13 Fungsi Ayah Di Dalam KeluargaFungsi Ayah Di Dalam Keluarga. Ayah adalah sosok pria yang memiliki kedudukan khusus di dalam sebuah keluarga. Ia tak hanya sekedar sosok yang bertugas mencari nafkah belaka, namun ia pun menjadi sosok yang berperan penting dalam pendidikan anak-anaknya kelak.

Menjadi seorang ayah adalah kebanggaan bagi setiap pria, menjadi seorang ayah pun adalah sebuah anugrah yang tak terkira harganya. Kebahagiaan dalam hidup akan semakin lengkap dengan status baru menjadi seorang ayah untuk anak-anaknya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi ayah di dalam keluarga yang sangat krusial untuk kita simak. So jadi anda para ayah ataupun calon ayah kudu wajib memperhatikan hal-hal berikut ini

Berikut adalah 13 Fungi Ayah Di Dalam Keluarga

1. Pemimpin

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Menjadi seorang ayah akan selalu identik dengan kepemmpinan dalam keluarga. Ia bak nahkoda penentu arah tujuan panjang keluarga kedepan. Ayah akan selalu di tuntut untuk menjadi sosok nahkoda yang tegas dan cerdik ketika badai lautan menghantam kapal rumah tangganya.

Sosok ayah akan selalu ada dan bertugas sebagai pemimpin, yang memimpin keluarganya agar mampu menjalani sebuah tantangan hidup berumah tangga.

2. Pelindung

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Menjadi seorang ayah setelah hebat dalam skill kepemimpinan harus memiliki jiwa pengayom dan pelindung keluarganya. Karena memang tugas dari seorang ayah adalah menjaga anggota keluarga agar terhindar dari segala mara bahaya dari luar. Selain itu sang ayah juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keutuhan dan keharmonisan keluarganya.

Jadi jika para ayah tak mampu untuk menjaga keutuhan rumah tangganya maka patut dipertanyakan, apakah ia pantas untuk menjadi seorang ayah. Jika ia tak juga bisa memahami, monggo tanya saja pada “Mukidi”.

 3. Memberi Teladan

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Begitu pentingnya peran dari seorang ayah sangatlah krusial. Selain ibu, ayah merupakan role model karakter yang menjadi panutan anaknya kelak. Terlebih dalam taraf perkembangan sang anak dimana fase contoh gerak-gerik dan tingkah laku dari orang disekitar begitu kuat, maka peran ayah seharusnya mampu menjadi sentral teladan role model dibandingkan lingkungan sekitarnya.

Ayah adalah sosok panutan bagi anak-anaknya. Seorang ayah yang baik tentunya akan memberikan sebuah suri tauladan yang baik bagi garis keturunan dan juga istrinya.

4. Motivator

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Dalam keluarga ayah juga bisa berperan sebagai motivator. Mendorong anggota keluarga untuk terus semangat dalam bekerja, belajar, dan juga beribadah.

Peran motivator tak selalu dengan memberikan nasehat yang baik saja, namun dengan perbuatan dan tingkah laku pun kiranya dapat memberikan motivasi positif bagi anaknya.

Untuk para ayah penting kiranya untuk tak segan-segan memberikan pujian yang membangun kepada sang anak, meskipun anak telah gagal memenuhi ekspektasi yang di berikan kepadanya.

Memberikan motivator anak agar tetap semangat, namun sang ayah juga harus pandai untuk memberikan motivator kepada sang istri, agar hubungan keluarga selalu harmonis dan berbahagia.

5. Memberi Perhatian

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Tak hanya ibu saja yang wajib untuk memperhatikan segala kebutuhan anak-anaknya. Ayah pun memiliki andil yang penting dalam memberikan perhatian. Baik perhatian dari segi materi, pendidikan, kesehatan, agama, dan emosional.

Seorang ayah juga harus pintar dalam membagi kasih sayang dan perhatian, antara anak dengan pasangannya.

 6. Pengajar

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Seorang ayah harus mampu menyesuaikan peran selain sebagai pemimpin dalam keluarga. ia harus mampu untuk menjadi pengajar bagi anak dan istrinya. Baik itu dari segi norma sosial, masyarakat, dan norma-norma agama.

