7 Fakta Menarik Mengenai Psikologi Anak Yang Perlu Anda Ketahui

7 Fakta Menarik Mengenai Psikologi Anak Yang Perlu Anda Ketahui

December 22, 2016 Off By admin

Fakta Menarik Mengenai Psikologi Anak Yang Perlu Anda KetahuiPsikologi anak merupakan salah satu bagian atau cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari tentang segala sesuatu mengenai anak, mulai dari perkembangan psikologis, psikososial, psikoseksual, dan berbagai macam masalah yang muncul pada masa kanak-kanak. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai psikologi anak yang perlu anda ketahui:

  1. Psikologi anak tidak hanya fokus pada masalah anak yang mengalami kekurangan, namun juga fokus pada masalah anak yang mengalami kelebihan

Tidak hanya mempelajari kekurangan, seperti misalnya intellectual disorder, ADHD, dan lainnya, psikologi anak juga mempelajari mengenai kelebihan anak-anak. Anda pasti pernah mendengar istilah anak indigo dan juga anak jenius bukan? Nah, psikologi anak juga mempelajari masalah-masalah seperti itu.

  1. Masalah pada anak-anak sangat banyak, bahkan jauh lebih banyak dibandingkan masalah pada dewasa

Jangan beranggapan bahwa masa anak-anak adalah masa yang mudah dan tanpa beban. Faktanya, anak-anak memiliki potensi munculnya gangguan psikologis atau mental yang sama banyak, bahkan lebih banyak dari orang dewasa. Bahkan saat ini banyak muncul buku dan literatur yang khusus membahas abnormalitas dan psikopatologi pada anak-anak.

  1. Trauma pada masa anak-anak berpotensi memunculkan gangguan psikologis pada masa remaja hingga dewasa

Masa anak-anak haruslah dikawal dengan baik. Trauma dan kesedihan mendalam pada masa anak-anak akan menyebabkan si anak nantinya mengalami berbagai permasalahan. Katakanlah si anak mengalami kekerasan di dalam keluarga, maka hal ini cepat atau lambat akan sangat berpotensi untuk menimbulkan gangguan psikologis pada masa remaja, atau bahkan dewasa.

  1. Pola asuh adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan pada anak-anak

Pola asuh merupakan faktor krusial yang mempengaruhi perkembangan anak-anak. Kesalahan pola asuh, atau pola asuh yang kurang tepat akan sangat mempengaruhi berbagai macam aspek kehidupan dari sang anda kelak.

  1. Penerapan teknik behavioral merupakan teknik yang paling efektif diterapkan pada anak-anak

Anda ingin mencari terapi psikologis yang paling efektif untuk anak anda, terutama dari segi perilaku dan sikap? Kalau begitu teknik behavioral sangat cocok dan pas diterapkan pada anak-anak. Teknik behavioral akan lebih efektif lagi apabila digabungkan dengan pemberian hadiah atau reward yang tepat untuk anak-anak.

  1. Anak-anak juga memiliki konflik di dalam dirinya

Banyak yang menyangka, hidup jadi anak-anak kok enak yah, bisa bermain terus tanpa peduli tanggung jawab. Jangan salah. Sejak usia kira-kira 3 tahun pun ternyata anak-anak juga memiliki konflik loh di dalam dirinya.

Seorang tokoh psikologi bernama Erik Erikson mengungkapkan bahwa selama hidupnya, manusia memiliki konflik yang bisa menimbulkan krisis, bahkan ketika seorang anak baru saja lahir. Dimulai dari usia 0-1 tahun, dimana Erikson mengungkapkan bahwa ada konflik atau krisis kepercayaan di dalam diri seorang bayi, dimana seorang bayi bisa saja percaya pada dunianya yang baru, atau tidak percaya pada dunianya yang baru, tergantung bagaimana dunianya memperlakukan dia (dalam hal ini, orangtua).

Konflik dan krisis ini akan terus muncul dan berkesinambungan selama perkembangan psikososial seorang anak hingga tua nanti.

  1. Kepribadian pada masa anak-anak akan sangat mungkin terulang pada masa lansia/tua

Pernah mendengar tentang seorang kakek atau nenek yang sikapnya seperti anak kecil? Ternyata hal ini memang benar terjadi. Teori perkembangan manusia menjelaskan bahwa pada masa lansia, sifat yang pernah dimiliki sewaktu masih anak-anak dulu akan muncul kembali.

Itulah beberapa hal yang dapat kita ketahui tentang psikologi anak dalam kehidupan sehari-hari. Banyak daripada kita yang terkadang mengabaikan permasalahan ini. Dengan uraian di atas, harapannya kita lebih mampu untuk menjadi para pendidik maupun orang tua yang baik, bagi perkembangan buah hati kita. Psikologi Mania