Gugup Saat Melakukan Presentasi? Cobalah Lakukan Hal Berikut IniNama : Manda
E-mail : lolitxx@gmail.com
Judul : Presentasi (bertanya seputar tips melakukan presentasi)
Isi Konsultasi : Saya ingn tanya ,,bgmn cara mghilangkn rasa cemas berlebihan saya ketika mau presentasi..saya sudah mecoba berbagai cara tidak  bisa dan tetap sllu cmas sekali,smpai saya insom,mkn g enk ,.mhon bntuannya

Jawaban

Trimkasih sebelumnya untuk manda. Presentasi memang menjadi momok bagi mereka yang belum terbiasa melakukannya. Kegugupan saat ditunjuk atau saat tiba gilirannya pun kerap mendahului sebelum presentasi itu sendiri dilakukan.

Namun terkadang rasa cemas dan gugup yang berlebihan saat tiba gilirannya presentasi juga disebabkan, belum siapnya kita dengan materi yang hendak kita bawakan. Oleh sebab itu sebelum melakukan presentasi, cobalah untuk menguasai materi yang hendak anda presentasikan terlebih dahulu. Selain menguasai materi presentasi, cobalah berulang-ulang berlatih di depan cermin.

Dengan berlatih di depan cerman, anda dapat melihat perform diri anda sendiri, sembari anda berlatih dengan materi yang hendak di bawakan. Setelah beberapa kali anda berlatih di depan cermin, cobalah untuk mereview latihan anda. Lakukan hal tersebut secara bertahap.

Langkah selanjutnya agar anda percaya diri, ulangi lagi namun lakukan di depan orang-orang terdekat anda. Mintalah mereka feedback berupa saran untuk memperbaiki hal-hal yang masih kurang.

Diluar daripada persiapan presentasi itu sendiri, anda pun harus mencoba untuk latihan tampil di depan umum. Minimal di setiap sesi diskusi, keluarkanlah pendapat yang anda miliki. Tak usah takut bahwa pendapat anda adalah pendapat yang bodoh, namun biarlah usaha anda tersebut menjadi latihan dari diri anda meningkatkan kepercayaan diri tampil di depan umum nantinya.

Langkah-langkah di atas tidak akan sukses, jika tidak mulai dicoba. Karena pembiasaan adalah hal yang tak bisa di pelajari secara teoritikal saja. Namun ia juga harus dijalani dan dilakukan.

Saat hari H presentasi, aturlah nafas anda dengan santai, dan perlahan. Mulai presentasi anda dengan intonasi suara yang mantap, jelas, dan tidak terburu-buru. Yakini bahwa anda bisa, dan presentasi anda memang adalah presentasi yang ditunggu-tunggu dan luar biasa. Semoga sukses dan berhasil. Psikologi Mania