Hal-Hal Yang Bisa Mempengaruhi Kepribadian AndaKepribadian bisa dibilang adalah diri anda yang sebenarnya. Kepribadian secara umum bisa mengatur sikap dan juga perilaku yang muncul dari diri anda sendiri. Seperti sudah anda ketahui sebelumnya, ada banyak sekali jenis – jenis dan juga macam – macam kepribadian. Namun demikian, sebeneranya apa yang menyebabkan anda memiliki kepribadian tertentu? Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi kepribadian anda secara umum :

Hal Yang Bisa Mempengaruhi Kepribadian Anda

 

  1. Pola asuh orang tua

Hal pertama yang bisa dibilang memberikan pengaruh besar terhadap kepribadian anda adalah pola asuh orang tua. Bagaimana cara orangtua mengasuh anda sejak kecil, hingga saat ini sangat mempengaruhi kepribadian anda.

Misalnya, orangtua cenderung menerapkan pola asuh yang permisif, dimana segala permintaan anda akan dikabulkan. Hal ini bisa jadi akan membuat anda memiliki kecenderungan kepribadian yang manja dan juga banyak menuntut. Pola asuh orangtua yang keras dan cenderung otoriter juga akan membuat anda memiliki kecenderungan kepribadian yang keras. Jadi, pola asuh orangtua memang memegang peranan penting dalam membentuk kepribadian anda.

  1. Budaya dan lingkungan masyarakat

Budaya dan lingkungan masyarakat tempat anda tinggal dan besar juga sedikit banyak memiliki pengaruh terhadap pembentukan kepribadian anda. Seperti kita ketahui, berbeda budaya, maka berbeda pula kebiasaan yang dilakukan. Apabila anda sudah terbiasa dengan budaya tertentu, maka anda akan memiliki kecenderungan kepribadian yang sama dengan budaya tersebut. Misalnya sebuah budaya dimana marah adalah hal yang wajar dan biasa, maka anda pun bisa jadi akan memiliki kecenderungan mudah marah dan juga meledak – ledak. Hal ini berlaku kurang lebih sama dengan budaya dan juga lingkungan masyarakat yang lainnya.

  1. Teman sepermainan

Teman sepermainan adalah sebuah sistem atau lingkungan yang paling berpengaruh kepada kehidupan anda selain keluarga. Segala hal yang terjadi, yang berhubungan dengan relasi anda dengan teman sepermainan, bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepribadian anda. Misalnya, anda banyak bergaul dengan mereka yang sering melakukan tindakan kejahatan, maka kecenderungan anda untuk memiliki kepribadian antisosial akan semakin meningkat.

Ketika anda bergaul dengan teman sepermainan yang pemalu dan banyak diam, maka kemungkinan besar anda pun akan ikut memiliki kecenderungan kepribadian pemalu.

  1. Pendidikan

Faktor pendidikan juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kepribadian anda. Bagaimana anda dididik, dimana anda mendapatkan pendidikan, dan juga sejauh mana tingkat pendidikan anda bisa saja mempengaruhi kepribadian anda.

  1. Faktor Sosial dan Ekonomi

Faktor sosial dan ekonomi  juga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepribadian anda. Mereka yang memiliki tingkatan sosial ekonomi yang rendah, dan cenderung hidup dalam kemiskinan, dan kekerasan, akan memiliki kecenderungan kepribadian yang keras pula. Meski demikian, memang tidak selalu faktor sosial dan ekonomi ini menjadi faktor utama yang bisa mempengaruhi kepribadian anda.

Itulah 5 hal yang bisa mempengaruhi kepribadian anda. Namun, perlu dicatat, bahwa faktor – faktor tersebut tidaklah bersifat mutlak, yang artinya belum tentu salah satu dari kelima hal tersebut bisa mempengaruhi kepribadian anda. Masih banyak lagi faktor – faktor penting yang membentuk kepribadian anda secara menyeluruh.

By: Muhamad Fadhol Tamimy