Fakta dan Ciri-Ciri Tes Kepribadian Proyektif, Tes Yang Dapat Memproyeksikan Kepribadian AndaTes Kepribadian Proyektif. Pernahkah anda melakukan tes psikologi? Mungkin anda pernah menemukan tes- tes yang tergolong unik dan juga bisa dibilang aneh, seperti menggambar pohon, menggambar orang, menceritakan situasi dalam gambar, ataupun menyebutkan gambar-gambar yang muncul pada kartu tertentu.

Nah, tes tersebut sebenarnya masuk ke dalam tes kepribadian proyektif loh. Apa itu artinya? Dan bagaimana tes ini bisa mengungkapkan kepribadian anda? Yuk simak penjelasannya.

Apa itu Tes Kepribadian Proyektif?

Tes kepribadian proyektif merupakan salah satu tes kepribadian, dari berbagai macam jenis tes psikologis yang sudah baku dan terstandardisasi. Tes kepribadian ini merupakan tes yang memiliki asumsi utama dimana cara seseorang dalam melihat dan menginterpretasikan isi dari tes kepribadian tersebut, akan mampu mencerminkan aspek-aspek dari kepribadiannya (Anastasi dan Urbina, 2006). Disebut sebagai teknik proyektif, karena stimulus atau materi dari tes kepribadian ini dikarenakan mampu untuk memproyeksikan kepribadian seseorang melalui jawaban yang diberikan.

Baca Juga Tes Kepribadian PF 16

Fakta dan Ciri – Ciri tes Kepribadian Proyektif

Tes ini banyak memainkan fantasi dan daya imajinasi seseorang. Hal ini membuat tes kepribadian proyektif cenderung bebas, dimana peserta biasanya akan diberi kebebasan untuk menjawab dan mengerjakan tes tersebut. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dan fakta dari tes kepribadian proyektif yang dirangkum dari berbagai tulisan dan sumber :

  1. Tes kepribadian ini biasanya memiliki instruksi yang singkat dan mudah. Misalnya saja seperti “ Gambarlah pohon”, atau “Ceritakan apa yang anda lihat dari kartu ini”.
  1. Peserta tes atau testee diberi kebebasan dalam menjawab, sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan mereka pikirkan saat itu. Tidak masalah apabila ketika tes, anda melihat kartu bergambar Kambing, namun anda menyebutkan bahwa itu adalah binatang ayam. Tidak ada jawaban benar dan salah.
  1. Kebanyakan stimulus dari tes kepribadian proyektif adalah ambigu, seperti kertas kosong, bercak tinta, gambar abstrak, dan sebagainya
  1. Tes kepribadian proyektif rata – rata tidak dibatasi waktu pengerjaannya. Pada kasus individu yang mengalami hambatan, bukan tidak mungkin mereka menyelesaikan tes ini dalam waktu yang sangat lama, bahkan harus dilanjutkan pada sesi berikutnya
  1. Tes kepribadian proyektif membutuhkan keahlian dan pemahaman khusus untuk dapat menginterpretasi dan juga menilai hasil dari tes yang sudah dilaksanakan
  1. Beberapa tes proyektif kepribadian adalah tes yang tidak baku, alias informal. Misalnya saja hanya berupa coretan – coretan di atas kertas, atau mengimajinasikan suatu hal ke dalam kertas.
  1. Tes kepribadian ini terkadang sifatnya subjektif, yang artinya banyak menggunakan pemahaman dan interpretasi pribadi dari penilainya atau mereka yang melakukan tes.
  1. Tidak hanya mengungkapkan kepribadian, tes kepribadian ini juga mampu mengungkapkan alam bawah sadar anda, masalah yang anda alami, dan banyak bagian dari diri anda yang mungkin tidak anda sadari.

Nah, itu adalah beberapa fakta dan juga ciri – ciri dari tes proyektif. Nah, bagaimana, apakah anda pernah melakukan tes seperti itu? Tes kepribadian proyektif adalah salah satu jenis tes kepribadian yang cukup unik dan bisa mengungkap berbagai macam aspek kepribadian dari dalam diri anda. By: Eduardus Pambudi