Gangguan Philophobia, Sebuah Gangguan Yang Membuat Anda Takut Untuk Jatuh CintaGangguan Philophobia. Siapa disini yang belum pernah merasakan jatuh cinta? Pasti anda semua pernah merasakan jatuh cinta bukan, entah dengan orang terdekat, ataupun dengan pasangan anda saat ini. jatuh cinta adalah sebuah proses alami yang umum dan biasa muncul pada diri individu, dan tentu saja hal ini adalah normal untuk merasakan jatuh cinta.

Namun ternyata, di satu sisi, terdapat beberapa orang yang mungkin takut dan juga tidak mau untuk merasakan cinta. Hal ini dikenal dengan istilah Philophobia. Apa itu Philophobia, dan mengapa Philophobia ini bisa muncul? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Philophobia?

Philophobia adalah salah satu bentuk dari phobia spesifik, yang artinya rasa takut atau phobia yang dialami oleh seseorang itu terspesifikasi bentuknya. Misalnya saja takut atau phobia terhadap ular, binatang melata, air, wanita, dan juga tentu saja takut terhadap cinta dan takut untuk jatuh cinta.

Yap, Philophobia merupakan salah satu bentuk phobia spesifik dimana mereka yang mengalami hal ini merasa takut untuk merasakan dan melihat segala hal yang berhubungan dengan cinta. Seperti takut untuk jatuh cinta, takut untuk menjalin hubungan dekat dengan orang lain, dan takut akan segala hal yang berhubungan dengan cinta.

Biasanya, mereka yang mengalami phobia terhadap cinta ini, banyak menghindari hal-hal dan juga aktivitas yang menunjukkan rasa cinta, seperti misalnya pacaran, memeluk, mencium, menggandeng tangan, merangkul, dan hal lainnya yang berhubungan dengan ungkapan dan luapan perasaan cinta, baik pada keluarga, lawan jenis, pasangan, dan sebagainya.

Mereka yang mengalami Philophobia memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk tidak menikah dan tidak memiliki keturunan, atau apabila mereka menikah, mereka biasanya jarang berkomunikasi dengan pasangannya.

Ciri-Ciri umum dari phobia

Phobia sendiri (termasuk di dalamnya Philophobia), termasuk ke dalam gangguan kecemasan, yaitu munculnya rasa cemas dan juga takut yang berlebihan ketika berhadapan dengan hal yang ditakuti. Secara umum, phobia dan juga tentu saja Philophobia memiliki beberapa ciri-ciri umum yang bisa diamati secara langsung. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri umum dari phobia :

  1. Memiliki rasa takut yang jelas dan menetap, dalam hal ini rasa takut yang jelas dan menetap adalah terhadap cinta
  2. Memunculkan rasa panik, dan memunculkan respon kecemasan, misalnya menangis, teriak, mengurung diri, dan sebagainya yang menunjukkan kepanikan dan kecemasan
  3. Cenderung menghindari stimulus fobik, yang mana dalam hal Philophobia, mereka cenderung menghindari untuk jatuh cinta dan melakukan segala hal yang berhubungan dengan cinta
  4. Penghindaran tersebut secara jelas mengganggu aktivitas sehari – hari, misalnya karena terlalu takut jatuh cinta, maka mereka mengurung diri di kamar dan tidak mau bersosialisasi dengan orang lain

Nah, itu adalah beberapa ciri-ciri umum dari orang yang mengalami Philophobia dan juga phobia secara umum. Jadi, kalau misalnya anda hanya takut jatuh cinta, tanpa memunculkan gejala atau ciri- ciri di atas, tenang saja, anda belum mengalami Philophobia kok.

By: Eduardus Pambudi