress, dan sebagainya.

  1. Penempatan karyawan

Bidang ilmu psikologi industri juga memiliki peran dalam penempatan karyawan. Mutasi, rotasi, dan juga promosi jabatan adalah beberapa poin penting dari proses penempatan karyawan. Psikolog juga nantinya bisa melihat apakah si A sudah cocok ditempatkan di posisinya saat ini, atau membutuhkan penyesuaian lagi.

  1. Payroll

Meskipun tidak selalu, namun bidang ilmu psikologi industri juga seringkali memberikan kontribusi dan peran yang besar dalam payroll, seperti salah satunya adalah penetapan besaran gaji, pemberian bonus, penalti/pemotongan, dan sebagainya. Dengan pertimbangan khusus, psikolog industri, atau mereka yang mengerti psikologi industri dapat melihat perlu atau tidaknya pemberian bonus, potongan dan sebagainya.

  1. Training

Bidang psikologi khususnya industri juga erat sekali kaitannya dengan training. Training dapat membantu meningkatkan kompetensi karyawan di dalam berbagai bidang, misalnya saja bagaimana menghadapi stress dengan baik, memotivasi diri supaya mampu bekerja dengan lebih baik, dan sebagainya.

Kebanyakan training dilakukan untuk meningkatkan trait individual yang dapat mempengaruhi pencapaian visi dan misi dari suatu perusahaan atau organisasi.

  1. Pengembangan alat tes psikologi

Alat tes psikologi adalah salah satu instrumen psikologi yang selalu berkembang sesuai dengan tren yang ada. Selalu ada alat test psikologi baru, ataupun revisi alat tes psikologi dalam kurun waktu tertentu.

Dalam dunia industri dan organisasi, perkembangan alat test sangatlah penting, mengingat perubahan di bidang industri terjadi dengan sangat pesat. Karena itu, mereka yang menekuni bidang psikologi khususnya industri harus siap untuk melakukan perubahan, revisi, dan pengembangan alat tes terbaru agar dapat disesuaikan dengan budaya organisasi dan industri yang juga terus berkembang.

Itu adalah sedikit dari ruang lingkup ilmu psikologi industri dan organisasi. Ada banyak sekali ruang lingkup dari psikologi industri, dan hal inilah yang menyebabkan mengapa psikologi industri sangatlah penting diterapkan di dalam organisasi dan juga perusahaan. By: Eduardus Pambudi


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia