Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar Dalam Diri SeseorangProses belajar adalah salah satu hal yang umum dan akan terus berlangsung selama hidup kita sebagai manusia. Proses belajar sendiri, sukses atau tidaknya akan ditentukan oleh faktor- faktor yang mempengaruhi proses belajar.

Anda mungkin pernah merasa, mengapa proses belajar yang dilalui atau hasil dari proses belajar yang anda peroleh tidak sama dengan teman anda atau orang lain. Ternyata hal ini disebabkan karena proses belajar itu sendiri berbeda-beda tiap orang, dan memiliki beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar, yang dapat membedakan proses belajar anda dengan orang lain.

Dua Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar

Secara umum, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar, terbagi menjadi dua kategori umum. Kedua kategori faktor tersebut adalah:

  1. Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor yang mempengaruhi proses belajar dan juga hasil dari proses belajar yang berasal dari diri dalam individu itu sendiri. Hal ini berkaitan dengan kemampuan anda dalam mengikuti proses belajar. Faktor internal ini terbagi lagi ke dalam dua bentuk, yaitu:

  • Faktor Fisiologis, yang merupakan kondisi fisik seseorang yang dapat mempengaruhi proses belajar dan juga hasil belajar. Orang yang memiliki masalah fisik, seperti misalnya tuna netra, pastinya akan mengalami proses belajar yang jauh berbeda dengan mereka yang penglihatannya baik. Hal ini juga akan mempengaruhi hasil pembelajaran, dan bagaimana cara mereka belajar.
  • Faktor Psikologis, merupakan trait individual, yang mampu mempengaruhi proses belajar seseorang. Misalnya saja motivasi. Mereka yang motivasinya tinggi untuk belajar, pasti akan memperoleh hasil belajar dan melakukan proses belajar yang berbeda dengan mereka yang motivasinya rendah. Faktor psikologis juga bisa terlihat dari kepribadian seseorang, kondisi emosi, inteligensi, bakat, dan juga minat seseorang. Perbedaan faktor psikologis ini akan membuat proses belajar dan juga hasil dari proses belajar berbeda antar individu.
  1. Faktor Eksternal

Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar berikutnya adalah faktor eksternal. Faktor eksternal ini berhubungan dengan kondisi eksternal, atau kondisi yang berada di luar diri individu, dan bukan berasal dari dalam diri individu. Berikut ini adalah beberapa contoh dari faktor eksternal yang mempengaruhi proses belajar dan hasil dari proses belajar :

  • Faktor Sosial dan Lingkungan, yaitu kondisi lingkungan dan juga kondisi sosial yang ada di sekitar individu. Misalnya saja pola asuh di dalam keluarga. Pola asuh yang mendukung adanya proses belajar, tentu saja akan memberikan efek yang lebih efektif dibandingkan lingkungan dengan pola asuh yang tidak memberi kesempatan seseorang untuk mengikuti proses belajar. Kondisi sosial, misalnya saja anda yang tinggal di perumahan mewah, tentu saja akan mengalami proses belajar yang berbeda dengan mereka yang tinggal di jalanan dan tidak memiliki rumah.
  • Faktor Instrumental atau Perlengkapan, yaitu bagaimana kondisi perlengkapan yang bisa digunakan untuk mengikuti proses belajar. Misalnya saja di dalam sekolah. Apakah sekolah tersebut layak, dan memiliki fasilitas yang tepat? Ketika sekolah mampu memberikan fasilitas yang cukup dan tepat, maka proses belajar dan hasil dari proses belajar tentu saja akan berbeda dibandingkan sekolah dengan fasilitas yang kurang. Kondisi ruangan, pencahayaan, alat bantu, materi pembelajaran, dan sebagainya juga menjadi salah satu faktor instrumental yang dapat mempengaruhi proses belajar seseorang.

Itulah beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar seseorang. Dengan memahami Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar Dalam Diri Seseorang, sekiranya akan memudahkan para pendidik ataupun orang tua untuk menentukan metode yang tepat dalam proses pembelajaran. By: Eduardus Pambudi