Fakta Unik IQ. Apakah IQ Adalah Segalanya Bagi Setiap Manuisa? Fakta Unik IQ. Anda tentu pernah melakukan tes IQ, atau minimal mengetahui IQ yang anda miliki atau anak anda miliki pada kisaran berapa. IQ, yang merupakan salah satu angka penunjuk skor intelegensi secara keseluruhan terkadang dipandang sebagai segala-galanya.

Banyak orang, mungkin termasuk anda menganggap bahwa IQ adalah segalanya. Namun, apakah IQ adalah segalanya? Apa iya seseorang bisa dicap akan sukses dan juga akan berhasil di kehidupannya hanya karena IQ. Yuk, simak beberapa fakta menarik dari IQ, dan kita simpulkan, apakah IQ adalah segalanya.

Fakta Unik IQ

  1. Pertama, berbeda tes, maka akan berbeda pula IQ yang diperoleh

Banyak yang menganggap bahwa IQ mau dilakukan seperti apapun akan sama hasilnya. Anastasi dan Urbina (2006) mengatakan bahwa sebenarnya berbeda alat tes yang digunakan, maka berbeda pula skor IQ yang akan diperoleh. Karena faktanya, masing-masing tes IQ didaulat untuk mengukur beberapa hal khusus yang tidak sama. Misalnya antara skor IQ dari WAIS seseorang mendapatkan skor 109. Namun bukan berarti skor IQ dari tes inteligensi lain, dia juga mendapatkan skor IQ yang sama.

  1. Kedua, inteligensi merupakan suatu konsep yang deskriptif pada saat tertentu

Mungkin banyak orang yang bingung, termasuk anda. Kok, skor IQ saya bisa berubah ya dari tahun kemarin dengan tahun ini.

Ya, hal ini wajar saja terjadi, karena skor IQ adalah hasil dari kemampuan individu pada saat tertentu saja. Banyak ahli dan praktisi mengatakan bahwa skor IQ hanya bertahan selama minimal 6 bulan, namun ada juga yang mengatakan bahwa skor IQ mampu bertahan selama 1 hingga 2 tahun saja.

  1. Inteligensi atau IQ bukan merupakan kemampuan tunggal dan seragam

Mengapa skor IQ seseorang bisa bervariasi, hal ini karena tes inteligensi yang mengeluarkan hasil skor IQ adalah sebuah tes yang mengukur berbabagai macam aspek dan fungsi (Anastasi dan Urbina, 2006). Misalnya, tes IQ tidak hanya mengukur kemampuan verbal dan berhitung, tapi juga mengukur kemampuan memecahkan masalah, motivasi, pemahaman secara umum, perkembangan mental, dan sebagainya.

  1. Skor IQ rendah, bukan berarti dia bodoh

Ini adalah suatu pandangan umum dari banyak orang, yang membuat muncul pertanyaan apakah IQ adalah segalanya. Perlu diingat, tes IQ hanya mengukur kondisi seseorang pada saat tertentu saja, dan tidak mampu menjelaskan bagaimana kondisi tersebut muncul. Apabila anda, atau anak anda mendapatkan skor IQ yang rendah, bukan berarti dia atau anda adalah orang yang bodoh. Pasti ada faktor lainnya yang menyebabkan hasil tersebut, yang tidak bisa diungkapkan oleh tes IQ, dan harus diperiksakan secara lebih mendalam.

Nah, itu adalah beberapa fakta unik dari skor IQ dan tes inteligensi. Jadi, bagaimana menurut anda? apakah IQ adalah segalanya menurut anda? Semoga dengan membaca fakta-fakta tersebut, pandangan mengenai IQ adalah segalanya yang anda pikirkan, bisa berubah. By: Eduardus Pambudi