Gaya Kepemimpinan Transformasional. Apa Itu Dan Seperti Apa Contohnya?Kepemimpinan tidak lepas dari apa yang dikenal sebagai gaya kepemimpinan, dimana gaya kepemimpinan transformasional adalah salah satunya. Gaya kepemimpinan ini merupakan salah satu gaya kepemimpinan yang banyak diaplikasikan di berbagai organisasi, dan juga banyak menjadi bahan penelitian mengenai gaya kepemimpinan. Sebenarnya, gaya kepemimpinan transformasional itu apa sih? Dan apa pengertian kepemimpinan transformasional? Artikel kepemimpinan ini mungkin bisa menjadi referensi bagi anda.

Apa Arti Kepemimpinan Transformasional?

Kepemimpinan transformasional merupakan satu dari beberapa gaya kepemimpinan yang dikemukakan oleh Robbins (2003). Kepemimpinan transformasional dapat diartikan sebagai sebuah gaya kepemimpinan yang berfokus pada dampaknya terhadap bagaimana pemimpin memperkuat sikap saling kerjasama dan mempercayai, kemanjuran diri secara kolektif, dan pembelajaran tim. Para pemimpin transformasional membuat para pengikutnya menjadi lebih menyadari kepentingan dan nilai dari pekerjaan serta membujuk pengikut untuk tidak mendahulukan kepentingan pribadi diatas kepentingan organisasi.

Apabila dilihat menggunakan gaya pemimpin, gaya kepemimpinan transformasional memiliki leader atau pemimpin dengan gaya persuasif, dimana leader mampu untuk mengajak bawahannya untuk turut serta dalam mencapai tujuan organisasi.

Jung mengatakan bahwa pemimpin transformasional memperhatikan hal-hal kebutuhan pengembangan dari masing-masing para pengikut dan persoalan-persoalan dengan membantu mereka memandang masalah lama dengan cara-cara baru, dan mereka mampu menggairahkan, membangkitkan, dan mengilhami para pengikut untuk mengeluarkan upaya ekstra demi mencapai sasaran kelompok.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan oleh pemimpin yang mengadopsi gaya kepemimpinan transformasional:

  1. Membuat para pengikut lebih sadar mengenai pentingnya hasil-hasil suatu pekerjaan
  2. Mendorong para pengikut untuk lebih mementingkan organisasi atau tim daripada kepentingan diri sendiri, dan
  3. Mengaktifkan kebutuhan-kebutuhan para pengikut pada kebutuhan yang lebih tinggi.

Komponen Gaya Kepemimpinan Transformasional

Sebuah gaya kepemimpinan bisa dikatakan sebagai gaya kepemimpinan yang transformasional apabila memiliki beberapa komponen tertentu. Berikut ini adalah beberapa komponen dari gaya kepemimpinan transformasional:

  1. Karisma

Karisma merupakan komponen pertama yang harus muncul dalam gaya kepemimpinan seorang leader / pemimpin. Karisma merupakan hal yang dapat mempengaruhi orang lain dan mampu untuk memperoleh rasa cinta dari anak buah dan membuat anak buah menjadi percaya diri dan saling percaya terhadap pemimpinnya.

Karisma dapat ditunjukkan dengan sikap pemimpin yang percaya dirinya tinggi, idealisme kuat, dan juga memiliki keyakinan yang kuat dan juga matang. Hal ini akan membuat gaya kepemimpinan yang transformasional akan berjalan dengan efektif.

  1. Pertimbangan Individual

Gaya kepemimpinan transformasional sangat mengutamakan pertimbangan individual, yang merupakan perilaku yang bersahabat, saling adanya kepercayaan, saling menghormati, dan hubungan yang sangat hangat di dalam kerja sama antara pemimpin dengan anggota kelompok.

  1. Stimulasi Intelektual

Stimulasi intelektual merupakan kemampuan seorang pemimpin dalam menciptakan, menafsirkan dan mengelaborasi simbol yang muncul dalam kehidupan, dan mengajak bawahan untuk berpikir dengan cara-cara benar. Hal ini berkaitan dengan inovasi, profesionalisme, dan pengembangan ide-ide baru yang berkaitan dengan bawahan dan juga organisasi.

Itu adalah artikel psikologi mengenai apa itu gaya kepemimpinan berciri transformasional. Gaya kepemimpinan berciri transformasional ini memang banyak dinilai sebagai gaya kepemimpinan yang efektif dalam mengembangkan organisasi dan membantu organisasi mencapai tujuan organisasinya dengan baik.