Fakta Menarik Tentang Alasan Seseorang Gemar Membuka Facebook

Anda tentu telah mengenal apa itu Facebook, lalu berapa banyak teman yang ada di dalam Facebook anda? Seberapa sering anda melakukan aktivitas di dalam Facebook anda tersebut, apakah mengupdate status, posting, share, atau hanya sekedar membuka dan melihat–lihat news feed di halaman Facebook anda? Apakah sering, jarang, sesekali, atau hampir setiap saat?

Apapun tipe dari setiap pengguna Facebook yang  dimiliki, tentunya anda memiliki paling tidak  sebanyak satu atau dua teman di Facebook tersebut bukan?

Berikut ini akan dijelasakan salah satu faktor yang dapat membuat seseorang rajin melakukan aktifitas di media sosial facebook seperti dilansir dalam jurnal berjjudul fame, facebook, and twitter: How Attitudes About Fame Predict Frequency and Natural of Social Media Use.

Ketenaran

Salah satu faktor yang bisa membuat seseorang menjadi sering menggunakan Facebook adalah faktor ketenaran. Ketika seseorang sudah terkenal, atau dikenal oleh banyak orang, maka mereka akan cenderung lebih intens dalam menggunakan Facebook.

Anda Tidak percaya?

Mari kita simak Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Dara Greenwood yang telah berhasil membuktikan hal tersebut.

Greenwood dalam penelitiannya, telah mengungkapkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang cukup kuat dan signifikan antara Fame atau ketenaran, dengan frekuensi penggunaan Facebook, terlepas dari faktor gender maupun usia. Ketenaran memiliki beberapa aspek, yaitu:

  • Visibilitas, yaitu merupakan aspek dari ketenaran, dimana seseorang mampu “terlihat” dan juga “dilihat” oleh orang lain sebagai orang yang spesial. Visibilitas ini mirip seperti kondisi show off, dimana mereka selalu ingin terlihat oleh orang lain

 

  • Status, yitu merupakan sebuah kondisi dimana seseorang ketika menjadi terkenal atau tenar. Bisa dari status sosial ataupun status ekonomi yang bisa membuat seseorang terkenal di kalangan tertentu

 

  • Prosocial, merupakan sikap atau perilaku seseorang yang mengikuti perkembangan sosial yang ada, sehingga ia lebih mudah membaur dan juga bergabung dengan berbagai macam kondisi sosial yang ada dimanapun dia berada.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Greenwood ini, terdapat 3 faktor dari Fame atau ketenaran yang ternyata memiliki korelasi yang sangat signifikan.

Hal ini mengindikasikann bahwa ketika ketenaran atau fame seseorang tinggi, maka frekuensi seseorang dalam menggunakan Facebook juga menjadi tinggi.

Selain frekuensi penggunaan Facebook secara umum, berbagai aktivitas di dalam Facebook pun pada akhirnya meningkat. Hal-hal seperti melakuan posting di Facebook, merespon aktivitas di Facebook, juga meningkat seiring ketenaran yang di dapatkan di dunia facebook.

Dari hasil dari penelitian ini pada akhirnya semakin menguatkan bahwa, mereka yang memiliki ketenaran atau fame yang tinggi, alias sudah terkenal dan dikenal oleh banyak orang, biasanya akan memiliki frekuensi menggunakan Facebook lebih tinggi daripada orang yang tak memiliki ketenaran, terlepas dari faktor gender dan juga usia.

Coba deh anda cek teman Facebook anda yang aktif sekali di dalam Facebook, apakah benar mereka adalah orang yang terkenal, atau tenar baik di dunia nyata, ataupun di dalam dunia maya pasti sama bukan hehe.

By: Muhamd Fadhol Tamimy