Gangguan Kecemasan Perasaan Seakan Ingin MatiNama : Chris xx
E-mail : berxxx@gmail.com
Judul : gangguan Kecemasan
Isi Konsultasi : Permisi saya mau nanya Saya akhir2 ini suka punya pikiran gak jelas Awalnya saya mempunyai perasaan takut yang berlebihan.saya tidak tau kenapa tiba2 saya menjadi sangat takut apalagi disaat sendiri kayaknya rasanya mau pingsan atau hilang kesadaran kemudian karena gejala2 itu saya jadi takut ada yang terjadi pada diri saya, saya jadi takut mati dan takut jadi gila.kemudian saya sibuk cari di google apa yang saya alami.

Memang sudah dari beberapa tahun yang lalu saya menjadi takut sakit dan kalau ada gejala2 pada tubuh saya,saya sudah terbiasa cri jawaban di google Tapi itu cuman kalo sakit fisik tapi ini sudah lebih parah. Selama ini saya berusaha memulihkan keadaan saya sendiri Dan karena ketakutan saya,saya jadi sering mengingat masa lalu dan masa depan,pikiran saya sudah mulai jauh.saya mulai memikirkan bagaimana setelah saya mati,dan segala yang saya pikirkan saya tuangkan ke google.kemudian pikiran saya berlanjut ke masa lalu.saya jadi sering memikirkan hal2 yang semestinya tak menjadi beban pikiran.saya mulai cari di google “awal mula manusia”,kenapa manusia begini,kenapa begitu dan banyak lagi.saya mulai membuat persepsi sendiri.dan saya tidak tau kenapa pikiran “kenapa” ini selalu timbul dalam pikiran saya.saya seperti sedang melawan pikiran saya sendiri.kadang apa yg saya cari di google jawabannya kurang mengena dan saya jadi pusing sendiri. Tolong berikan solusi kepada saya. Saya tidak ingin pikiran2 negative itu datang lagi.

Jawaban                                              

Hai Chris, apa kabarnya? Semoga saat ini sedang berada dalam kondisi yang sehat dan baik ya.

Menjawab pertanyaan anda mengenai gangguan psikologis yang anda alami, ada kemungkinan saat ini anda memiliki indikasi gangguan kecemasan. Salah satu gangguan kecemasan yang kemungkinan muncul pada diri anda adalah gangguan kecemasan umum, atau generalized anxiety disorder. Gangguan kecemasan umum ini, pada intinya adalah sebuah gangguan kecemasan dimana mereka yang mengalaminya seringkali merasa cemas akan hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, aktivitas saat ini, masa depan, takut tidak mampu melakukan sesuatu, dan sebagainya.

Pikiran kecemasan akan masa depan bisa jadi merupakan salah satu gejala dari gangguan kecemasan umum ini. Dan tentu saja, dampak lain dari munculnya gangguan kecemasan umum ini adalah munculnya masalah fisik. Pusing, sakit kepala, maag, sakit perut, gangguan pencernaan, vertigo, dan masalah kesehatan lainnya adalah hal yang “lumrah” dan biasa muncul pada mereka yang mengalami gangguan kecemasan.

Kepribadian “Seeker”

Untuk kebiasaan anda mencari jawaban di google, sebenarnya tidak ada masalah. Karena mungkin kepribadian anda adalah tipe kepribadian orang yang suka mencari jawaban atau dikenal dengan istilah Seeker (pencari).

Namun satu hal yang perlu anda pahami, tidak semua jawaban bisa anda temukan. Ketika anda berusaha mencari jawaban, namun anda kurang puas dan merasa muncul gejala fisik, segera hentikan aktivitas mencari anda. Lakukan beberapa hal ini, seperti:

  • Meditasi
  • Relaksasi
  • Refreshing
  • Mendengarkan lagu
  • Dan kegiatan lain yang bisa membantu menenangkan pikiran anda.

Solusi Yang Bisa Dilakukan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, anda bisa melakukan meditasi, relaksasi, refreshing, yoga, dan latihan atau kegiatan lainnya yang bisa menenangkan diri anda. Lakukan kegiatan tersebut ketika anda merasakan kecemasan anda muncul.

Untuk jangka panjang, anda bisa berkonsultasi dengan psikolog secara lebih intens. Hal ini bisa anda lakukan untuk melihat dan menemukan penyebab utama dari masalah yang anda miliki. Ketika penyebab utama sudah ditemukan, dan berhasil diatasi, maka anda bisa saja gangguan kecemasan umum yang anda miliki hilang. Semoga membantu dan bermanfaat. Salam. Psikologi Mania


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia