Fakta – Fakta Menarik yang Harus Diketahui Mengenai Soal Psikotes

Fakta – Fakta Menarik yang Harus Diketahui Mengenai Soal Psikotes

August 20, 2018 Off By admin

Fakta – Fakta Menarik yang Harus Diketahui Mengenai Soal PsikotesSoal psikotes – Tes psikologi kerap dikenal dengan beberapa istilah salah yaitu assesmen psikologi dan juga psikotes. Keduanya mungkin memiliki makna yang hampir berdekatan dan hampir sama, meskipun keduanya memiliki perbedaan yang sangat besar. Perbedaan tersebut yaitu assesmen psikologi bersifat lebih komperhensif dengan melibatkan beragam pendekatan lain di luar dari tes psikologi secara umum, seperti pada pengamatan, penggalian informasi dari beberapa pihak, dan wawancara yang terkait dengan klien.

Tes psikologi itu sendiri menjadi salah satu kebutuhan yang amat penting dalam berbagai ruang lingkup manusia. Tak semata terkait dengan hal – hal yang bersifat klinis saja, namun tes psikologi juga digunakan di dalam lingkup ruang kerja.

Tes psikologi juga disebut dengan psikotes. Psikotes merupakan salah satu hal yang pasti sering anda dengar bukan? Ketika anda akan melakukan proses perekrutan karyawan baru, penjurusan di sekolah, dan lain sebagainya.

Sebelum itu penting terlebih dahulu kita mengetahui apa itu psikotes itu sendiri.

Pengertian dari psikotes yaitu merupakan serangkaian tes yang bertujuan untuk memahami sebuah kondisi mental dan juga perilaku seseorang yang berdasarkan pada kaidah – kaidah psikologi. Secara umum, tes ini juga menggunakan beberapa metode dan juga serangkaian instrument yang mana ia dijalankan guna mengukur aspek – aspek yang tak teramati secara langsung dalam diri manusia yang menyangkut aspek psikologi.

Tes ini menggunakan konstruksi tertentu guna mengukur kondisi tertentu pada manusia. Sebagai mana contoh, serangkaian tes yang digunakan untuk mengukur IQ manusia. Telah diketahui IQ adalah konstruk yang digunakan untuk mengukur kemampuan dari kognitif manusia. Maka guna mengukur hal ini, kita tak mampu mengukur secara langsung, diperlukan serangkaian tools dalam mengungkapkannya, yaitu psikotes.

Tes ini bukanlah barang yang aneh, akan tetapi ia memiliki kepentingan yang spesifik dan juga educated seperti yang di jelaskan diantaranya yaitu; psikotes bukanlah alat untuk “menyingkirkan” kandidat yang tak diinginkan bahkan sebagai sarana “berlindung” bagi para penyelenggara atau tester. Psikotes dapat di pelajari secara realistis dan juga konsisten dan educated. Psikotes iut sendiri telah menjadi standar yang sangat lazim untuk mengintepretasikan dan juga memetakan kompetensi akademik dan psikis, khususnya di dalam dunia kerja.

Soal Psikotes / Tes Psikologi

Soal psikotes terdiri dari tes logika aritmatika, tes logika penalaran, tes analogi verbal, Kreapllin/ Pauli, Wartegg Test, Draw a man Test, EPPS, ARMY ALPHA INTELEGENCE TEST, dan menggambar pohon

Nah, berikut ini adalah beberapa fakta menarik yang harus anda ketahui mengenai psikotes. Yuk simak beberapa fakta menarik mengenai psikotes di bawah ini:

  1. Fungsi utama dari psikotes adalah sebagai alat bantu pemeriksaan psikologis

Hal pertama yang harus anda ketahui mengenai psikotes adalah fungsinya. Psikotes sebenarnya memiliki fungsi utama hanya sebagai alat bantu dan tambahan dalam pemeriksaan psikologis. Psikolog dan praktisi di bidang ilmu psikologi harus kompeten dalam bidang wawancara dan observasi untuk melaksanakan pemeriksaan psikologis, dan psikotes hanya sebagai alat bantu saja yang dapat menambahkan kondisi psikologis seseorang.

  1. Psikotes terdiri dari beberapa macam tes psikologi yang dirangkai menjadi satu

Psikotes biasanya dilakukan dengan cara merangkai beberapa macam tes psikologi di dalam satu sesi. Misalnya saja psikotes untuk rekrutmen, dimana terdapat beberapa alat test psikologi yang digunakan dalam satu sesi. Banyaknya penggunaan alat test ini tidak lain adalah untuk melengkapi data dan memastikan bahwa data yang diperoleh sudah cukup.

  1. Psikotes dibuat berdasarkan hasil penelitian yang cukup panjang

Nah, ternyata psikotes dibuat dan disusun melalui proses penelitian dan pengembangan yang cukup panjang loh. Bahkan beberapa psikotes membutuhkan waktu lebih dari 5 tahun untuk pengembangannya. Beberapa psikotes populer, bahkan masih mengalami pembaruan dan pengembangan hingga saat ini. Hal ini membuktikan bahwa ilmu psikologi adalah ilmu yang dinamis.

  1. Berbeda psikotes, maka berbeda pula hasilnya

Banyak orang, mungkin termasuk anda yang hanya mengasosiasikan psikotes dengan nilai IQ saja. Padahal, berbeda psikotes, akan berbeda pula hasilnya. Tes inteligensi pun tidak semuanya menghasilkan nilai atau skor IQ. Jadi, kenali dulu psikotes apa yang akan diberikan kepada anda, supaya anda nantinya tidak salah dan tidak kecewa dengan hasil yang akan anda peroleh.

  1. Psikotes bisa menjadi acuan kondisi psikologis seseorang, tapi tidak bersifat mutlak

Psikotes mungkin bisa mengukur IQ, kepribadian, atau masalah psikologis seseorang. namun hal ini tentu saja tidak bersifat mutlak. Maksudnya adalah, bukan berarti semua hasil psikotes harus dipercaya 100%, karena ada faktor lain yang bisa mempengaruhi hasil psikotes, misalnya ketika mengikuti psikotes, anda sedang sakit atau mengalami masalah. Pasti hasilnya akan berbeda ketika anda berada dalam kondisi yang fit.

  1. Beberapa psikotes membutuhkan penyesuaian supaya bisa digunakan di negara tertentu

Ternyata, meskipun memiliki dasar teori yang sama, atau fungsi yang sama, bukan berarti psikotes ini sifatnya universal. Banyak psikotes yang harus mengalami perubahan dan penyesuaian terlebih dahulu sebelum bisa digunakan di sebuah negara. Mulai dari proses penerjemahan, hingga penyesuaian pertanyaan, soal, gambar, dan lain sebagainya dengan budaya dari negara yang akan dituju.

Itulah 6 fakta menarik mengenai soal psikotes yang harus anda ketahui. Semoga fakta – fakta ini dapat membantu menambah wawasan anda mengenai ilmu psikologi dan juga psikotes. By: Eduardus Pambudi