Kenali Faktor Terjadinya Depresi Pada Remaja

Kenali Faktor Terjadinya Depresi Pada Remaja

September 10, 2016 Off By admin

Kenali Faktor Terjadinya Depresi Pada Remaja

Sebelum membahas tentang penyebab terjadinya depresi pada anak remaja, berikut pengertian dari depresi. Depresi merupakan suatu gangguan mental yang spesifik yang ditandai dengan adanya perasaan sedih, selalu murung, sulit berkonsentrasi dan menurunnya motivasi untuk melakukan aktivitas.

 

Banyak sekali remaja tidak mengetahui bagaimana cara untuk melegakan perasaan mereka saat depresi tersebut muncul. Terutama yang paling membahayakan dari depresi adalah munculnya keinginan untuk mengakhiri hidup.

 

Depresi dapat diobati dengan beberapa metode terapi yang dapat dilakukan. Diantaranya dengan menggunakan interpersonal psychotherapy, psychodinamic psychotherapy serta menggunakan obat-obatan yang dianjurkan dari dokter.

 

Oleh karena itu sangat penting untuk paraorang tua untuk memperhatikan perubahan perilaku serta emosional yang di alami oleh anaknya. Namun sebelum beranjak untuk mengetahui faktor penyebabnya anda juga harus mengetahui tanda depresi pada remaja di artikel sebelumnya.

Berikut ini akan dijelaskan tentang faktor  yang menyebabkan terjainya depresi pada para remaja:

 

  1. Kurangnya Perhatian Orang Tua

Faktor terjadinya depresi pada para remaja yang kedua ialah kurangnya perhatian orang tua. Bukan hanya anak kecil saja yang ingin diperhatikan oleh orang tuanya, namun saat anak sudah remaja, mereka pun masih membutuhkan perhatian dari orang tuanya.

 

Kurangnya perhatian dari orang tua terhadap remaja, baik itu secara fisik maupun emosional, dapat memicu anak anda menjadi depresi. Oleh sebab itu penting sekali dalam menjalin komunikasi yang baik terhadap anak, serta mendukung mereka untuk menghadapi berbagai macam masalah. Dan tunjukkan ke pada mereka bahwa anda sangat mencintainya apapun yang terjadi suatu saat nanti.

 

  1. Masalah dalam Pendidikan

Pendidikan pun masuk dalam faktor penyebab terjadinya stres pada remaja. Hal ini dikarenakan semakin mahal biaya. Oleh karena itu para remaja secara langsung maupun tidak langsung memiliki tuntutan yang cenderung menekan dari lingkungan sekitar untuk belajar dengan giat, agar mereka memperoleh hasil sesuai dengan tuntutan tersebut.

 

  1. Perceraian Orang Tua

faktor selanjutnya ialah perceraian orang tua sangat mempengaruhi keadaan mental serta emosional seorang anak remaja. Karena perceraian ini akan membuat keluarganya berduka.

 

  1. Kurang Percaya Diri

Faktor terjadinya depresi para remaja ialah kurangnya percaya diri. Rendahnya rasa percaya diri akanmenyebabkan anak remaja anda susah. Mulailah untuk yakin pada diri kita, bahwa kita bisa.

 

  1. lingkungan dan Pergaulan

Faktor selanjutnya ialah  lingkungan serta pergaulan. Kebutuhan untuk diterima dalam pertemanan merupakan suatu hal yang  sangat penting bagi sebagian besar remaja. Seperti anak anda memiliki teman yang minum alkohol. Karena tidak ingin dibilang kampungan sehingga anak anda mengkonsumsinya semuanya. Karena lingkungan sangat berpengaruh besar bagi remaja.

 

  1. Masalah dalam Percintan

Percintaan juga dapat menimbulkan depresi terhadap remaja ini, karena memberi pengaruh besar pada keadaan emosional dan kehidupannya.

Masalah yang dapat menyebabkan terjadinya depresi pada remaja adalah masalah dalam kehidupan percintaannya, yang dapat memberikan pengaruh besar pada keadaan emosional dan kehidupannya.

 

By: Nurus Syarifatul Ngaeni