Apabila ayah gagal untuk menjadi pengajar, maka bersiaplah untuk menghadapi kehancuran dalam bahtera rumah tangga.

 7. Melatih Disiplin

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Mengajarkan kedisiplinan dalam hidup di mulai dari rumah. Peran pengajaran di rumah adalah sentral guru pendidik adalah orang tuanya. Dan fungsi ayah adalah salah satu guru yang seharusnya memerikan pelajaran tentang apa itu disiplin.

Mengajarkan kedisiplinan di dalam rumah tangga merupakan hal yang seharusnya menjadi aktvitas sehari-hari di rumah agar selalu kehidupan selalu lancar dan teratur.

Kedisiplinan yang tak di mulai sejak dini hanya akan membiasakan anak untuk tidak menghargai sebuah waktu. Maka tak heran apabila saat ini, banyak dari kita terutama para pejabat yang kerap kali mengulur ulur waktu penepatan janjinya. Bisa jadi hal itu karena kedisiplinan tak di ajarkan semenjak kecil.

 8. Pembimbing

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Sang ayah wajib untuk membimbing keluarganya agar selalu berada di jalan yang benar. Utamanya adalah untuk menjadi pembimbing dan mengarahkan anak agar tidak salah dalam bergaul dan menentukan tujuan hidup.

Sebaik-baiknya ayah adalah mereka yang mampu menjadi barometer petunjuk anaknya, di saat sang anak terpuruk di dalam kebingungan menentukan pilihan hidup.

9. Mencari Nafkah

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Menjadi hal yang sewajarnya memang peran dan fungsi ayah adalah mencari nafkah untuk keluarganya. Meskipun begitu ia harus tetap bisa menjaga kehidupan di kantor dan di rumah agar tetap seimbang. Karena memang fungsi sebagai ayah tak hanya mencari nafkah saja, namun fungsi sang ayah adalah sosok yang mampu menjadi penyeimbang dan pengayom dalam keluarga.

 10. Partner Ibu

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Ayah bukan hanya sekedar pemimpin semata, namun ia juga harus bisa menjadi seorang patner ibu yang baik di dalam keluarga. patner tersebut seperti halnya mengurusi permasalahan ibu rumah tangga.

Hal-hal seperti mengasuh anak, mengurus dapur, hingga mencuci pun harus bisa di lakukan sang ayah. Dengan begitu maka keluarga pun akan selalu harmonis dan meminimalisir pertengkaran dalam rumah tangga, akibat konflik peran.

 11. Sebagai Teman

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Ayah yang baik haruslah mampu menjadi seorang pembimbing anak dan istrinya, sekaligus pandai berperan sebagai sahabat dan juga teman bagi anak dan istrinya. Sebagai contoh, meluangkan waktunya untuk bersenang-senang bersama keluarga.

 12. Menyediakan Kebutuhan

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Seorang ayah haruslah mampu untuk memenuhi segala kebutuhan keluarga, baik itu secara lahir dan juga batin.

Maka jangan lagi ayah yang mengesampingkan peran pemenuhan secara batin bagi keluarganya ya.

 13. Selalu Siaga

13 Fungsi Ayah Di Dalam Keluarga

Tak cuma anggota pemadam kebakaran saja yang harus selalu siaga jika ada kebakaran. Namun sang ayah pun harus selalu siap siaga.

Sang ayah harus selalu siaga dalam kondisi dan situasi apapun, ketika keluarga tengah membutuhkan bantuannya. Entah itu di saat ia sedang sibuk dengan urusan kantornya, hingga urusan gaya hidupnya, sang ayah harus rela untuk mengesampingkan itu semua dikala keluarga tengah dalam kondisi membutuhkan dirinya.

Ayah adalah sang penentu arah kehidupan rumah tangganya. Ia akan selalu memiliki kedudukan penting dalam segala hal pengambilan keputusan. Jika salah dalam mengambil peran dan keputusan dalam keluarga, maka peran ayah akan lekang terganti dengan sosok di luar daripadanya. By: Muhamad Fadhol Tamimy